PERTANYAAN
Berapakah Sebenarnya Umur Aisyah Saat Menikah ?
JAWABAN
Hati-hati terhadap Fitnah Keji Kaum yang Memusuhi Islam Tentang Pernikahan Nabi Muhammad dengan Siti Aisyah 6 tahun yang digunakan untuk Propaganda Menjauhkan Umat Islam dan Cintanya kepada Rasulullah Muhammad saw yang mulia.
Umur Aisyah Ketika Menikah dengan Rasulullah SAW
Meluruskan Fitnah Kubro kaum Kafir Tentang Pernikahan Nabi Muhammad dengan Siti Aisyah Seorang teman kristen suatu kali bertanya ke saya,”Akankah anda menikahkan saudara perempuanmu yang berumur 7 tahun dengan seorang tua berumur 50 tahun?” Saya terdiam. Dia melanjutkan,” Jika anda tidak akan melakukannya, bagaimana bisa anda menyetujui pernikahan gadis polos berumur 7 tahun, Aisyah, dengan Nabi anda?” Saya katakan padanya,” Saya tidak punya jawaban untuk pertanyaan anda pada saat ini.” Teman saya tersenyum dan meninggalkan saya dengan guncangan dalam batin saya akan agama saya. Kebanyakan muslim menjawab bahwa pernikahan seperti itu diterima masyarakat pada saat itu. Jika tidak, Orang-orang akan merasa keberatan dengan pernikahan Nabi saw dengan Aisyah.
Bagaimanapun, penjelasan seperti ini akan mudah menipu bagi orang-orang yang naif dalam mempercayainya.Tetapi, saya tidak cukup puas dengan penjelasan seperti. Nabi merupakan manusia tauladan, Semua tindakannya paling patut dicontoh sehingga kita, Muslim dapat meneladaninya.
Bagaimanapun, kebanyakan orang di Islamic Center of Toledo, termasuk saya, Tidak akan berpikir untuk menunangkan saudara perempuan kita yang berumur 7 tahun dengan seorang laki-laki berumur 50 tahun. Jika orang tua setuju dengan pernikahan seperti itu, kebanyakan orang, walaupun tidak semuanya, akan memandang rendah thd orang tua dan suami tua tersebut.
Tahun 1923, pencatat pernikahan di Mesir diberi intruksi untuk menolak pendaftaran dan menolak mengeluarkan surat nikah bagi calon suami berumur dibawah 18 tahun , dan calon isteri dibawah 16 tahun. Tahun 1931, Sidang dalam oraganisasi-oraganisi hukum dan syariah menetapkan untuk tidak merespon pernikahan bagi pasangan dengan umur diatas (Women in Muslim Family Law, John Esposito, 1982). Ini memperlihatkan bahwa walaupun di negara Mesir yang mayoritas Muslim pernikahan usia anak-anak adalah tidak dapat diterima.
Jadi, Saya percaya, tanpa bukti yang solidpun selain perhormatan saya thd Nabi, bahwa cerita pernikahan gadis brumur 7 tahun dengan Nabi berumur 50 tahun adalah mitos semata. Bagaimanapun perjalanan panjang saya dalam menyelelidiki kebenaran atas hal ini membuktikan intuisi saya benar adanya.
Nabi memang seorang yang gentleman. Dan dia tidak menikahi gadis polos berumur 7 atau 9 tahun. Umur Aisyah telah dicatat secara salah dalam literatur hadist. Lebih jauh, Saya pikir bahwa cerita yang menyebutkan hal ini sangatlah tidak bisa dipercaya. Beberapa hadist (tradisi Nabi) yang menceritakan mengenai umur Aisyah pada saat pernikahannya dengan Nabi, hadist-hadist tsb sangat bermasalah. Saya akan menyajikan beberapa bukti melawan khayalan yang diceritakan Hisyanm ibnu `Urwah dan untuk membersihkan nama Nabi dari sebutan seorang tua yang tidak bertanggung jawab yang menikahi gadis polos berumur 7 tahun.
BUKTI #1: PENGUJIAN THD SUMBER
Sebagaian besar riwayat yang menceritakan hal ini yang tercetak di hadist yang semuanya diriwayatkan hanya oleh Hisham ibn `Urwah, yang mencatat atas otoritas dari Bapaknya, Yang mana seharusnya minimal 2 atau 3 orang harus mencatat hadist serupa juga. Adalah aneh bahwa tak ada seorangpun yang di Medinah, dimana Hisham ibn `Urwah tinggal, sampai usia 71 tahun baru menceritakan hal ini, disamping kenyataan adanya banyak murid-murid di Medinah termasuk yang kesohor Malik ibn Anas, tidak menceritakan hal ini. Asal dari riwayat ini adalah dari orang-orang Iraq, dimana Hisham tinggal disana dan pindah dari Medinah ke Iraq pada usia tua.
