Assalamualaikum Wr.Wb.
وَوَصَّىٰ بِهَآ إِبْرٰهِۦمُ بَنِيهِ وَيَعْقُوبُ يٰبَنِىَّ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَىٰ لَكُمُ الدِّينَ فَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ
نَعْبُدُ إِلٰهَكَ وَإِلٰهَ ءَابَآئِكَ إِبْرٰهِۦمَ وَإِسْمٰعِيلَ وَإِسْحٰقَ إِلٰهًا وٰحِدًا وَنَحْنُ لَهُۥ مُسْلِمُونَ
Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam(muslimun)”. Adakah kamu hadir ketika Ya’qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: “Apa yang kamu sembah sepeninggalku?” Mereka menjawab: “Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”. (QS Al Baqarah:132-133) SADAQALLAH
Alhamdulillahirabbil ‘alamiin. Sebelumnya selamat melaksanakan puasa ramadhan bagi saudaraku seiman Islam. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad saw, Nabi penutup. Tiada lagi Nabi sesudahnya. Di awal arikel saya kutipkan QS Al Baqarah ayat 132-133. Karena ayat ini adalah identitas umat Islam sebagai salah satu pewaris MILLATA IBRAAHIIMA. Mengapa saya ucakan sebagai pewaris ? karena ayat di atas mengatakan :”wawas shaa (telah mewasiatkan) – bihaa (dengannya) – ibraahimu (Ibrahim)”. Dalam agama Islam bila ada kata wasiat maka otak kita akan menuju kemana ? hehehe pasti pertama pikiran kita adalah “warisan harta” namun bisa juga warisan utang. Hehehe bercanda. Apakah yang dimaksud ayat ini ? ternyata yang diwariskan Ibrahim as kepada anak-anaknya adalah “TAUHID”. Jadi wasiat Ibrahim adalah : falaa (maka janganlah) – tamuu tunna (kamu mati) – illaa (kecuali) – wa antum (dan kalian) – muslimuna (seorang muslim). Muslim artinya : orang-orang yang tunduk pada satu Tuhan. Jadi Nabi Ibrahim as mewariskan agama “TAUHID” kepada anak-anaknya. Dan Ayat di atas menyebutkan demikian pula Yaqub juga mewasiatkan hal yang sama kepada anaknya. Jadi apa yang dilakukan para Nabi kita jadikan teladan. Sebelum kita mati maka wasiatkanlah “TAUHID” kepada anak-anak kita. Jadikanlah hal ini budaya. Ini adalah teladan dari Nabi Ibrahim turun-temurun. Jangan sampai budaya yang jelek malah kita adopsi, sedang budaya yang baik tidak kita perhatikan.
Sesuai dengan konsep Millata Ibrahim maka mari kita simak juga firman Allah Ta’ala :
إِنَّ إِبْرٰهِيمَ كَانَ أُمَّةً قَانِتًا لِّلَّهِ حَنِيفًا وَلَمْ يَكُ مِنَ الْمُشْرِكِينَ
“Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan),” (QS An nahl ayat 120)
Jadi di ayat ini Allah menegaskan bahwasanya Ibrahim as adalah seorang pemimpin yang dapat dijadikan teladan. Ibrahim as adalah orang yang patuh. Yang hanif yaitu lurus tidak bengkok-bengkok. Benar-benar lurus di jalan Allah. Kemudian kita simak lagi firman Allah Azza wajalla :
ثُمَّ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرٰهِيمَ حَنِيفًا ۖ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ
“Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.” (QS An Nahl :123)
Nah inilah ayat yang menunjukkan identitas Islam. Bahwasanya Islam adalah Millata Ibrahim. Mari kita renungkan ayat ini. Dimana Allah mewahyukan kepada Rasulullah saw berupa perintah yaitu :
Anittabi’ (hendaknya ikutilah)- Millata (agama)- Ibrahimu(Ibrahim)- haniifan (yang hanif/lurus)
Jadi Islam adalah ajaran TAUHID yang lurus merupakan warisan dari Ibrahim as turun temurun. Apakah anda pernah merenungi ayat ini ? Apa anda pernah menarik hikmah di ayat ini ? Apakah anda pernah menanyakan hal ini kepada ahli agama ? Mengapa Allah menyebut Ibrahim as ? Mengapa bukan nabi yang lain ? atau mengapa Allah tidak menyebut Millata Adam dalam ayat ini ? Sebenarnya kita umat Islam harus banyak membaca dan bertanya. Mencari tahu hikmah di dalam Al Quran. Di dalam Al Quran itu banyak petunjuk bagi mereka yang berpikir. Kira-kira apa hikmah sehingga Allah menyebut nama Ibrahim ? inilah yang akan saya coba kaji. Semoga bisa menambah iman kita kepada Allah. Aamiin.
