jalan menuju surga

Assalamualaikum Wr.Wb

Rasa syukur pada Allah SWT. Yah kira-kira itulah dalam hati mualaf setelah resmi memeluk Islam. Bagaimana tidak, Islam adalah jalan keselamatan, jalan kedamaian. Alhamdulillah. Pertama-tama nama saya Lisa Pudji Handayani tapi dulu, dan sekarang nama saya Muhlisa Khairunnisa. nama saya yang dulu sebenarnya gak masalah, namun saya ingin nama yang berupa doa. Muhlisa saya adobsi dari Muhammad saw dan Isa as, sedang Kairunnisa (sebaik-baiknya wanita/wanita muslimah amin…) adalah pemberian dari ustad yang membantu saya bersyahadat.

Seraya berdoa kepada Allah SWT agar iman Islam ini bertahan hingga saya mati. Dan saya berserah diri kepada-Nya. Amin.. Kisah ini berawal saat maret 2013, hati ini mulai gundah, hati ini mulai resah. Hati ini mulai bertanya, apasih hidup ? apasih gunanya agama ?. Hal ini mengakibatkan saya menjadi kritis dan selalu bertanya pada pendeta gereja saya, kenapa Tuhan disalib ? kenapa harus menebus dosa? kenapa Tuhan tidak memaafkan saja malah harus trjadi penyaliban? Kenapa harus dibikin patungnya ?. Teman-teman bilang saya lagi diganggu setan. Apa iya ? bukannya setan itu tidak mengajak mencari Tuhan sejati ? entahlah. Namun puncak pertanyaan saya pada pendeta ialah Kenapa kita(kristen) tidak bisa mengikuti semua isi bible ?

mengapa tidak bisa  sepenuhnya patuh pada ajaran Yesus ?, dan jawab pendeta :”bila kamu mengikuti Jesus of Nazareth kamu akan menjadi Yahudi, yang perlu kita lakukan adalah mengimani dia sebagai juru selamat.” Wah bahaya, inikan jawaban menghancurkan keimanan, apa iya mempercayai juru selamat yang tidak boleh diikuti sepenuhnya ajaran dia ? Tapi saya berpikir mungkin pendeta bosan menjawab pertanyaan saya, buktinya dia bilang, “sudah kamu imani saja”… wah wah wah percuma dong nanya ama pendeta. Nanya Yesus yang lagi disalib saja wkwkwk, bercanda… tentu saja saya mulai bertanya pada “MBAH GOOGLE”.wkwkwk Mbah google itu sakti bro bisa menemukan jawaban yang kitabutuhkan, tinggal kita mengkajinya lebih dalam.

Saat anda dalam krisis iman tentu harus mencari hal itu, nah dalam tahap ini saya sebut diri saya ber-Tuhan tapi tak beragama. Ini agak lucu selama mencari Tuhan sejati cara saya beribadah tidak ke gereja lagi(ibadah minggu), saya ke gereja kalau ingin nanya sesuatu aja atau ada acara gereja. Nah tiap hari saya hanya berdoa  “wahai Tuhan yang sebenarnya maaf saya belum bisa beribadah karena saya belum menemukan Engkau, Tolong tunjukkanlah jalan menuju Dirimu.” itu aja tiap hari cara saya beribadah… jgn diketawain yah hehehehe. Mungkin Allah SWT ketawa kali yah waktu itu. wkwkwk……

Oke, saya punya sahabat. Dia seorang muslimah. Rada-rada kristolog juga orangnya, kenapa saya bilang begitu karena dia punya bible di rumahnya, di laptopnya video Ahmad Deedat Rahimahullah banyak. Tapi demi Allah selama kami bersahabat dia tidak pernah mengajak debat. Malahan saya dulu sempat berfikir mengajak dia ke kristen. Saya pernah ajak dia ke acara gereja, eh malah dia ngaji buat saya… saya nanya ke dia: “kok kamu ngaji? emang kamu pikir saya kerasukan setan ?”.

jawaban sahabatku : “kamu pikir Al Quran itu gunanya buat usir setan ? yang tadi saya baca itu jawaban dari permintaan kamu mengajak saya ke acara gereja.” terus kata saya : “mana saya mengerti kamu ngomong apa ? kirain lagi usir setan.” sahabatku hanya tersenyum dan berkata :”yang saya bacakan itu surat Al-Kaafirun, Intinya mengatakan saya tidak akan menyembah apa yang kamu sembah dan kamu tidak akan menyembah Tuhan yang aku sembah. UNTUKMU AGAMAMU DAN UNTUKKU AGAMAKU.”

saya berkata lagi : ” apa sih susahnya bilang aja gak mau ? malah
ngaji”

sahabat saya tertawa kali ini, dia menjawab :”itulah
muslim”…..