Tehzibu’l-Tehzib, salah satu buku yang cukup terkenal yang berisi catatan para periwayat hadist, menurut Yaqub ibn Shaibah mencatat : ” Hisham sangat bisa dipercaya, riwayatnya dapat diterima, kecuali apa-apa yang dia ceritakan setelah pindah ke Iraq ” (Tehzi’bu’l-tehzi’b, Ibn Hajar Al-`asqala’ni, Dar Ihya al-turath al-Islami, 15th century. Vol 11, p.50).
Dalam pernyataan lebih lanjut bahwa Malik ibn Anas menolak riwayat Hisham yang dicatat dari orang-orangIraq: ” Saya pernah dikasih tahu bahwa Malik menolak riwayat Hisham yang dicatat dari orang-orang Iraq” Tehzi’b u’l-tehzi’b, IbnHajar Al- `asqala’ni, Dar Ihya al-turath al-Islami, Vol.11, p. 50).
Mizanu’l-ai`tidal, buku lain yang berisi uraian riwayat hidup pada periwayat hadist Nabi saw mencatat: “Ketika masa tua, ingatan Hisham mengalami kemunduran yang mencolok” (Mizanu’l-ai`tidal, Al-Zahbi, Al-Maktabatu’l-athriyyah, Sheikhupura, Pakistan, Vol. 4, p. 301).
KESIMPULAN: berdasarkan referensi ini, Ingatan Hisham sangatlah jelek dan riwayatnya setelah pindha ke Iraq sangat tidak bisa dipercaya, sehingga riwayatnya mengenai umur pernikahan Aisyah adalah tidak kredibel.
KRONOLOGI: Adalah vital untuk mencatat dan mengingattanggal penting dalam sejarah Islam:pra-610 M: Jahiliya (pra-Islamic era) sebelum turun wahyu610 M: turun wahyu pertama AbuBakr menerima Islam 613 M: Nabi Muhammad mulai mengajar ke Masyarakat615 M: Hijrah ke Abyssinia.616 M: Umar bin al Khattab menerima Islam.620 M: dikatakan Nabi meminang Aisyah622 M: Hijrah ke Yathrib, kemudian dinamai Medina623/624 M: dikatakan Nabi saw berumah tangga dengan Aisyah
BUKTI #2: MEMINANG
Menurut Tabari (juga menurut Hisham ibn `Urwah, Ibn Hunbal and Ibn Sad), Aisyah dipinang pada usia 7 tahun dan mulai berumah tangga pada usia 9 tahun.
Tetapi, di bagian lain, Al-Tabari mengatakan: “Semua anak Abu Bakr (4 orang) dilahirkan pada masa jahiliyah dari 2 isterinya ” (Tarikhu’l-umam wa’l-mamlu’k, Al-Tabari (died 922), Vol. 4,p. 50, Arabic, Dara’l-fikr, Beirut, 1979).
Jika Aisyah dipinang 620M (Aisyah umur 7 tahun) dan berumah tangga tahun 623/624 M (usia 9 tahun), ini mengindikasikan bahwa Aisyah dilahirkan pada 613 M. Sehingga berdasarkan tulisan Al- Tabari, Aisyah seharusnya dilahirkan pada 613M, Yaitu 3 tahun sesudah masa jahiliyah usai (610 M).
Tabari juga menyatakan bahwa Aisyah dilahirkan pada saat jahiliyah. Jika Aisyah dilahirkan pada era Jahiliyah, seharusnya minimal Aisyah berumur 14 tahun ketika dinikah. Tetapi intinya Tabari mengalami kontradiksi dalam periwayatannya.
KESIMPULAN: Al-Tabari tak reliable mengenai umur Aisyah ketika menikah.
BUKTI # 3: Umur Aisyah jika dihubungkan dengan umur Fatimah
Menurut Ibn Hajar, “Fatima dilahirkan ketika Ka`bah dibangun kembali, ketika Nabi saw berusia 35 tahun… Fatimah 5 tahun lebih tua dari Aisyah ” (Al-isabah fi tamyizi’l-sahabah, Ibn Hajar al-Asqalani, Vol. 4, p. 377, Maktabatu’l-Riyadh al-haditha, al-Riyadh,1978).
Jika Statement Ibn Hajar adalah factual, berarti Aisyah dilahirkan ketika Nabi berusia 40 tahun. Jika Aisyah dinikahi Nabi pada saat usia Nabi 52 tahun, maka usia Aisyah ketika menikah adalah 12 tahun.