Kita umat Islam menyebut nama Ibrahim itu minimal 5 kali sehari. Hehehe tapi bagi yang patuh melaksanakan shalat 5 waktu. Dimanakah kita menyebut Ibrahim dalam shalat ? yaitu pada saat tahiyat ada bacaan shalawat : ALLAHUMMA SALLI ‘ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ‘ALA A-LI SAYYIDINA MUHAMMAD. KAMA SALLAITA ‘ALA SAYYIDINA IBRAHIM WA ‘ALA A-LI SAYYIDINA IBRAHIM. WABARIK ‘ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA’ALA A-LI SAYYIDINA MUHAMMAD. KAMA BARAKTA ‘ALA SAYYIDINA IBRAHIM WA ‘ALA A-LI SAYYIDINA IBRAHIM. FIL ‘A-LAMINA INNAKA HAMIDUMMAJID. Nah benarkan kata saya ? minimal di 5 waktu kita menyebut nama Ibrahim as. Akan tetapi kebanyakan dari kita hanya menyebut di bibir saja. Hanya menyebut sebagai ritual saja. Tidak membekas di hati. Lagi-lagi apa hikmah sehingga kembali nama Ibrahim yang disandingkan dengan nabi Muhammad saw disebut dalam tahiyat kita ? Intinya mengapa Ibrahim as sangat penting dalam ajaran agama Islam ? Alasannya adalah Agama yang dibawa Muhammad saw adalah Agama warisan dari Ibrahim as dan Nabi Muhammad saw juga mewarisi darah Ibrahim as dari nabi Ismail bin Ibrahim. Namun mengapa Allah memilih Ibrahim as sebagai pemimpin / imam bagi seluruh manusia ? Dalam Al Quran Allah berfirman :
وَإِذِ ابْتَلَىٰٓ إِبْرٰهِۦمَ رَبُّهُۥ بِكَلِمٰتٍ فَأَتَمَّهُنَّ ۖ قَالَ إِنِّى جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ إِمَامًا ۖ قَالَ وَمِن ذُرِّيَّتِى ۖ قَالَ لَا يَنَالُ عَهْدِى الظّٰلِمِينَ
“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: “Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”. Ibrahim berkata: “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”. Allah berfirman: “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim”. (QS Al Baqarah:124)
Ternyata nabi Ibrahim dipilih Allah karena Nabi Ibrahim lulus ujian dari Allah. Karena betapa patuhnya Ibrahim as kepada Allah sampai-sampai kepada Rasulullah saw pun diwahyukan perintah mengikuti agama Ibrahim. Kalau kita perhatikan 3 agama samawi yang kaumnya paling besar yaitu Yahudi-nashrani-Islam, ke tiga agama ini semua tidak lepas dari seorang tokoh bernama Ibrahim / Abraham. Semua agama ini mengklaim menyembah Tuhannya Ibrahim. Dan semua kitab suci agama ini menyebut nama Ibrahim.
Di dalam kitab suci yahudi yaitu TaNaKH kita akan menjumpai ayat seperti ini :
[ALP] Keluaran 3:15 Wayyomer ‘od Elohim el mosyeh koh tomar el benei yisraael YHWH Elohey Avoteykhem Elohey Avraahaam Elohey Yitschaaq weElohey Ya’aqov syelaachni aleykhem zeh-syemi le-‘olaam we-zeh zikhri leDOR-DOR
Di ayat di atas musa pun mengajarkan kepada bani Israel bahwa mari menyembah Tuhan yaitu Elohey (SEMBAHAN) Avoteykhem (Nenek moyang mu) Elohey (SEMBAHAN) Avraahaam (Abraham/Ibrahim) Elohey (SEMBAHAN) Yitschaaq (Yitschaq) weElohey Ya’aqov (dan SEMBAHAN yakub)
Jadi Yahudi juga tidak bisa lepas dari tokoh yang bernama Ibrahim as.
Di dalam kitab PB umat kristiani pun kita menemukan bahwa Kristen juga tidak bisa lepas dari tokoh Ibrahim ini. Disebutkan Dalam Matius 1:1 Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.
Di Al Quranpun demikian seperti yang kita bahas di atas. Maka Ibrahim as bisa dikatakan sebagai tokoh lintas agama. Namun artikel ini kali ini saya tulis masih bernuansa Islami ramadhan maka saya tidak perlu membahas terlalu dalam tentang agama lain. Saya hanya akan mengupas dalam ajaran Islam saja.
Dalam QS Al Baqarah ayat 124 di atas dikatakan : “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya….dst”.
Berarti ujian yang diterima Nabi Ibrahim benar-benar luar biasa karena dalam lanjutan ayat ini ada perjanjian antara Allah dan Ibrahim. Karena patuhnya Ibrahim sampai Allah memberikan kehormatan padanya. Dalam lanjutan ayatnya dikatakan : “…..Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia”…..dst
Dan Ibrahim pun meminta kepada Allah : “(Dan saya mohon juga) dari keturunanku”…
maka Allah berfirman: “Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim”.
Dari keturunan Ibrahim inilah lahir nabi-nabi pemimpin umat yang besar. Yakni bani Ismail dan bani Israel. Bani Ismail dan bani Israel masih saudara. Bapaknya satu, ibunya yang dua. Jadi terbuktilah janji Allah kepada Ibrahim dimana anak cucu Ibrahimlah yang menjadi nabi-nabi besar setelahnya. Dan Nabi penutup para nabi juga turunan Ibrahim yaitu Muhammad saw.
Ada ujian dan kejadian apa saja sehingga Ibrahim ini mendapat kehormatan dari Allah ? Ada hikmah apa yang terjadi sampai ada wahyu yang turun kepada Rasulullah saw untuk mengikuti Millata Ibrahim ?
Yang pertama adalah khikmatnya Ibrahim dalam mencari Tuhan. Dalam kisahnya Ibrahim melalui perjalanan panjang dalam mencari Tuhan. Dia melihat matahari, bulan, dll. Dan dengan nalarnya dia menetapkan bahwa itu bukan Tuhan. Dan akhirnya Allah menjawab kerja keras Ibrahim dengan menyapanya melalui Jibril. Dan Allah memperkenalkan diri-Nya kepada Ibrahim.
Setelah resmi menjadi Nabi ibrahimpun tunduk dan patuh pada perintah Allah. Bahkan penguasa di zamannya pun di dakwahinya tanpa rasa takut. Semua dia lakukan benar-benar karena Allah. Sampai-sampai Ibrahim dihukum mati dengan dibakar oleh raja Namrud. Namun Allah berkata lain, api tersebut tidak bisa mencelakai nabi Ibrahim as. Mengapa ? tentu saja Allah akan menyelamatkan nabi-Nya.