Nah jawaban terakhir dari sahabatku “itulah muslim”. Jawaban itu berputar di kepala saya, jawaban itu membuat saya bertanya sendiri “Ada apa di dalam Islam ?”.  ow…  benar-benar membuat saya penasaran….. Nah nah nah daripada penasaran meluncur lagi di dunia maya. Sebagai seorang kristen walaupun dengan keimanan kritis, tentu yang saya cari referensi dari website kristen. Dan mantap sekali isinya Islam teroris, Islam mengekang wanita, dan yang paling banyak fansnya adalah topik Muhammad pedofil, muhammad pezina, muhammad onta.

Namun sebagai orang yang mencari kebenaran tentu saya harus membandingkan  engan website muslim. kalau masalah Muslim teroris dan mengajarkan kekerasan saya tidak perlu cari jawabannya, soalnya sudah terbukti. buktinya kristen bisa membangun puluhan ribu gereja di seluruh indonesia. Dan kalau agama Islam itu isinya pembunuhan pasti saya sudah mati, soalnya di Indonesia orang Islam banyak banget. Kita
harus jujur, bukan begitu ?

Nah yang saya cari adalah topik tentang muhammad ini. Siapa sih muhammad ini ? dia begitu dicintai dalam Islam, tapi di web Kristen isinya jelek semua. Masa sih ada orang jahat, pedofil, pezina bisa diikuti hampir 2 milyar penduduk dunia ? Pasti ada yang salah nih dalam pendapat di web kristen. kalau kita membaca tentang Muhammad saw tentu kita menemukan bahwa istri beliau banyak, ada yang mengatakan 11, ada pula 12. Akan tetapi walaupun anda melihat hadist palsu sekalipun, tak ada satupun dari istri-istri beliau yang berkata-kata jelek tentang suaminya (Muhammad saw). Pikiran saya orang ini pasti orang baik, Kenapa saya bilang baik, dari 12 istrinya gak ada yang mengisahkan berkata jelek walaupun sekali tentang suaminya. maka itu saya mencoba meneliti konsep ketuhanan yang dibawa Muhammad ini. Otomatis pasti saya merujuk Al Quran. Akhirnya saya membeli “Al Quran dan terjemahannya” kira2 seperti itu tulisannya.

Saat saya membaca Al Quran dalam hal ini masih terjemahannya saja. saat pertama membaca AlQuran maka yg saya temui adalah Al fatiha. saat saya membaca terjemahannya hati saya merasa kitab ini indah, kenapa saya bilang indah, karena surat Al Fatiha mengajak kita berdoa dulu biar diberi petunjuk dalam membaca Al Quran(pendapat saya waktu itu), lalu setelah itu surat 2 Al Baqara ayat 1 : alif lam mim. ayat 2: Kitab ini tidak ada keraguan padanya petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. wow indah sekali Al Quran memperkenalkan dirinya padaku, begitu seterusnya saya mulai membaca isinya. Jadi Al Quran memperkenalkan dirinya sendiri kepada pembacanya, yang mana hal ini tidak kita jumpai dalam bible. Pendapat saya waktu itu Al Quran berisi perintah-perintah, kisah para Nabi dan Rasul, kisah beberapa orang beriman, dan juga tanda-tanda kekuasaan Tuhan yang Mewahyukan kepada Muhammad. Jadi saat membacanya kita tidak akan mendapatkan nuansa novel di dalamnya wkwkwkwk.

Sudah saatnya saya memberitahu sahabatku bahwa bahwa saya sedang mempelajari Al Quran. Saya ke rumahnya ngobrol, curhat, dan bertanya tentang ayat yang menjelaskan Tuhan orang Islam. Dia memberitahukan QS Al-Ikhlash 112:1-4. Bahkan dia menambahkan kalau ada makhluk di bumi ataupun dimana saja yang mampu memenuhi kriteria 4 ayat tersebut maka sahabatku bersedia menyembahnya. Setelah saya baca terjemahannya memang betul, tidak mungkin bisa memenuhi kriteria tersebut. Saya menunggu sahabatku mengajak debat tapi tidak terjadi sama sekali. Dia cool aja setelah memberikan ayat tersebut. haahhh… akhirnya saya meminjam Al Quran punya dia yang paling tua, kening sahabatku berkerut menatap saya. Namun sekali lagi dia santai dan tidak banyak bertanya.