KESIMPULAN: Ibn Hajar, Tabari, Ibn Hisham, dan Ibn Humbal kontradiksi satu sama lain. Tetapi tampak nyata bahwa riwayat Aisyah menikah usia 7 tahun adalah mitos tak berdasar.
BUKTI #4: Umur Aisyah dihitung dari umur Asma’
Menurut Abda’l-Rahman ibn abi zanna’d: “Asma lebih tua 10 tahun dibanding Aisyah (Siyar A`la’ma’l-nubala’, Al-Zahabi, Vol. 2, p. 289, Arabic, Mu’assasatu’l-risalah, Beirut, 1992).
Menurut Ibn Kathir: “Asma lebih tua 10 tahun dari adiknya [Aisyah]” (Al-Bidayah wa’l-nihayah, IbnKathir, Vol. 8, p. 371,Dar al-fikr al-`arabi, Al-jizah, 1933).
Menurut Ibn Kathir: “Asma melihat pembunuhan anaknya pada tahun 73 H, dan 5 hari kemudian Asma meninggal. Menurut iwayat lainya, dia meninggal 10 atau 20 hari kemudian, atau bebrapa hari lebih dari 20 hari, atau 100 hari kemudian. Riwayat yang paling kuat adalah 100 hari kemudian. Pada waktu Asma Meninggal, dia berusia 100 tahun” (Al-Bidayah wa’l-nihayah, Ibn Kathir, Vol. 8, p. 372, Dar al-fikr al-`arabi, Al- jizah, 1933)
Menurut Ibn Hajar Al-Asqalani: “Asma hidup sampai 100 tahun dan meninggal pada 73 or 74 H.” (Taqribu’l-tehzib, Ibn Hajar Al-Asqalani,p. 654, Arabic, Bab fi’l-nisa’, al-harfu’l-alif, Lucknow).
Menurut sebagaian besar ahli sejarah, Asma, Saudara tertua dari Aisyah berselisuh usia 10 tahun. Jika Asma wafat pada usia 100 tahun dia tahun 73 H, Asma seharusnya berusia 27 atau 28 tahun ketika hijrah (622M).
Jika Asma berusia 27 atau 28 tahun ketika hijrah (ketika Aisyah berumah tangga), Aisyah seharusnya berusia 17 atau 18 tahun. Jadi, Aisyah, berusia 17 atau 18 tahun ketika hijrah pada taun dimana Aisyah berumah tangga.
Berdasarkan Hajar, Ibn Katir, and Abda’l-Rahman ibn abi zanna’d, usia Aisyah ketika beliau berumah tangga dengan Rasulullah adalah 19 atau 20 tahun.
Dalam bukti # 3, Ibn Hajar memperkirakan usia Aisyah 12 tahun dan dalam bukti #4 Ibn Hajar mengkontradiksi dirinya sendiri dengan pernyataannya usia Aisyah 17 atau 18 tahun. Jadi mana usia yang benar ? 12 atau 18..?
KESIMPULAN: Ibn Hajar tidak valid dalam periwayatan usia Aisyah.
BUKTI #5: Perang BADAR dan UHUD
Sebuah riwayat mengenai partisipasi Aisyah dalam perang Badr dijabarkan dalam hadist Muslim, (Kitabu’l-jihad wa’l-siyar, Bab karahiyati’l-isti`anah fi’l-ghazwi bikafir). Aisyah, ketika menceritakan salah satu moment penting dalam perjalanan selama perang Badar, mengatakan: “ketika kita mencapai Shajarah”. Dari pernyataan ini tampak jelas, Aisyah merupakan anggota perjalanan menuju Badar. Sebuah riwayat mengenai pastisipasi Aisyah dalam Uhud tercatat dalam Bukhari (Kitabu’l-jihad wa’l-siyar, Bab Ghazwi’l-nisa’ wa qitalihinnama`a’lrijal): “Anas mencatat bahwa pada hari Uhud, Orang-orang tidak dapat berdiri dekat Rasulullah. [pada hari itu,] Saya melihat Aisyah dan Umm-i-Sulaim dari jauh, Mereka menyingsingkan sedikit pakaian-nya [untuk mencegah halangan gerak dalam perjalanan tsb].”Lagi-lagi, hal ini menunjukkan bahwa Aisyah ikut berada dalam perang Uhud and Badr.