Namun dari semuanya itu yang paling berat adalah saat perintah Allah kepada Ibrahim untuk menyembelih anaknya. Apa hikmah di kisah ini ? mengapa Allah memerintahkan menyembelih anaknya ? Mengapa Allah tidak memerintahkan menyembelih ternaknya ? atau paling tidak mengapa Allah tidak menyuruh menyembelih istrinya ? hehehe tentu saja ada hikmah di sini.
Allah itu Maha Mengetahui. Kalau Allah menyuruh Ibrahim menyembelih ternak tidak mungkin membuatnya galau. Bukan cobaan dan ujian namanya kalau Ibrahim as disuruh menyembelih ternaknya. Ada teladan yang harus ditiru dari Ibrahim as. Yaitu beliau selalu memuliakan tamunya. Kalau ada orang yang bertamu ke rumahnya, maka dia akan menjamu tamunya itu dengan jamuan terbaik. Seperti kisah malaikat yang menyamar jadi manusia dan dijamu oleh Ibrahim dengan sapi panggang. Jadi kalau tamu saja Ibrahim menyembelih ternaknya untuk menjamunya. Apa lagi Allah. Maka Allah tidak meminta ternak Ibrahim.
Selanjutnya mengapa Allah tidak menyuruh menyembelih istrinya ?
Memang Ibrahim sangat mencintai istrinya. Anda tahu bahwa walaupun sayyidah Sarah itu mandul, Ibrahim as tetap setia kepada istrinya. Terus mengapa akhirnya Ibrahim as menikahi sayyidah Hajar ? karena hai itu atas permintaan sayyidah sarah agar Hajar bisa memberikan keturunan kepada Ibrahim. Namun sungguh sangat kita sayangkan di zaman sekarang kejadian itu sangat bertolak belakang. Kalau zaman sekarang suami itu menikah karena menurut pada nafsunya. Beda sekali sama yang diperlihatkan para nabi dan rasul.
Bila kita menyimak hal ini maka memang benar istri – istri Ibrahim juga sangat berarti di hati Ibrahim as. Namun mengapa Allah tidak menguji dengan meminta agar Ibrahim menyembelih salah satu istrinya ? Sekali lagi Allah itu Maha Mengetahui, saat Ibrahim menikah dengan Sarah Ibrahim tetap setia hingga umur sekitar 86 thn. Artinya Iman Ibrahim dipastikan tidak goyah dalam hal perempuan. Akan tetapi ada hal yang selalu Ibrahim minta dalam doanya selama puluhan tahun. Yaitu anak. Selama puluhan tahun Ibrahim tidak putus berdoa agar diberi anak. Dan akhirnya dari Hajar mendapatkan anak semata wayang saat itu yakni Ismail as. Jadi ternyata menurut Allah masih ada yang lebih berharga dari Istrinya Ibrahim. Yakni anaknya yang semata wayang saat itu. Karena Ishaq as belum lahir. Oleh karena itu Allah meminta Ibrahim menyembelih anaknya yang satu-satunya pada waktu itu.
Sungguh keimanan Ibrahim dan Ismail sangat lurus. Hingga baik Ibrahim maupun Ismail semua ikhlas menjalankan perintah Allah. Maka Allah mengabadikan peristiwa tsabih ini ke dalam salah satu hari raya dari 2 hari raya Islam yakni Idul Adha. Inilah hikmah mengapa Allah menyebut Ibrahim bukannya nabi-nabi yang lain. Namun seiring gesekan-gesekan umat beragama, hal ini kian menjadi perdebatan panjang. Itulah iman, itulah hidayah. Tidak ada yang aneh. Kita hanya bisa memohon kepada Allah agar selamat dunia akhirat. Sampaikanlah walau satu ayat. Semoga ada hikmahnya aamiin ya rabb.
Sehubungan dengan sedang maraknya di media social mengenai kaos “abbana”. Maka kami menghimbau kepada umat Islam agar lebih teliti terhadap kaligrafi-kaligrafi berbahasa arab.
Ini adalah kaligrafi injil Matius 6:9-13. Kalau boleh sedikit menginformasikan tulisan ini dengan kedangkalan ilmu saya maka tulisannya kira-kira seperti ini :
- Yang tengah yang gede itu tulisannya :
أبانا
Abbana (Bapa Kami)
- Yang tulisan melingkar itu :
أبانا ألذي فى السموات
Abbaanaa alladzi fīs samaawaati (Bapa kami: yang ada di-surga)
ليتقدس اسمك
Liyataqaddas ‘smuka (dimuliakanlah nama-Mu)
ليات ملكوتك
liya’ti malakūtuka (datanglah: kerajaan-Mu)
لتكن مشيئنك كما فى السماء كذلك على الأرض
litakun mashī`atuka kamā fīssamā’ kadzālika ´alāl ard (jadilah kehendak-Mu diatas bumi: seperti di dalam surga,)
خبزنا كفافنا واعطنا الرزق أليوم
khubzanā kafāfanā wa´tinā rizq al yawm (berilah kami rezeki pada hari ini.)
واغفر لنا ذنوبنا
waghfir lana dzunubana (dan Ampunilah kesalahan kami,)
كما نغفر نحن أيضا للمذنبين إلينا
kamā naghfiru nahnu aydan lil muznibīna ilaynā (seperti kami pun mengampuni orang yang bersalah kepada kami)
ولا تدخلنا فى التجربة
Wa lā tud khilnā fīi tajribatin (dan janganlah masukkan kami ke dalam pencobaan,)
.ولكن نجنا من الشرير
walākin najjinā minasy syirrīri (tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat.)
آمين
Amin.