Dia berkata : “punya saya ada tahun 1998 gak tua-tua banget.” Jawab saya: ” gak apa-apa,itu cukup”. Apakah anda mengerti maksud saya meminjam Al Quran yang lebih tua ? tentu saja mencoba membandingkan apakah ada perbedaan Al Quran yang saya beli tahun 2013 dan Al Quran yang lebih tua. Tentu saja saya periksa donk, siapa tahu Al Quran sama aja kayak bible terjadi perbedaan redaksi bahkan mengakibatkan makna berubah. sebuah buku dikatakan kitab suci maka dia harus terbebas dari segala kesalahan, baik itu kesalahan sains, matematika, dan kesalahanriwayat. Bagaimana dengan Mukjizat para Nabi dan Rasul ? maka sesuai artinya Mukjizat adalah sesuatu yang terjadi di luar logika dan tidak bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan pada saat kejadian. Maka persyaratan kesalahan sains tidak boleh kita masukkan dalam mukjizat para nabi tersebut. Selanjutnya saya mencari ayat-ayat Al Quran yang ada angkanya, entah itu tahun, jumlah, atau apa aja yang menyebut angka. banyak ayat yang saya temukan, namun saya hanya akan memberikan 1 contoh ayat, misalnya :

Dan mereka tinggal dalam gua mereka tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun (lagi). (QS Al Kafh 18:25)

nah Al Quran tahun 1998 pun sama msh tetap 300 thn ditambah sembilan tahun lagi.Artinya Al Quran 1998 dan 2013 tetap sama isinya. Termasuk angka-angkanya. sebenarnya banyak ayat yang saya cocokkan tapi akan panjang kisah ini bila saya sebutkan semua. Hal ini sempat saya tanyakan ke pendeta tentang kesalahan matematis bible, kemudian riwayat kontradiksi, namun dia menjawab hal itu biasa dan tidak mengubah hukum dalam bible. haaahhh apa para pendeta sebenarnya tahu kesalahan bible ? dan kesalahan itu mereka biarkan ? Apa pendeta tahu kitab suci itu apa ? Bible dalam keadaaan hancur, dan para pendeta gereja hanya mendiamkan masalah ini. Entahlah ada apa dunia ini. Akhirnya sahabat saya datang ke kost, dia bertanya “bagaimana penelitianmu ?” Namun saya jawab “saya mencari bukti Al Quran masih asli apa tidak”. Jawab  sahabatku,”tidak perlu repot masalah itu. Coba kamu cari nama William Noah di internet, soalnya dia mengatakan 200 tahun lalu bahwa tidak ada kitab suci yang masih murni dan kekal selama 1200 tahun sejak di turunkan.” setelah itu sahabat saya cuek lagi. ngomongin baju, ngomongin parfum, dan biasa ngomongin bakso. Kami berdua adalah maniak bakso.

Nah seperti inilah saya terus meneliti Al Quran, namun demikian ada yang menarik bagi saya. Kapankah Musa bertemu muhammad hingga dia bisa menceritakan kisahnya ? Kapankah Isa putera maryam bertemu Muhammad hingga dia bisa menceritakan kisahnya di Al Quran ? Ini sangat menarik  sungguh menarik. Harus dicari faktanya. Fakta yang kita temukan adalah pada zaman Nabi Muhammad saw, orang arab dan yahudi adalah 2 bangsa yang tidak akur. Bahkan sampai sekarang. Maka sangat tidak realistis dan sangat tidak benar bila non-muslim mengatakan Al Quran adalah menyalin dari Bible. Mungkin para non-muslim tersebut kebanyakan nonton film CIA, film FBI, film agen rahasia yang menyusup ke ruang arsip dan mencuri data di komputer arsip musuh. wkwkwkwk… mungkin mereka berfantasi bahwa muhammad makai topeng lalu memasuki bangsa yahudi dan menyalin dari bile wkwkwkwk. sangat mustahil, sangat mustahil. Ada pula yang mengatakan itu karangan muhammad aja Al Quran itu. Ini juga menjadi lucu, coba anda perhatikan isi Al Quran misalnya

“ Dan bumi sesudah itu dijadikan oleh-nya berbentuk bulat telur.” (QS.An Naazi’aat 79:30)

Apakah muhammad ilmuan ??? waduh jauh bangetdari ilmuan, membaca aja gak bisa . Konsep ketuhanan adalah dasar darisebuah iman, Tuhan umat Islam jelas dan tegas bahwa Allah SWT adalah Maha Esa. banyak ayat yang menegaskan hal ini. Namun pada ajaran
kristen kita akan menemukan Tuhan maha esa namun dalam konsep trinitas. Banyak pertanyaan yang belum terjawab Yesus ini anak Tuhan atau jelmaan tuhan ? kalau anak berarti bukan jelmaan, kalau jelmaan berarti bukan anak. hal ini adalah logika saya, jadi tidak usah didebat lagi masalah  anak=jelmaan. Silahkan anda tanya para pendeta siapakah Yesus ? pasti jawaban mereka beda, ada jelmaan ada yang jawab anak, walaupun tujuannya sama.