Diriwayatkan oleh Bukhari (Kitabu’l-maghazi, Bab Ghazwati’l-khandaq wa hiya’l-ahza’b): “Ibn `Umar menyatakan bahwa Rasulullah tidak mengijinkan dirinya berpastisispasi dalam Uhud, pada ketika itu, Ibnu Umar berusia 14 tahun. Tetapi ketika perang Khandaq, ketika berusia 15 tahun, Nabi mengijinkan Ibnu Umar ikut dalam perang tsb.”
Berdasarkan riwayat diatas, (a) anak-anak berusia dibawah 15 years akan dipulangkan dan tidak diperbolehkan ikut dalam perangm, dan (b) Aisyah ikut dalam perang badar dan Uhud
KESIMPULAN: Aisyah ikut dalam perang Badar dan Uhud jelas mengindikasikan bahwa beliau tidak berusia 9 tahun ketika itu, tetapi minimal berusia 15 tahun. Disamping itu, wanita-wanita yang ikut menemani para pria dalam perang sudah seharusnya berfungsi untuk membantu, bukan untuk menambah beban bagi mereka. Ini merupakan bukti lain dari kontradiksi usia pernikahan Aisyah.
BUKTI #6: Surat al-Qamar (Bulan)
Menurut beberapa riwayat, Aisyah dilahirkan pada tahun ke delapan sebelum hijriyah. Tetapi menurut sumber lain dalam Bukhari, Aisyah tercatat mengatakan hal ini: “Saya seorang gadis muda (jariyah dalam bahasa arab)” ketika Surah Al-Qamar diturunkan(Sahih Bukhari, kitabu’l-tafsir, Bab Qaulihi Bal al-sa`atu Maw`iduhum wa’l-sa`atu adha’ wa amarr).
Surat 54 dari Quran diturunkan pada tahun ke delapan sebelum hijriyah(The Bounteous Koran, M.M. Khatib, 1985), menunjukkan bahwa surat tsb diturunkan pada tahun 614 M. jika Aisyah memulai berumahtangga dengan Rasulullah pada usia 9 di tahun 623 M or 624 M, Aisyah masih bayi yang baru lahir (sibyah in Arabic) pada saat Surah Al-Qamar diturunkan. Menurut riwayat diatas, secara aktual tampak bahwa Aisyah adalah gadis muda, bukan bayi yang baru lahir ketika pewahyuan Al-Qamar. Jariyah berarti gadis muda yang masih suka bermain (Lane’s Arabic English Lexicon).
Jadi, Aisyah, telah menjadi jariyah bukan sibyah (bayi), jadi telah berusia 6-13 tahun pada saat turunnya surah Al-Qamar, dan oleh karean itu sudah pasti berusia 14-21 tahun ketika dinikah Nabi.KESIMPULAN: riwayat ini juga mengkontra riwayat pernikahan Aisyah yang berusia 9 tahun.
BUKTI #7: Terminologi bahasa Arab
Menurut riwayat dari Ahmad ibn Hanbal, sesudah meninggalnya isteri pertama Rasulullah, Khadijah, Khaulah datang kepada Nabi dan menasehati Nabi untuk menikah lagi, Nabi bertanya kepada nya ttg pilihan yang ada di pikiran Khaulah. Khaulah berkata: “Anda dapat menikahi seorang gadis (bikr) atau seorang wanita yang pernah menikah (thayyib)”. Ketika Nabi bertanya ttg identitas gadis tsb (bikr), Khaulah menyebutkan nama Aisyah.
Bagi orang yang paham bahasa Arab akan segera melihat bahwa kata bikr dalam bahasa Arab tidak digunakan untuk gadis belia berusia 9 tahun. Kata yang tepat untuk gadis belia yangmasih suka bermain-main adalah, seperti dinyatakan dimuka, adalah jariyah. Bikr disisi lain, digunakan untuk seorang wanita yang belum menikah serta belum punya pertautan pengalaman dengan pernikahan, sebagaiaman kita pahami dalam bahasa Inggris “virgin”. Oleh karean itu, tampak jelas bahwa gadis belia 9 tahun bukanlah “wanita” (bikr) (Musnad Ahmad ibn Hanbal, Vol. 6, p. .210,Arabic, Dar Ihya al-turath al-`arabi, Beirut).
Kesimpulan: Arti literal dari kata, bikr (gadis), dalam hadist diatas adalah “wanita dewasa yang belum punya pengalaman sexual dalam pernikahan.” Oleh karean itu, Aisyah adalah seorang wanita dewasa pada waktu menikahnya.
BUKTI #8. Text Qur’an
Seluruh muslim setuju bahwa Quran adalah buku petunjuk. Jadi, kita perlu mencari petunjuk dari Qur’an untuk membersihkan kabut kebingungan yang diciptakan oleh para periwayat pada periode klasik Islam mengenai usia Aisyah dan pernikahannya. Apakah Quran mengijinkan atau melarang pernikahan dari gadis belia berusia 7 tahun?