Intinya saya hanya membuka paradigma kaum muslimin bahwa tidak semua tulisan Arab itu adalah Islam. Yang sakral itu ayat Al Quran. Bukan bahasa arab. cuma kebetulan nabi kita orang arab jadi wahyunya turun dalam bahasa arab. Sebagai renungan kasus kaos “abbana” ini. kaligrafi ayat injil dalam bahasa arab. Makanya jangan terlalu bangga dengan kearab-araban. jangan terlalu anti sama blangkon, batik. padahal apa salahnya shalat pakai blangkon ? apa salahnya ke mesjid pakai batik ??? kalau anda ketemu orang kairo yang kristen mereka pakaiannya seperti busana muslim di Indonesia. tapi apa yang mereka katakan ?
Bismillahil abbi wa ibnu wa ruhul quddus ilahun wahid…
(atas nama Bapa putra dan roh kudus Tuhan yang esa)… hehehe pusing gak lu ? 3 tapi esa hehehe.
Arab bukan islam. dan Islam bukan arab. arab itu budaya, blankon itu budaya, batik itu budaya. Islam adalah agama bukan budaya. Budaya yang baik tidak melanggar syariat boleh dilestarikan. Namun budaya jelek yang melanggar syariat harus ditinggalkan walaupun berbau arab.
Sekali lagi Arab itu budaya, sedangkan Islam itu agama. Yang sakral adalah ayat suci Al Quran, bukan bahasa arab.
Salam bagi yang berpikir. Semoga berkah dan Hikmah. aamiin
Bunda Maria
al baqarah: 132
Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam(muslimun)”
SANGAT MUSTAHIL kalau Nabi Abraham / Ibrahim MEMELUK AGAMA-islam, tidak ada bukti tentangnya kecuali hanya sebentuk KLAIM-SEPIHAK belaka.
kamu tahu arti muslimun ? orang muslim = orang yang tunduk dan patuh pada Tuhan yang Esa. bukan Tuhan yang tiga.
Namun yang pasti Ibrahim tidak mengajarkan menyembah Bapa, putra dan roh kudus.
Baca ulang : al baqarah : 132 itu, di sana tertulis jelas bahwa Nabi Abraham (Ibrahim) MEMELUK AGAMA-islam
SESUATU YANG SANGAT MUSTAHIL kala itu sudah ada AGAMA-islam.
falaa (maka janganlah) – tamuu tunna (kamu mati) – illaa (kecuali) – wa antum (dan kalian) – muslimuna (seorang muslim)
….BACA !!!
وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ…
orang Islam disebut kaum ??????? muslimunnnnnnnnnn. kamu aja nulis @muslimah bunda maria… berarti tau islam disebut muslim
ckckck…
********* TANGGAPAN Sha-Sha **********
Jadi? Menurut al baqarah : 132 itu , Nabi Ibrahim yang sebagai muslimun , MEMELUK AGAMA apa dong?
ibrahim memeluk agama tauhid, atau dalam pewahyuan bahasa arab disebut muslim atau islam. jadi jangan tanya saya bahasa akkadianya apa. jaman dahulu belum ada istilah agama secara universal. yang ada adalah kaum.
@muslimah “Bunda Maria”
********* TANGGAPAN Sha-Sha *********
Yang terlihat pada terjemahan al-quran bahasa Indonesia untuk al-baqarah : 132 terkesan tidak jujur…sebab di sana diterjemahkan bahwa Nabi Ibrahim MEMELUK AGAMA-islam ; seolah-olah Nabi Ibrahim sudah beragama islam seperti muhammad getoh …
Padahal: Urusan ber-Tauhid itu tidak harus muslim yang islam kayak muhammad….toh orang Yahudi sudah mendahului muhammad dalam urusan ber-Tauhid dan orang Yahudi tidak pernah mengaku sebagai muslim yang beragama islam 😛
belum ngerti juga yah ? memang ibrahim itu islam atau disebut juga muslimun. muslim berarti orang yang tunduk dan patuh pada Tuhan Yang Esa.
kaum Ibrahim adalah islam/muslim bila mengakui menyembah Tuhan yang esa dan mengakui kenabian Ibrahim.
begitupun seterusnya para kaum nabi2 yang lain. Ada apa dengan yahudi ??? benar yahudi tauhid akan tetapi tidak dikatakan islam/muslim karena dia tidak patuh pada perintah Tuhan yakni menolak kenabian Isa as dan Muhammad saw.
jadi Islam adalah tunduk patuh pada tuhan dan mengakui nabi nya yang menyampaikan wahyu. yahudi dahulu yg beriman pada musa jg adalah muslim. namun setelah datang nabi setelah musa, maka selesai harus ikut aturan nabi selanjutnya. Millatah ibrahimu hanifan disebut Allah sebagai Islam. dan disempurnakan dengan syariat2 nabi selanjutnya.
@Sha-Sha
Memang ada buktinya jika Nabi Ibrahim/Abraham mengajarkan trinitas?
Umat Islam selalu mengajarkan Tauhid, sejalan dengan Nabi Ibrahim…
Lalu yang bohong kristen atau Islam ya??
sabar bunda lg puasa ntar pahalay berkurang gara2 domba satu ini
@bunda,
kalau muhamad adalah keturunan abraham dari hagar , ada dimana dalilnya?
trus kenapa kitab taurat dan para nabi tdk menjadi bagian dari quran?bukankah Tuhan tlh mewahyukan taurat Tuhan kpd musa?
dalilnya sudah pernah saya bahas di sini, puter-puter aja baca. saya sedikit malas dengan menyuap terus. rajin2lah belajar banyak2 membaca.
kalian ini sakit apa ? ada yg ngejek turunan keledai liar (artinya mengakui turunan ismail), sekarang ada yang nanya dalilnya turunan abraham darimana ?
makanya belajar, baca sirrah, hadist, dan Al Quran. begitu cara yang benar mengkaji agama Islam.
Ayat mengikuti Tuhan Abraham sudah dibatalkan dgn keluarnya Surat Al-Kafirun ayat 1-6. Jadi umat Islam jangan pernah mengakui, itu hanya nyanyian kosong. Omong doang alias TAQIAH doang.
sumpah anda orang terbodoh di blog ini. uda tong kosong, nyaring bgt bunyinya.