  1. Matius 3:17 “Maka suatu suara dari langit mengatakan: “Inilah anakku yang kukasihi. Kepadanya aku berkenan.”
  2. Lukas 4:41 Yesus itu anak Allah oke ayat ini menurut web kristen sdh menjelaskan Yesus anak Allah. Oke saya setuju karena seperti itu yang tertulis. Namun saya seaching lg sanggahan di web kristolog

3 matius 5:9 “Berbahagialah segala orang yang mendamaikan orang, karena mereka itu akan disebut anak-anak Allah.” dalam ayat ini sy memahami bahwa semua nabi disebut anak allah karena para nabi menyebarkan ajaran kedamaian. Dan yang mengguncang keimananku adalah video Seikh Ahmad Deedat Rahimahullah dia mengatakan : “Bahkan malam inipun bila anda mampu menunjukkan 1 ayat dalam bible yang mana yesus berkata sendiri “aku Tuhan” atau “sembahlah aku” saya siap masuk kristen”. Kata-kata beliau bagai tamparan di muka saya, bagaimana saya bisa sebodoh ini ? bagaimana bisa hal kecil begini tidak terlintas dipikiran saya selama ini ? sy menyembah kepada Yesus yang tidak pernah mengklaim dirinya Tuhan. dan saya harus netral balik lg ke pendeta menanyakan hal ini dan dia menunjukkan ayat yg saya jg sdh tahu, makanya agak kecewa juga saya. Sy berharap mendapatkan jawaban dari tantangan Seikh ahmad deedat Rahimahullah. ayat itu adalah: Yohanes 14:9 “Siapa yang sudah tampak Aku, ia sudah tampak Bapa,” yohanes 14:10 “tiadakah engkau percaya bahwa aku ini didalam Bapa, dan Bapapun didalam Aku? Segala perkataan yang aku ini katakan kepadamu, bukanlah Aku katakan dengan kehendak sendiri, melainkan Bapa itu yang tinggal didalam Aku. Ia mengadakan segala perbuatan itu.”

sungguh mengecewakan yang saya cari adalah Yesus berkata sembah aku, tp tidak apa2 lah melepas kristen masih berat juga belum bgt yakin saya. dia menambahkan lagi mungkin muka saya kelihatan tidak puas: yohanes 10:30

“Aku dan Bapa itu satu adanya.”  dapat jawaban ini saya tambah kecewa trs terang tanpa seaching pun saya bisa menjawabnya. ayat ini tidak mengatakan Yesus berkata sembahlah aku, malah ayat ini mensyiratkan bahwa dia hanya utusan Tuhan, berkata2 yg diperintahkan Tuhan. masa harus ditafsirkan mentah kata satu itu bergabung. waduh saya mencoba bantah pak pendeta mungkin rasa kecewa mengakibatkan saya menjadi jahil. saya mengeluarkan ayat bible juga :

yohanes 17:3 “Inilah hidup yang kekal, yaitu supaya mereka mengenal Engkau, Allah yang Esa dan Yesus Kristus yang telah Engkau suruhkan itu.” markus 12:29 “Maka jawab Yesus kepadanya. hukum yang terutama ialah: Dengarlah olehmu hai Israel, adapun Allah Tuhan kita ialah Tuhan yang Esa.”

pendeta menjawab iya Tuhan itu satu dan Allah mengutus anaknya kedunia, lalu saya nanya bagaimana anak = bapak dan bapak = anak, kan beda pak bapak dan anak.? pendeta menjawab :Lisa Yesus itu jelmaan Tuhan jadi walaupun dia ada di dunia, dia juga ada di sorga… what ??? satu tapi ada tuhan di dunia ada juga di sorga, waduh sy yang stresss. aduh sy menghindari gereja lagi sekitar 6 bulan mending saya menggali Al Quran dulu yg nampaknya masuk dalam akal saya. walaupun belum masuk ke Hati. ……..