Tak ada ayat yang secara eksplisit mengijinkan pernikahan seperti itu. Ada sebuah ayat , yang bagaimanapun, yang menuntun muslim dalam mendidik dan memperlakukan anak yatim. Petunjuk Qur’an mengenai perlakuan anak Yatim juga valid doaplikasikan ada anak kita sendiri sendiri. Ayat tsb mengatakan :
Dan janganlah kamu serahkan kepada orang-orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaanmu) yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka belanja dan pakaian (dari hasil harta itu) dan ucapkanlah kepada mereka kata-kata yang baik. (Qs. 4:5)
Dan ujilah anak yatim itu sampai mereka cukup umur untuk kawin. Kemudian jika menurut pendapatmu mereka telah cerdas (pandai memelihara harta), maka serahkanlah kepada mereka harta-hartanya. ?? (Qs. 4:6)
Dalam hal seorang anak yang ditingal orang tuanya, Seorang muslim diperintahkan untuk (a) memberi makan mereka, (b) memberi pakaian, (c) mendidik mereka, dan (d) menguji mereka thd kedewasaan “sampai usia menikah” sebelum mempercayakan mereka dalam pengelolaan keuangan.
Disini, ayat Qur’an menyatakan ttg butuhnya bukti yang teliti terhadap tingkat kedewasaan intelektual dan fisik melalui hasil test yang objektif sebelum memasuki usia nikah dan untuk mempercayakan pengelolaan harta-harta kepada mereka.
Dalam ayat yang sangat jelas diatas, tidak ada seorangpun dari muslim yang bertanggungjawab akan melakukan pengalihan pengelolaan keuangan pada seorang gadis belia berusia 7 tahun.
Jika kita tidak bisa mempercayai gadis belia berusia 7 tahun dalam pengelolaan keuangan, Gadis tsb secara tidak memenuhi syarat secara intelektual maupun fisik untuk menikah. Ibn Hambal (Musnad Ahmad ibn Hambal, vol.6, p. 33 and 99) menyatakan bahwa Aisyah yang berusia 9 tahun lebih tertarik untuk bermain dengan mainannya daripada mengambi tugas sebagai isteri.
Oleh karena itu sangatlah sulit untuk mempercayai, bahwa Abu Bakar,seorang tokoh muslim, akan menunangkan anaknya yang masih belia berusia 7 taun dengan Nabi yang berusia 50 tahun.. Sama sulitnya untuk membayangkan bahwa Nabi menikahi seorang gadis belia berusia 7 tahun.
Sebuah tugas penting lain dalam menjaga anak adalah mendidiknya. Marilah kita memunculkan sebuah pertanyaan,” berapa banyak di antara kita yang percaya bahwa kita dapat mendidik anak kita dengan hasil memuaskan sebelum mereka mencapai usia 7 atau 9 tahun?” Jawabannya adalah Nol besar.
Logika kita berkata, adalah tidak mungkin tugas mendidik anak kita dengan memuaskan sebelum mereka mencapai usia 7 tahun, lalu bagaimana mana mungkin kita percaya bahwa Aisyah telah dididik secara sempurna pada usia 7 tahun seperti diklaim sebagai usia pernikahannya?
Abu Bakr merupakan seorang yang jauh lebih bijaksana dari kita semua, Jadi dia akan merasa dalam hatinya bahwa Aisyah masih seorang anak-anak yang belum secara sempurna sebagaimana dinyatakan Qur’an. Abu Bakar tidak akan menikahkan Aisyah kepada seorangpun. Jika sebuah proposal pernikahan dari gadis belia dan belum terdidik secara memuaskan datang kepada Nabi, Beliau akan menolak dengan tegas karean itu menentang hukum-hukum Quran.
Kesimpulan: Pernikahan Aisyah pada usia 7 tahun akan menentang hukum kedewasaan yang dinyatakan Quran. Oleh karean itu, Cerita pernikahan Aisyah gadis belia berusia 7 tahun adalah mitos semata.
BUKTI #9: Ijin dalam pernikahan
Seorang wanita harus ditanya dan diminta persetujuan agar pernikahan yang dia lakukan menjadi syah (Mishakat al Masabiah, translation by James Robson, Vol. I, p. 665). Secara Islami, persetujuan yang kredible dari seorang wanita merupakan syarat dasar bagi kesyahan sebuah pernikahan.
Dengan mengembangkan kondisi logis ini, persetujuan yang diberikan oleh gadis belum dewasa berusia 7 tahun tidak dapat diautorisasi sebagai validitas sebuah pernikahan.