1. Dr. Mr. D. N. Mulder dalam bukunya “Pembimbing ke dalam Perjanjian Lama”, tahun 1963, hal. 12 dan 13, berkata sebagai berikut: ” 1963 Buku ini dikarang pada waktu-waktu tertentu, dan pengarang-pengarangnya memang manusia juga, yang terpengaruh oleh keadaan waktunya dan oleh suasana di sekitarnya dan oleh pembawaan pengarang itu sendiri. Naskah-naskah asli dari Kitab Suci itu sudah tidak ada Iagi.”
2. Dr W Graham Scroggie dari Moody Bible Institute, Chicago, di dalam bukunya “Is the Bible the word of God?”, hal. 17 :
“Benar, Injil adalah bersifat manusia, meski beberapa orang yang tidak berdasarkan pengetahuan, telah mengingkari hal ini. Kitab-kitab itu telah melalui pikiran manusia, ditulis dalam bahasa manusia, dengan tangan manusia, dan mengandung gaya karakteristik manusia.”
3. Kenneth Cragg, Uskup Anglican dari Yerusalem, di dalam bukunya, “Call of Minareth”, hal. 277 :
“… Tidak begitu Perjanjian Baru … Ada kondensasi dan editing; ada pilihan reproduksi dan saksi. Bible telah datang melalui pikiran gereja di belakang para penulis. Mereka mewakili pengalaman dan sejarah … ”
“Hal ini juga diketahui bahwa bible Kristen yang paling kunopun dari awalnya ditularkan dari mulut ke mulut dan bahwa tradisi lisan ini mengakibatkan adanya varian pelaporan kata dan perbuatan. Hal ini juga benar bahwa ketika catatan Kristen berkomitmen untuk menulis itu terus menjadi subyek variasi verbal. Involuntary dan disengaja, di tangan ahli Taurat dan editor.”
ayo kalau bisa bikin artikel tentang hal ini saya tunggu mbak/mas di lisa666th@gmail.com
Jelas jelas Ibrahim juga seorang muslim yang menyembah Tuhan secara Tauhid, Sangat sejalan dengan umat Islam….
Yang ngaku ngaku itu Anda umat kristen, menyembah tuhan yang trinitas.. Memang pernah dalam bible itu tertulis bahwa Abraham mengajarkan trinitas?
#MIKIR…..
Begini lah orang klo kebanyakan makan islamic invasion,ffi,isadanislam dan sejenisnya..
Jadinya kesurupan dan berucap2 yg tidak2..
Belajar asbabun nuzul dlu gih sono..
Islam adalah agama orang-orang yang berserah diri kepada Allah dan tidak menyembah tuhan selain Allah:
“Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah.” Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).” [Ali Imran:64]
Sesungguhnya Islam sudah ada sejak zaman Nabi Adam dan Nabi Ibrahim:
“Dan berjihadlah kamu pada jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kamu dalam agama suatu kesempitan. (Ikutilah) agama orang tuamu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamai kamu sekalian orang-orang muslim dari dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al Quran) ini, supaya Rasul itu menjadi saksi atas dirimu dan supaya kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia, maka dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berpeganglah kamu pada tali Allah. Dia adalah Pelindungmu, maka Dialah sebaik-baik Pelindung dan sebaik- baik Penolong.” [Al Hajj:78]
Sesungguhnya Ibrahim dan Nabi-nabi lainnya beragama Islam. Bukan orang yang musyrik:
“Dan mereka berkata: “Hendaklah kamu menjadi penganut agama Yahudi atau Nasrani, niscaya kamu mendapat petunjuk.” Katakanlah : “Tidak, melainkan (kami mengikuti) agama Ibrahim yang lurus. Dan bukanlah dia (Ibrahim) dari golongan orang musyrik.” [Al Baqarah:135]
“ataukah kamu (hai orang-orang Yahudi dan Nasrani) mengatakan bahwa Ibrahim, Isma’il, Ishaq, Ya’qub dan anak cucunya, adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani?” Katakanlah: “Apakah kamu lebih mengetahui ataukah Allah, dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang menyembunyikan syahadah dari Allah yang ada padanya?”Dan Allah sekali-kali tiada lengah dari apa yang kamu kerjakan.“[Al Baqarah:140]
“Katakanlah: “Sesungguhnya aku telah ditunjuki oleh Tuhanku kepada jalan yang lurus, (yaitu) agama yang benar, agama Ibrahim yang lurus, dan Ibrahim itu bukanlah termasuk orang-orang musyrik.” [Al An’aam:161]
“Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): “Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif” dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.” [An Nahl:123]
Bahkan Ibrahim mewasiatkan keturunannya agar tidak mati kecuali dalam agama Islam:
“Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam.” [Al Baqarah:132]
Agama yang diridhai Allah hanya Islam:
“Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.” [Ali Imran:19]
“Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.” [An Nuur:55]
“…Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu…” [Ali Maa-idah:3]
Tidak diterima agama selain Islam:
“Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” [Ali Imran:85]
Semoga Non-Muslim (Khususnya orang-orang yg baik) mendapat hidayah dari Allah.
Kasihan, banyak teman sy yg Kristen padahal baik, tp kelak bakal kekal di Neraka. Sy slalu berdoa buat kristen2 yg baik akhlak dan tutur katanya, smoga Hidayah Allah terlimpahkan.
Amin ya, Rabb…
#SalamDamai
@hamba Allah,
Semoga Non-Muslim (Khususnya orang-orang yg baik) mendapat hidayah dari Allah.