Puncak keraguan saya pada bible adalah saat sahabatku meminta  tolong ceritakan secara singkat saat Yesus disalip dan dikuburkan. Setelah itu saya ceritakan proses penyaliban Yesus dimana alasannya adalah untuk menebus dosa. saya bercerita dan sahabatku sangat menyimak serta memperhatikan, sekali2 dia menulis sesuatu saat saya bercerita. Sungguh ini adalah dari hati ke hati, percakapan kami tidak seperti
perdebatan, sama sekali tidak. Lebih kepada orang curhat. sahabat saya punya 5 poin yang dia catat dalam mendengar ceritaku:

  1. Apakah benar Yesus siap menebus dosa dan bersedia di salib ?
    saya:
    saya tidak tahu pasti apakah dia siap atau tidak. tapi
    yang jelas dia sudah mengetahui kalau dia akan menembus dosa dalam
    penyaliban.

sahabatku:” oh begitu yah? saya rasa dia tidak siap. buktinya dia
teriak ‘Eli Eli lama sabhaktani?”

saya: itu hanya keadaan psikologis manusia akan dibunuh dan disalib pula.
sahabatku: hahaha(ketawa sambil guling2)

saya : kenapa kamu ? (masih sangat heran apa yang terjadi)
sahabatku : maaf, saya rasa kita tidak perlu melanjutkan poin ini
soalnya kamu sudah mengakui Yesus manusia pada poin ini.
saya : hehehe iya yah. oke lanjut ke poin 2.

mungkin anda fikir kenapa saya tidak mendebatnya ? Karena saya merasa kata sahabatku betul saya mengakui dia (yesus) manusia. Sebagai manusia kita harus jujur dalam menuntut ilmu, terlepas siapa yg disalib sebenarnya, yang jelas saya yakin bahwa yg disalib manusia bukan TUHAN !!! Saya orangnya fair klo kalah ya kalah, A ya A dan B  bukan A. itu prinsip saya mencari Tuhan jujur pada diri sendiri.

  1. Penyaliban Yesus hanya beberapa jam bahkan tidak sampai sehari.
    jawaban saya: hal itu benar saat hari sdh petang Yesus diturunkan dari salib karena sdh masuk hari sabat, hari yang suci bagi Yahudi dimulai malam sabtu.

sahabatku: oke tetapi apa kamu yakin dia sudah mati dalam beberapa
jam? apakah mungkin bisa secepat itu matinya ?
saya: saya yakin karena saat seseorang disalib maka posisi paru2 akan terhimpit sehingga pernafasan akan sangat terganggu. dan dalam 3 jam orang pasti sudah mati.

sahabatku : betul, itu dalam keadaan tangan tergantung. 1-3 jam mati saya setuju. akan tetapi seperti ceritamu penyaliban Yesus dipasang penahan kaki agar kematiannya perlahan.

saya : iya. tapi dia ditusuk tombak menjelang diturunkan dari salib,
dan mengalirlah darahnya.

sahabatku : hahaha (guling2 lagi)

saya : kenapa lagi?

sahabatku : gak apa2, saya hanya bingung sama kamu. Anak IPA di SMU, kalau orang sudah mati ditusuk memang berdarah sedikit akan tetapi tidak deras mengalirnya. Darah mengalir deras itu menandakan orang yang disalib masih hidup

saya : kata2mu ada betulnya. Namun bukankan bisa saja dia mati saat ditusuk.
sahabatku: okelah, tapi bila dia mati ditombak maka dia tidak mati disalib. atau bisa disebut penyaliban palsu.

saya: wah tolonglah jangan menyembunyikan fakta dari saya. Kalau kamu punya bukti penyaliban ini bermasalah sampaikan segera biar saya tidak tersesat.

sahabatku : ini hanya dari hati ke hati, okelah kamu mengatakan Yesus mati disalib. akan tetapi kamu tadi mengatakan Maria maghdalena beserta ibunya membeli rempah-rempah untuk mengobati luka Yesus dikuburnya.

Saya : memang itulah yang sempat saya baca di bible.

Sahabatku : Kamu sebagai wanita terpelajar dan Biologi adalah keahlian kamu di SMU dulu. Apakah mungkin mengobati luka orang yang sudah mati?

Saya : Hal ini tidak mungkin. Karena jaringan serta sel tubuh sudah mati.

Sahabatku : Nah kamu sudah menjawab poin ke 2 ini. kesimpulan saya menurut akal logika, ini adalah Penyaliban Palsu. kamu bilang harus mati di tiang salib untuk menebus dosa, tp nyatanya Maria Maghdalena masih membeli rempah2 untuk mengobati luka Yesus. Maka patahlah keyakinanmu bahwa Yesus mati di tiang salib.

saya : benar. paling tidak keimananku saat ini sudah di batas
kehancuran. tolong ceritakan lagi yang kamu tahu.

sahabatku : oke kita lanjut ke poin ke 3.

