64ilustrasi_seks_di_tempat_tidur90

Peres adalah Anak Hasil Perzinahan

Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram, Matius 1:3

Peres adalah anak hasil hubungan Tamar dengan Yehuda, siapa Tamar dan Yehuda itu?. Tamar adalah anak dari Daud dengan istrinya yang bernama Maakha, dia memiliki saudaratiri yang bernama Amnon, kecantikanTamar membuat Amnon jatuh hati dan gelap mata hingga pada suatu hari Amnon memperkosaTamar.

Tetapi ketika Tamar mengulurkan kue itu kepadanya, Amnon memegang gadis itu sambil berkata, “Dik, mari tidur bersamaku!” “Ah, jangan, bang!” jawab gadis itu. “Janganlah kaupaksa aku melakukan hal yang sehina itu! Hal seperti itu tak pernah dilakukan di Israel. Jika terjadi begitu, ke mana aku harus menyembunyikan mukaku? Lagipula, engkau pun akan dihina orang di Israel ini. Sebaiknya engkau bicarakanlah dengan raja, pasti raja akan setuju aku menjadi istrimu.” Tetapi Amnon tidak mau menurut, dan karena ia lebih kuat, dipaksanya adiknya itu dengan kekerasan, lalu diperkosanya. 2 Samuel 13:11-14

Menginjak dewasa, Tamar menikah dengan Er anak Yehuda, akantetapi pernikahan tersebut tidak berangsung lama, setelah Er meninggal secara tidak sengaja Yehuda menggauli Tamar bekas menantunya,Yehuda mengira Tamar adalah seorang pelacur, dengan imbalan Kambing berserta tunggangannya, Tamar pun  berzina dengan Yehuda.

Lalu berpalinglah Yehuda mendapatkan perempuan yang di pinggir jalan itu serta berkata: “Marilah, aku mau menghampiri engkau,” sebab ia tidak tahu, bahwa perempuan itu menantunya. Tanya perempuan itu: “Apakah yang akan kauberikan kepadaku, jika engkau menghampiri aku?” Jawabnya: “Aku akan mengirimkan kepadamu seekor anak kambing dari kambing dombaku.” Kata perempuan itu: “Asal engkau memberikan tanggungannya, sampai engkau mengirimkannya kepadaku”  Kejadian 38:16-17

Tiga bulanpun  berlalu Tamar akhirnya mengandung, berita kehamilan Tamar akhirnya sampai juga kepada telinga Yehuda, dia pun marah seraya bekata “Bawalah perempuan itu, supaya dibakar”.

Yehuda belum menyadari bahwa dirinyalahyang menghamili Tamar dengan bebrapa imbalan, dia mulai sadar saat Tamar menunjukkan imbalan yang dulu pernah diberikan kepadanya.

Yehuda memeriksa barang-barang itu, lalu berkata: “Bukan aku, tetapi perempuan itulah yang benar, karena memang aku tidak memberikan dia kepada Syela, anakku.” Dan ia tidak bersetubuh lagi dengan perempuan itu. Kejadian 38:26

Perzinahan antara Yehuda dan Tamarmenghasilkan anak kembar, yakni Peres dan Zerah

(27) Pada waktu perempuan itu hendak bersalin, nyatalah ada anak kembar dalam kandungannya. (28) Dan ketika ia bersalin, seorang dari anak itu mengeluarkan tangannya, lalu dipegang oleh bidan, diikatnya dengan benang kirmizi serta berkata: “Inilah yang lebih dahulu keluar.” (29) Ketika anak itu menarik tangannya kembali, keluarlah saudaranya laki-laki, dan bidan itu berkata: “Alangkah kuatnya engkau menembus ke luar,” maka anak itu dinamai Peres. (30) Sesudah itu keluarlah saudaranya laki-laki yang tangannya telah berikat benang kirmizi itu, lalu kepadanya diberi nama Zerah.  (Kejadian 38 : 27-30)

Sampai disini dapat kita tarik kesimpulan bahwa Tamar yang waktu kecil pernah mengalami pemerkosaan oleh saudara tirinya memang bukan wanita baik-baik, halini terbukti dengan begitu mudahnya dia menjual dirinya kepada orang lain bahkankepada mertuanya sendiri.

Disisi lain Yehuda yang merupakan ayah dari Peres juga bukanlah orang baik baik, dia juga  suka  “jajan” diluar sampai -sampai dia tidak mengetahui kalau orang yang ia gauli adalah bekas menantunya sendiri yakni Tamar dan dari perzinahan tersebut lahirlah Peres yang kelak akan menjadi nenek moyang Yesus.