Adalah tidak terbayangkan bahwa AbuBakr, seorang laki-laki yang cerdas, akan berpikir dan mananggapi secara keras ttg persetujuan pernikahan gadis 7 tahun (anaknya sendiri) dengan seorang laki-laki berusia 50 tahun.
Serupa dengan ini, Nabi tidak mungkin menerima persetujuan dari seorang gadis yang menurut hadith dari Muslim, masih suka bermain-main dengan bonekanya ketika berumah tangga dengan Rasulullah.
KESIMPULAN: Rasulullah tidak menikahi gadis berusia 7 tahun karena akan tidak memenuhi syarat dasar sebuah pernikahan islami ttg klausa persetujuan dari pihak isteri. Oleh karean itu, hanya ada satu kemungkinan Nabi menikahi Aisyah seorang wanita yang dewasa secara intelektual maupun fisik.
SUMMARY:
Jelas nyata, riwayat pernikahan Aisyah pada usia 9 tahun oleh Hisham ibn `Urwah tidak bisa dianggap sebagai kebenaran, dan kontradisksi dengan riwayat-riwayat lain. Lebih jauh, tidak ada alasan yang nyata untuk menerima riwayat Hisham ibn `Urwah sebagai kebenaran ketika para pakar lain, termasuk Malik ibn Anas, melihat riwayat Hisham ibn `Urwah selama di Iraq adalah tidak reliable. Pernyataan dari Tabari, Bukhari dan Muslim menunjukkan mereka kontradiksi satu sama lain mengenai usia menikah bagi Aisyah. Lebih jauh, beberapa pakar periwayat mengalami internal kontradiksi dengan riwayat-riwayatnya sendiri. Jadi, riwayat usia Aisyah 9 tahun ketika menikah adalah tidak reliable karean adanya kontradiksi yang nyata pada catatan klasik dari pakar sejarah Islam.
Oleh karean itu, tidak ada alasan absolut untuk menerima dan mempercayai usia Aisyah 9 tahun ketika menikah sebagai sebuah kebenaran disebabkan cukup banyak latar belakang untuk menolak riwayat tsb dan lebih layak disebut sebagai mitos semata. Lebih jauh, Qur’an menolak pernikahan gadis dan lelaki yang belum dewasa sebagaimana tidak layak membebankan kepada mereka tanggung jawab-tanggung jawab.
WassalamSaiful BahriCairo, 29.10.2008
sumber :The Ancient Myth ExposedDiterjemahkan oleh : cahyo_prihartono.
bagi kami kaum muslim, apa yang dilakukan oleh nabi Muhammad Saw dasarnya atas perintah Allah Swt. dan tidak ada sesuatupun yang tercela. Hanya orang – orang yang fasikh dan munafik yang menganggap bahwa apa yang beliau lakukan adalah salah.
assalamu’alaikum
syukron gan…
ALHAMDULILLAH…..
ini lah yang slama ini yang saya cari2…
walaupun benar usia 7 tahun tapi atas perintah Alla pasti itu hal baik, apalagi ini hanya mitos dasar kafir2 ada2 saja cari2 kelemahan umat islam pake masalah pernikaha Nabi di korek2, oh iya karna Alquran sempurna tanpa kesalahan mereka sulit mengobok Alquran makanya cari di hadist yang dhoif wkwkwkwkw kafir2 bertobatlah sebelmu kiamat.
makasih gan, ini jwban tuk para salIBLIS…..
@yPTJ, apabila anda seorang muslim maka jangan mengolok-olok sesembahan mereka karena mereka akan mengolok-olok Allah dan tentu itu tidak baik. Maaf, menurut saya nama anda mengandung unsur tersebut.
Semoga Allah Swt memberi hidayah untuk kita semua…..amin
Saya puas gan
na’am na’am jazakallah
seneng aq membacanya
Inilah bedanya orang Islam dg non Islam..
Sesulit apapun orang Islam dikasih pertanyaan n fitnahan yg dilontarkan tentang agama Islam, pasti bisa menjawab dg logis n ilmiah.., tp kalo non Islam ditanya dg pertanyaan yg mudah tentang agamanya, pasti gak akan bisa menjawab dg logis n ilmiah.., yg ada adalah muter2..
Aisyah istri nabi yg plg cerdas yg banyak meriwayatkan hadist2, Aisyah adalah putrinya Abu Bakar seorang sahabat setia, Abu Bakar termasuk sahabat yg pertama2 masuk Islam, kl ada yang aneh tentang nabi Muhammmad SAW mana mungkin mau menikahkan putrinya.