Kasihan, banyak teman sy yg Kristen padahal baik, tp kelak bakal kekal di Neraka. Sy slalu berdoa buat kristen2 yg baik akhlak dan tutur katanya, smoga Hidayah Allah terlimpahkan.
respon:
sangat berterima kasih sekali atas doanya, sayapun mendoakan kalian.
memang niatan kita semua adalah untuk mencari kebenaran sajati yaitu untuk mencapai kesempurnaan menjadi suci tak bercacat cela dan tinggal di sorga yg suci tanpa cacat cela. karena sorga adalah suci adanya , tdk ada belenggu /keterikatan kpd hawa nafsu manusia. seperti keterikatan kpd makanan, kpd minuman , kpd sex atau semua yg ada pada keingiinan tubuh yg ada didunia yg fana ini.
Yesus kristus adalah yg dari sorga berarti Dia sangat tahu pasti jalan menuju sorga. satu satunya jalan menuju sorga dengan ikut kpdNya , karena Dia adalah sang pemilik kerajaan sorga .
dalm yohanes 3 :31
31Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.
yohanes 18;36-37
36Jawab Yesus: “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini.” 37Maka kata Pilatus kepada-Nya: “Jadi Engkau adalah raja?” Jawab Yesus: “Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.”
berpikir yg sangat sederhana, ketika mau belajar berenang , maka belajar kpd orang yg ahli berenang , ketika mau belajar mengemudi mobil maka belajarlah kpd supir mobil, ketika mau belajar matematika maka belajar kpd guru matematika.
tdk perlu kpd yg lain yg bukan ahlinya atau belum pengalaman.
kalau mau ke sorga ikutilah jalannya yg datang dari sorga yaitu Raja dari sorga yaitu Yesus kristus. (tdk tanggung tanggung dari Raja sorgawi),
mudah mudahan dapat membuka mata dan hati kpd kebenaran yg sejati, yg telah lama tertutup dan berkarat.
sebenarnya niatan anda adalah benar adanya , namun biasanya banyak hal dan faktor terutama lingkungan dunia anda yg sdh terbentuk mendarah daging, shg sulit untuk menerima anugerah dari sang pencipta ,Raja sorgawi.
pasti ada waktunya Dia sendiri yg menyatakan kpd anda hamba Allah. salam damai!
Khotbah panjang tapi gk jelas substansi nya..
Ada lagi lah yg model2 gini dimari..
@astrid
Yesus kristus adalah yg dari sorga berarti Dia sangat tahu pasti jalan menuju sorga. satu satunya jalan menuju sorga dengan ikut kpdNya , karena Dia adalah sang pemilik kerajaan sorga .
====
yesus bukan datang dari surga melainkan dilahirkan seorang perempuan maria.
Dan Yesus itu MENURUT BIBEL-MU lahir tidak kudus, bahkan Maria
ngebelain beli burung tekukur untuk MENGHAPUS DOSANYA AKIBAT MELAHIRKAN
dan Yesus harus dibawa pula kehadapan manusia untuk PENTAHIRAN…hehehe
…dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati, yang
seekor sebagai KORBAN BAKARAN dan yang seekor lagi sebagai KORBAN
PENGHAPUS DOSA, dan imam itu harus mengadakan pendamaian bagi perempuan
itu, maka tahirlah ia.” (Imamat 12:7-8)
Dan ketika genap waktu PENTAHIRAN, menurut hukum Taurat Musa, mereka
membawa Dia ke Yerusalem untuk menyerahkan-Nya kepada Tuhan, seperti ada
tertulis dalam hukum Tuhan: “Semua anak laki-laki sulung HARUS
DI-KUDUS-KAN bagi Allah”, dan untuk mempersembahkan korban menurut apa
yang difirmankan dalam hukum Tuhan, yaitu sepasang burung tekukur atau
dua ekor anak burung merpati. (Lukas 2:22-24)
@astrid
dalm yohanes 3 :31
31Siapa yang datang dari atas adalah di atas semuanya; siapa yang berasal dari bumi, termasuk pada bumi dan berkata-kata dalam bahasa bumi. Siapa yang datang dari sorga adalah di atas semuanya.
yohanes 18;36-37
36Jawab Yesus: “Kerajaan-Ku bukan dari dunia ini; jika Kerajaan-Ku dari dunia ini, pasti hamba-hamba-Ku telah melawan, supaya Aku jangan diserahkan kepada orang Yahudi, akan tetapi Kerajaan-Ku bukan dari sini.” 37Maka kata Pilatus kepada-Nya: “Jadi Engkau adalah raja?” Jawab Yesus: “Engkau mengatakan, bahwa Aku adalah raja. Untuk itulah Aku lahir dan untuk itulah Aku datang ke dalam dunia ini, supaya Aku memberi kesaksian tentang kebenaran; setiap orang yang berasal dari kebenaran mendengarkan suara-Ku.”
=======
ah…. yesus bilangnya gini kok…….hehehe
Yohanes 5:31 Kalau Aku bersaksi tentang diri-Ku sendiri, maka kesaksian-Ku itu tidak benar;
5:30 Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku>>>>>ini baru bener…..hehehe
berfikirnya sederhana sebuah kitab suci kalau terlalu banyak kontradiksinya apakah pantas masih dibilang KITAB SUCI…..
dan yesus itu pada kenyataannya tidak pernah menjadi raja bagi yahudi malahan paulus bilang ini.
Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh
kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti SUATU INJIL
LAIN, yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu
dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus.(Galatia 1:6-7)
bibel mana yang dimaksud paulus…
=========================
sebenarnya dalam Kitab Suci Islam juga diterangkan mengenai sosok Isa AS (Yesus PBUH), tetapi sebagai mesiah (utusan Tuhan), bukan moshi’a (juruselamat).
fungsi dan tupoksi jelas disebutkan sebagai NABI dan RASUL.
dua kata ini, serapan dari bahasa Arab, sepertinya mempunyai makna berbeda antara definisi NABI dan RASUL versi Islam dan versi Kristen, dan islam punya Muhammad sebagai rasul terakhir.
harap diingat, bahwa meskipun islam mempunyai konteks berbeda mengenai fungsi dan peranan Yesus, tetapi kalimat Alquran indah menerangkan beliau, Itulah kenapa muslimin menghormati sosok Yesus sebagai Nabi dan rasul.
berbeda sikap Yahudi (judaisme) terhadap Yesus..
jadi simple aja nih…..
kalian kan demen dan intensif Hebraic Root belakangan ini.