Seperti kisah sebelumnya faham saya dan sahabat saya setuju Penyaliban adalah hukuman yang diberikan kepada seseorang agar supaya matinya terjadi secara perlahan2. oke jadi kami berdua sepakat bila seseorang tersebut digantung tapi tidak mati maka tidak bisa dikatakan penyaliban. akan tetapi hanya penyaliban palsu.

poin ke 3.

  1. Apakah orang yang menyalib Yesus dilaknat dan masuk neraka ? 

jawab saya: pastilah, mereka berdosa karena menyalib Yesus.

sahabatku : bukankah kamu tadi bilang bahwa Yesus ditakdirkan harus mati di tiang salib ? Kalau begitu kalian kristen dan Yesus tentunya seharusnya memberikan ucapan terima kasih kepada para penyalib Yesus?

saya: bagaimana maksudmu ? bukankah mereka berdosa telah menyalib Yesus ?


sahabatku :
bayangkan saja andaikata tidak ada yang bersedia menyalib Yesus maka penebusan dosa tidak terjadi. saya: sekali lagi kata2mu benar. Seharusnya memang begitu. Dengan disalib maka penebusan dosa terlaksana… saya rasa ada kekeliruan dalam peristiwa ini.

sahabatku: silahkan di cek kembali, siapa tahu pemahaman kamu saja
yang salah. mungkin bible kamu tidak berkata seperti itu.

saya: tolong berikan lagi fakta yang kamu ketahui. Saya ingin dengar
pendapat Al Quran tentang ini.


sahabatku:
sebenarnya kami umat Muslim cukup puas dengan Informasi Al Quran bahwa Isa as tidak disalib dan tidak dibunuh oleh mereka. seperti diabadikan dalam Al Quran :

QS An Nisa 4:157 dan karena ucapan mereka: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak menyalibnya, tetapi orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu,
kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.

dan sahabat saya mengulangi kata : “dalam ayat tersebut yakni
walakin => akan tetapi
syubbiha => diserupakan
lahum => bagi mereka
nah dalam hal ini Al Quran tidak menjelaskan secara rinci apakah kata syubbiha  diserupakan) adalah bermakna ada orang lain yang diserupakan ataukah Isa as  iserupakan seperti mati hingga tidak terjadi penyaliban. karena bagi kami muslim Isa as diselamatkan oleh Allah SWT dari penyaliban dan tidak dibunuh itu sudah cukup. Masalah lain itu
adalah urusan Allah SWT.” begitu uraian sahabatku.

dan sekali lagi umat Islam selalu menjawab sesuai Al Quran dan Al Hadits sahabat saya tidak pernah mengatakan pendapat saya begini dan begitu. tetapi mengacu pada Al  Quran dan hadist. saya kagum sekagum-kagumnya pada Muslim.

saya bertanya lagi: Kalau Al Quran tidak terperinci seperti itu bukannya membuat rancu masalah ini ?

sahabatku : Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui, tidak pantaslah saya mengoreksi Tuhanku karena di Maha Tahu. Dia lebih tahu akibat yang ditimbulkan bila Allah SWT menjelaskan terperinci bisa saja terjadi perang besar antara Islam dan Kristen di dunia ini dan akhirnya terjadilah kerusakan di muka bumi. Saya rasa informasi dia tidak disalib dan tidak dibunuh cukup bagi Muslim. Karena kami tidak ingin ikut-ikutan menyanjung Isa as secara berlebihan, hal ini dilarang dalam Islam.

saya kagum lagi pada ajaran Islam ini, mereka selalu menjaga Al Quran, mengikuti perintah Al Quran tanpa banyak bacot mencoba merasa lebih pintar dari Allah SWT.

poin ke 4.
4. Kalau tidak salah kamu mengatakan Yesus 3 hari 3 malam di kuburan dan sesuai nubuwat di seperti yunus 3 hari 3 malam di perut ikan
Besar.

saya: ya betul harus begitu karena ini nubuwat Yesus. sahabatku : kalau ternyata tidak demikian bagaimana ? saya : maka keimanan saya runtuh atau paling tidak diambang kehancuran.

sahabatku : baik tolong berikan referensinya dalam bible mengenai hal ini soalnya saya kurang hafal.