Assalamualaikum..
saya setuju juga dengan paparan saudara.
tapi ada lagi alasan dari salah satu sumber yang membenarkan pernikahan Nabi ..
izinkan saya memberi informasi ini, seandainya salah informasi itu maka itu salah diri saya jika itu benar maka datangnya dari Allah S.W.T
Bismillahirahmanirrahim
— Theodora kommene istri king Baldwin III dari Yerusalem lahir tahun 1145 , dia menjadi istri king Baldwin di usia 13 tahun..
Abad ke 12 tanggal 14 september 1169 kaisar romawi Alexius Comnenus II menikahi gadis cantik Agnes berumur 9 tahun dan pernikahan ini sah secara hukum pada masa itu..
Pada masa itu, kebudayaan dan hukum tidak mempermasalahkan..
Hal ini salah karena apa? Melanggar apa?
Pada perkotaan kalian lihat rata-rata wanita menikah usia 22-23 tahun setelah menyelesaikan perkuliahan, sedangkan di daerah desa mereka akan menikah kira-kira usia 18-19 tahun setelah menamatkan sekolah..
Menurut kalian jika tidak ada sekolah dan kampus apa yang akan terjadi?
Apa yang akan gadis lakukan? Mereka akan langsung menikah setelah pubertas
–Maria A.S melahirkan Isa Almasih (Yesus) ketika dia baru berumur 13 tahun
Sebenarnya hari ini (sekarang) setelah 1500 tahun, kita lihat di US gadis menikah berdasarakan hukum pada usia 13tahun,
Di new Hampshire, umur untuk menikah dimulai pada umur 13 tahun untuk para gadis atas persetujuan orangtua mereka
Di Texas 14 tahun , Di Missouri dan missisipi 15 tahun atas persetujuan orang tua mereka
Juga di spanyol sampai tahun 1995 adalah 12 tahun dan sekarang 13 tahun
Di kanada 100 tahun yang lalu adalah 11 tahun, jadi tidak adil menghakimi orang menurut hukum dan kebudayaan masa sekarang..
Kita seharusnya menghakimi orang apakah mereka melakukan perbuatan salah atau tidak menurut hukum dan kebudayaan mereka sendiri pada masa itu.
Untuk membuktikan bahwa itu adalah norma pada masa itu,sebenarnya kalian akan menemukan banyak bukti
#Pertama-tama, Nabi Muhammad SAW bukanlah lelaki pertama dalam kehidupan Aisyah R.A ..
Sebelumnya Aisyah R.A pada umur 6 tahun sebenarnya bertunangan dengan seorang pria bernama Jubayr bin Mut’im bin ‘Uday.
Dan kalian juga akan menemukan bahwa salah satu istrinya adalah Saffiyah binti Huyay bin Akhtab, seorang putri dari salah satu suku besar Yahudi di Arab, Huyay bin Akhtab .
Dan Rasulullah menikahinya menurut beberapa riwayat pada umur 14 tahun, dan Rasulullah adalah suami yang ketiga. Berapa umurnya ketika menikah dengan suami yang pertama?
Mungkin 9,10,atau 11 tahun , Jadi bahkan kaum Yahudi pada masa itu menikahi putri mereka pada umur semuda itu .
Dan juga Nabi Muhammad menikahi Aisyah pada umur 6 tahun tapi dia tidak meyempurnakan pernikahannya kecuali ketika Aisyah berumur 9 tahun. Jadi apa yang dia tunggu selama 3 tahun?
Jika dia seorang pedofil atau pemerkosa anak kecil (Naudzubillah) , maka bisa saja dia menyempurnakan pernikahannya pada saat Aisyah berumur 6 tahun. Tapi apa yang dia tunggu selama 3 tahun? Pubertas.
Ensiklopedia Britannica. Silahkan baca Ensiklopedia Britannica edisi 15,volume 26,halaman 850 dan kalian akan menemukan definisi pubertas.
“Dalam fisiologi manusia, pubertas adalah tahap atau periode kehidupan ketika seorang anak berubah menjadi dewasa secara normal dapat melahirkan anak”
Pada tahun 1184, Margaret putri dari Hungaria, mebikahi Isaac II, kaisar Romawi, ketika dia baru berumur 9 tahun. Inilah mengapa tak rasional untuk mengkritisi pernikahan Nabi Muhammad S.A.W dengan Aisyah, seorang putri dari sahabat dekatnya, Abu Bakar.
Seseorang mungkin bisa bertanya pada diri sendiri, apakah Nabi Muhammad S.A.W punya musuh?
Kalian bisa menemukan bahwa orang-orang munafik dalam komunitas Musilim adalah musuhnya, orang-orang penyembah berhala , dan orang-orang Yahudi-Arab adalah musuhnya.