Daripada capek2 khotbah untuk muslimin yg menghormati YESUS,mending missionarisnya ke israel aja…kristen minoritas 1.7%loh.
atau menurut kamu, muslimin tidak diselamatkan..dalam kuasa kegelapan..karena menolak menerima YESUS sebagai TUHAN?
trus ada dispensasi buat JUDAISME?
@ muslimah “Bunda Maria”
******** TANGGAPAN Sha-Sha ********
Jadi? Standar menjadi muslim menurut ente adalah: Ber-tauhid + mengakui nabi pada zamannya.
Lantas? Mengapa Abraham (Ibrahim) bisa ber-islam? Beliau ber-tauhid dan mengakui nabi siapa tuh?
ckckck nabi itu pembawa syariat. bagaimana nabi dikatakan muslim ? memang sudah muslim saat dilantik jadi nabi sama Tuhan. Aslimnya seorang nabi jgn dipikir seperti proses syahadat yg kamu lihat sekarang. saat menerima wahyu dari Tuhan saat itulah seorang nabi berislam dan menjalankan misi kenabian mengajarkan tauhid dan hukum/syariat.
mengakui nabi siapa Ibrahim ? ini pertanyaan aneh. bisa sy bilang pertanyaan bodoh. Ibrahim adalah pembawa syariat saat itu. Ibrahim menyampaikan wahyu bahwa sembahlah tuhan Yang benar dan aku utusan tuhan.
anda ini serius nanya atau cuma cari masalah. anda ramah kami segan. kalau sy lihat pertanyaannya seperti tidak berkualitas dan berkesan mancing2 emosi aja. maaf sy tidak bersedia melanjutkan.
Jadi? Standar menjadi muslim menurut ente adalah: Ber-tauhid mengakui nabi pada zamannya.
Lantas? Mengapa Abraham (Ibrahim) bisa ber-islam? Beliau ber-tauhid dan mengakui nabi siapa tuh?
By Sha-Sha
—
Oalah, sebegitu susahkah untuk memahami yang mudah? Kalau di baca baik-baik, Insya Allah pasti mengerti.
Tapi akan berbeda bila anda tidak bisa menerima kebenaran disebakan hati anda telah wafat. Atau memang sengaja untuk tetap menyangkal.
Yang saya herankan, ketika semua penjelasannya sudah gamblang, anda coba menyangkal dg pertanyaan yg justru sudah anda tahu jawabannya.
Namun saya maklum, mungkin mbaknya belum mengerti. Tapi kalau mbaknya ingin mengerti, sekali lagu bacalah dg saksama penjelasan di atas. Dan berhentilah berpikir/niat untuk bertanya dg niat menyangkal kebenaran. Sebab akan terlihat jelas mbak, nanti mbak sha sha dianggap kurang mampu berpikir jernih. Berpikirlah seiring hati sejuk, jgn menuruti hawa nafsu. Sebab hawa nafsu hanya akan membuat seseorang binasa.
#Ngapunten
*maaf jika tidak berkenan*
@arius
sebenarnya dalam Kitab Suci Islam juga diterangkan mengenai sosok Isa AS (Yesus PBUH), tetapi sebagai mesiah (utusan Tuhan), bukan moshi’a (juruselamat).
jawab
ya , betul hanya sebagai utusan saja tapi tdk memberikan keselamatan yg dimaksudkan oleh yudaisme ataupun nashrani.
karena mesiah mempunyai visi dan misi penyelamatan .
bagi yudaisme adalah penyelamatan bangsanya dari penindasan bangsa lain menuju kepada kedamaian (secara fisik)
bagi nashrani adalah penyelamatan umat manusia dari penindasan/ belenggu dosa ( secara spiritual )
===================
fungsi dan tupoksi jelas disebutkan sebagai NABI dan RASUL.
dua kata ini, serapan dari bahasa Arab, sepertinya mempunyai makna berbeda antara definisi NABI dan RASUL versi Islam dan versi Kristen, dan islam punya Muhammad sebagai rasul terakhir.
jawab
Nabi = Juru bicara (Prophet) , yang dipilih Allah langsung dan sebagai jubir Allah kpd umat manusia
Rasul = Pewarta (Apostle), atau yg mewartakan kabar injil dan merupakan saksi saksi dari kehadiran juru selamat didunia.
====================
harap diingat, bahwa meskipun islam mempunyai konteks berbeda mengenai fungsi dan peranan Yesus, tetapi kalimat Alquran indah menerangkan beliau, Itulah kenapa muslimin menghormati sosok Yesus sebagai Nabi dan rasul.
berbeda sikap Yahudi (judaisme) terhadap Yesus..
jawab:
betul sekali, dalam pribadi kemanusianNya , Dia memang pribadi yg indah , pribadi yg sempurna tak bercacat cela. dalam islam nabi Isa as disebut juga yg termashur/terkemuka didunia dan diakhirat.
tapi islam hanya memandang dalam satu sisi saja yg menakjubkan , tapi yg sebenarnya yg lebih menakjubkan, Diapun mempunyai sifat Allah atau hak prerogatif Allah dalam diriNya yg tdk dimiliki oleh nabi nabi sebelumnya. seperti mengampuni dosa, memberikan kehidupan yg kekal , menghakimi semua manusia.