saya: baik. hal ini ada dalam Matius 12:38-40
(38) Pada waktu itu berkatalah beberapa ahli Taurat dan orang Farisi kepada Yesus: “Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu.” (39) Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. (40) Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

sahabatku : baiklah. Tandanya seperti yunus 3 hari 3 malam dalam perut ikan begitulah Yesus 3 hari 3 malam dalam kuburan.

saya : betul.
sahabatku : yesus di kuburan hidup atau mati ?
saya: mati.
sahabatku : kalau kamu menjawab mati maka patahlah nubuwat Yesus bahwa dia akan 3 hari 3 malam dalam perut bumi seperti yunus dalam perut
ikan besar.
saya:…… (diam tak berbicara)

sahabatku : bukankah yunus dalam perut ikan 3 hari 3 malam dalam keadaan hidup?

saya : betul dia hidup karena dia sempat berdoa saat dalam perut ikan.

sahabatku : kalau kamu mengatakan Yesus mati maka secara tidak
langsung kamu mengatakan Yesus pendusta alias berbohong.
saya : harusnya begitu. tapi dia bangkit lagi.
sahabatku : Lisa pakailah logikamu, orang mati dan orang hidup itu beda loh. Karena salah memahami Yesus maka berakibat keimanan yang
sesat.
saya : saya jujur harusnya dia hidup di dalam kuburan. karena Yunus hidup dalam perut ikan. Yesus tidak mungkin berdusta.

sahabatku : akan tetapi kalau dia hidup maka tidak ada penebusan dosa maka hancurlah dasar iman kristen seluruhnya.. sumpah sekitar setengah jam saya hanya diam membisu akal saya jalan, saya menangis mengapa ini bisa terjadi ? apakah saya benar saya telah tersesat ? Dan sahabat saya membiarkan saya seperti ini dia pamit tiduran pada saya. sementara saya masih menangis memikirkan hal ini. hati kecilku yang jujur tidak bisa lagi menerima ketuhanan Yesus, Namun masih ada keraguan di depan saya terbayang hambatan dan sandungan serta cobaan bila menerima hal ini. Pasti keluarga hilang uang kuliah hilang, bahkan mungkin nyawa taruhannya.

Saya masih menangis saya baringkan tubuhku di dekat sahabatku. Saya ingat saya peluk dia erat sekali, di sisi lai saya takut akan Tuhan yang sejati karena telah mengetahui kebohongan kristen, namun di sisi lain saya belum siap lahir dan bathin menerima kebenaran ini. Sampai pagi saya menggigil ketakutan, Takut pada Allah SWT Tuhan sejati, ini harus saya selesaikan sesegera mungkin.

Hari berikutnya sahabat saya melanjutkan poin ke 5.

  1. Ada apa dengan Natal ? mengapa wafatnya Isa Al Masih dan
    Kebangkitannya tanggalnya berpindah namun natal selalu 25 Desember ?

aku : saya tidak mau menjawab lagi karena demi Tuhan yang sejati saya
sudah menolak ajaran Kristen.

sahabatku : Allahu Akbar.
saya : Namun demikian saya belum menerima Islam karena peneletian saya
belum selesai. Ajari saya membaca Al Quran agar saya bisa berinteraksi
dengannya.

sahabatku : memeluk saya…
anda tahu itu pelukan paling indah yang saya rasakan. pelukan rasa peduli, bahkan tidak dapat dinilai dengan uang.

seiring berjalannya waktu anda percaya atau tidak akan tetapi saya belajar mengaji hanya butuh 1 bulan, Kuasa Allah SWT saya lancar dan fasih( setidaknya menurut sahabatku) hanya dalam 1 bulan. dan selama 1,5 tahun saya membaca Al Quran dan iseng menghafalnya, pada tahun 2014 saya mulai shalat 5 waktu walaupun saya belum masuk Islam. Anda mungkin merasa saya sinting. Tapi itulah saya, saya ingin merasakan sebagai muslimah. dan 2x ramadhan saya juga berpuasa sebulan penuh
sebelum saya memeluk Islam, yang bolong hanya saat saya datang bulan dan saya ditertawakan sahabatku soalnya tdk boleh berpuasa saat haid namun saya tetap aja bangun sahur dan niat puasa. saya minta maaf padanya bahwa saya tidak tahu dan . saya tidak bermaksud menghina agama Islam. Namun dia hanya tersenyum, dia malah mengatakan sungguh indah keimananmu. banyak kaum muslim yang engkau kalahkan. Saya membayar zakat fitrah juga seperti muslim lainnya. hanya saja saya tidak berangkat shalat Idul Fitri dan Idul Adha sahabatku tidak mengizinkan kalau saya belum resmi sebagai muslim. akhirnya hingga awal desember 2015 rasa ini kian mantap, namun masih ada rasa takut dalam diriku. Wajarlah manusia biasa.dan tanggal 23 Desember 2015 surat Al Baqaraa full dalam hafalan saya, yang saya bingung terjemahannya belum bisa saya hafal sampai saya menulis ini namun bhs arabnya saya hafal. malam Natal (24 Desember 2015) pas juga hari lahir Nabi Muhammad Saw kekasih Allah SWT saya tidak bisa tidur. Kali ini rasa takut pada Allah SWT kian besar, takut sekali, kembali menggigil badan saya, namun kali ini rasa dinginnya dari tulang sampai ke ubun2.