Mereka mencoba merusak image Nabi Muhammad S.A.W dengan segala cara,dan mereka menghinanya dengan kata-kata buruk tapi tidak satupun mereka mengatakan bahwa dia seorang pemerkosa anak kecil (Naudzubillah). Kenapa? Apa mereka lupa? Padahal hinaan itu adalah cara uang bagus untuk reputasi Rasulullah dan agama Islam yang masih baru, tapi mereka tidak pernah menghinanya begitu karena sudah merupakan norma untuk menikahi gadis pada umur demikian pada masa itu.
Dan jika kalian baca kisah cinta sejati Shakespeare, kita semua tahu drama mengagumkan yang ditulisnya berjudul Romeo dan Juliet. Dimana umur Juliet, tidak lebih dari 13 tahun. Pada akhir cerita Romeo bunuh diri . (Semua agama tahu bahwa bunuh diri itu berdosa dan masuk neraka,-pen)
Bacalah Muhammad dan Aisyah, Aisyah sendiri mengatakan betapa indah hubungannya anatara dirinya dengan Nabi Muhammad S.A.W . Aisyah menceritakan bagaimana dia sering lomba lari bersamanya, dan ketika Aisyah minum dari gelas Nabi Muhammad, Aisyah memastikan minum dari sisi gelas yang terkena bibir Rasulullah. Aisyah menceritakan bahwa ketika dia merasa pusing, dia berkata :inilah aku yang dapat merasakan sakit kepalamu di kepalaku” , Aisyah merasa sangat terhormat karena Nabi Muhammad meninggal di pangkuannya.
Alhamdulillah….paparan yang sangat baik dari kristolog.com. juga komentar yang bagus dari hamba Allah. para penyembah mahluk tidak akan dapat menyanggah apa-apa tentang uraian diatas. memang kebenaran Islam tidak akan samar, melainkan jelas terlihat dan menjadi pegangan mencapai ridho Sang Khalik.
Ijin Share.. 🙂
Ha…ha….. dasar pada bego bego semua aisyah menikah pada usia 6 atau 7 th itu benar hadishnya shohih baca nih
http://abul-jauzaa.blogspot.co.id/2008/11/umur-pernikahan-aisyah-studi-sanad.html atau http://qiblati.com/nabi-menikahi-gadis-di-bawah-umur
Seorang teman kristen suatu kali bertanya ke saya,”Akankah anda menikahkan saudara perempuanmu yang berumur 7 tahun dengan seorang tua berumur 50 tahun?”
jawab
Masih ingat pepatah jawa kalau mau menikahkan anaknya kepada serang laki2? apa yg harus diperhatikan? Tentunya BOBOT, BIBIT, BEBET, BABAT,DAN BUBUT.
Jadi tergantung siapa laki2 tersebut. . klao yg melamar king of the king seperti king david (daud ) king solomo (sulaiman) king iskandar dll atau para khalipah seperti abubakar ,umar, usman, ali dll atau bahkan yg melamar seorang nabi/rosul seprti nabi daud , nabi ibrahim, nabi sulaiman nabi isa nabi ismail terlebih lebih kalau itu nabi muhammad tentunya dengan senang hati saya akan menikahkan anak saya kepada beliau berapapun umur anak saya.Siapa yg tidak mau punya menantu seorang nabi/rosul.
Tetapi kalau yg melamar seorang laki2 kafir (kristen) ,penganguran jelek lagi dengan senang hati saya akan menolaknya mentah2 walaupun umuranak saya 200th kurang sedikit
SIAPAKAH YANG PEDOFIL MUHAMMAD ato YUSUF ?
“MARIA, kemudian berumur 12 hingga 14 tahun, YUSUF ato YOSEPH, yang pada waktu itu sedang berumur 90 SEMBILAN PULUH TAHUN, pergi ke Yerusalem diantara kandidat-kandidat….. bahwa St. YUSUF adalah seorang LELAKI TUA pada waktu menikahi MARIA IBUNYA TUHAN. http://www.newadvent.org/cathen/08504a.htm
Sebenarnya, fitnah pernikahan antara Nabi Muhammad SAW dengan Aisyah itu keluar dari orang Kristen jauh setelah Nabi Wafat, kalaupun pernikahan antara Nabi Muhammad SAW itu tidak benar ( terkait umur Aisyiah ) pasti orang Quraisy pada jaman Nabi dulu sudah rame menjadi berita untuk menyerang Nabi.
Itulah Kristen… pakai Dogma Poko ‘ e… Mbulet ajaran Paulus…