saat merasakan hal ini maka saya merasa ajal saya sudah tiba, hati saya sudah protes pada Allah SWT mengapa engkau cabut nyawaku sebelum resmi menjadi umat Nabi Muhammad saw. Apakah saya ditakdirkan kafir ?? saya sekali lagi protes dan bukan takut mati, Demi Allah SWT saya takut menghadap Allah SWT dalam kekafiran. Akhirnya saya tertidur.

paginya telephon dari rumah membangunkan saya, ibu saya minta agar saya pulang untuk natal bersama namun saya menolak mungkin sore baru sempat pulang. Setelah ini saya langsung mandi berpakaian menuju toko baju muslim, saya membeli pakaian muslimah 3 pasang, saya langsung pakai dan menuju rumah sahabatku. menyuruhnya mandi. namun dia mengatakan mau kemana ? saya jawab buruan mandi tenang aja sy tidak ajak kamu ke acara natal. dia pun mandi dan ikut saya. kami menuju warung padang dekat Islamic centre di kota saya. kami makan dulu. sahabat saya belum mengerti ada apa, dan saya memilih tidak bicara. setelah saya dengar shalat Jumat sudah selesai saya suruh sahabatku menghabiskan minumannya. karena lama saya tarik tangannya dan buru –buru masuk masjid Islamic centre dan pas saya belok ke masjid sahabat saya yang saya tarik sudah menangis dia mulai sadar akan yang terjadi.
Ya saya putuskan segera menjadi Muslim karena tidak ada yang bisa menjamin umur saya panjang sampai besok atau bulan depan. di dalam masjid sahabat saya hanya duduk di tepi menangis terharu, saya menemui pengurus Islamic menyatakan mau masuk Islam. dan dibawalah saya kepada Pak Ustad yang membawakan khotbah Jumat, Alhamdulillah semua lancar. saya memilih nama Muhlisa Khairunnisa seperti saya ceritakan di atas. dan pak ustad nya nangis terharu. Alhamdulillah umur saya masih
panjang sampai bisa bersyahadat.

sorenya saya di rumah sahabat saya keluarga beliau ikut senang bahkan ayahnya membeli ayam 5 ekor dan membuat acara syukuran kecil buat saya, memanggil beberapa tetangganya untuk mendoakan saya. Kali ini gantian saya yang nangis terharu, mereka begitu peduli pada saya. bahkan mereka rela meluangkan waktunya untukk  membuat acara syukuran walaupun kecil tapi sangat berarti buat saya.

Demikianlah kisahku, sy ceritakan secara singkat. Namun sebenarnya sangat banyak yang saya potong tentang ayat2 bible, karena saya tidak mau cerita ini menjadi menjadi suatu penistaan agama orang lain. dan terakhir malam nya saya kabarkan lewat sms pada ibu saya bahwa saya telah resmi menjadi Muslim. tidak ada yang mereka lakukan, hanya mengirim sms bahwa semua keluargamu bukan lagi keluargamu dan tidak ada lagi biaya kuliah buat saya. Tidak apa-apa ini adalah resiko, Allah dan Rasul-Nya lebih berharga dari pada makan enak dan hidup berlimpah. Saya hanya berlindung pada Allah SWT, rejeki datang dari mana saja,  Allah kok yang perintah rejeki ngapain takut. Semoga Allah
menjaga iman saya.

Sahabat saya sengaja saya tidak sebut namanya agar tidak terlibat
dalam masalah ini. dan agar dia tidak ikut diteror oleh keluarga saya.
Akhir kata :

sembahlah Allah, hanya Dia Yang patut Disembah …

seperti kata Ahmad deedat Rahimahullah :

“Islam akan besar dengan atau tanpa kontribusi kalian
Namun kalian tanpa Islam pasti rugi dan akan hilang tak berbekas.”

Assalamu alaikum wr.wb

kisah special buat team kristolog.com

Buat Nick HS dan Mandra di blog sebelah terima kasih sharingnya.