======================
jadi simple aja nih…..
kalian kan demen dan intensif Hebraic Root belakangan ini.
Daripada capek2 khotbah untuk muslimin yg menghormati YESUS,mending missionarisnya ke israel aja…kristen minoritas 1.7%loh.
jawab :
tdk perlu kuatir akan kebenaran sejati , kebenaran adlah kebenaran , Dari Dia oleh Dia dan untuk Dia.
terang tetaplah terang , gelap tdk akan menguasai terang. dan Yesus kristuslah terang dunia itu.
=================
atau menurut kamu, muslimin tidak diselamatkan..dalam kuasa kegelapan..karena menolak menerima YESUS sebagai TUHAN?
trus ada dispensasi buat JUDAISME?
jawab:
penghakiman adalh milik Tuhan yesus , sebagai juruselamat pribadi . saya tdk ada hak sama sekali untuk menghakimi orang lain.
peace!
@astrid
ya , betul hanya sebagai utusan saja tapi tdk memberikan keselamatan yg dimaksudkan oleh yudaisme ataupun nashrani.
karena mesiah mempunyai visi dan misi penyelamatan .
bagi yudaisme adalah penyelamatan bangsanya dari penindasan bangsa lain menuju kepada kedamaian (secara fisik)
bagi nashrani adalah penyelamatan umat manusia dari penindasan/ belenggu dosa ( secara spiritual )
=====
emangnya ada gerbang Sorga untuk suku non Israel ?! hayooo, coba tunjukkan ayatnya ?!….dan lagi orang yang diberikan mandat oleh Yesus adalah Petrus :
Kepadamu (Petrus) akan Kuberikan KUNCI KERAJAAN SORGA. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.” (Matius 16:19)
Yang diakui sendiri oleh paulus bahwa Petrus adalah RASUL ORANG BERSUNAT (Israel)….
karena Ia yang telah memberikan kekuatan kepada Petrus untuk menjadi rasul bagi orang-orang BERSUNAT, Ia juga yang telah memberikan kekuatan kepadaku untuk orang-orang yang TIDAK BERSUNAT. (Galatia 2:8)
Kalau paulus itu adalah WAKIL DARI RASUL ORANG TAK BERSUNAT sebagaimana klaimnya itu…maka seharusnya ADA KURSI untuknya….dan ternyata TIDAK ADA.
@astrid
Nabi = Juru bicara (Prophet) , yang dipilih Allah langsung dan sebagai jubir Allah kpd umat manusia
Rasul = Pewarta (Apostle), atau yg mewartakan kabar injil dan merupakan saksi saksi dari kehadiran juru selamat didunia.
=======
Nggak usah ngaco, Yesus itu-pun UTUSAN …. dan status dia TIDAK LEBIH TINGGI DARI YANG MENGUTUSNYA…
Bapa yang MENGUTUS Aku, Dialah yang bersaksi tentang Aku. Kamu TIDAK PERNAH MENDENGAR SUARA-NYA, RUPANYA-PUN TIDAK PERNAH KAMU LIHAT, (Yohanes 5:37)
Jadi jangan lagi kamu menentang perkataan Yesus…hehehe
@astrid
betul sekali, dalam pribadi kemanusianNya , Dia memang pribadi yg indah , pribadi yg sempurna tak bercacat cela. dalam islam nabi Isa as disebut juga yg termashur/terkemuka didunia dan diakhirat.
tapi islam hanya memandang dalam satu sisi saja yg menakjubkan , tapi yg sebenarnya yg lebih menakjubkan, Diapun mempunyai sifat Allah atau hak prerogatif Allah dalam diriNya yg tdk dimiliki oleh nabi nabi sebelumnya. seperti mengampuni dosa, memberikan kehidupan yg kekal , menghakimi semua manusia.
=========
paulus bicara bahwa baptisan Yohanes adalah baptisan orang tobat padahal Yesus dibaptis Yohanes, jadi hanya Paulus yang berani bicara kalau Yesus termasuk orang tobat.
yesus berkata.
Yohanes 20:23.Jikalau kamu mengampuni dosa orang , dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”
bahkan dalam alkitab SERAFIM BISA MENGAMPUNI DOSA ?
Tetapi seorang dari pada Serafim itu terbang mendapatkan aku; di tangannya ada bara, yang diambilnya dengan sepit dari atas mezbah. Ia menyentuhkannya kepada mulutku serta berkata: “Lihat, ini telah menyentuh bibirmu, maka kesalahanmu telah dihapus dan dosamu telah diampuni.” (Yes6:6-7)
@astrid
tdk perlu kuatir akan kebenaran sejati , kebenaran adlah kebenaran , Dari Dia oleh Dia dan untuk Dia.
terang tetaplah terang , gelap tdk akan menguasai terang. dan Yesus kristuslah terang dunia itu.
=========
makanya Yesus memanggil mereka dengan “domba”…. “AKULAH DIA”…. “Dia” disitu bukan untuk Yesus, tapi firman yang dikatakannya itu berasal dari TUHAN….
Bandingannya :
Akan datang banyak orang dengan memakai nama-Ku dan berkata: AKULAH DIA, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. (Markus 13:6)
Apa kata “AKULAH DIA” yang menyesatkan banyak orang itu adalah Yesus ? ….hadeuh…
-Semua nabi itu berfungsi seperti itu, sebab perkataan seorang nabi adalah perkataan Tuhan….menolak seorang nabi yang diutus Tuhan sama saja dengan menolak Tuhan….
termasuk yesus-pun sama
Jawab Yesus: “Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel.” (Matius 15:24)
Yesuspun melarang ke-12 muridnya untuk menyimpang kepada bangsa lain :
KEDUA BELAS MURID itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada
mereka: “JANGANLAH KALIAN MENYIMPANG KE JALAN BANGSA LAIN…melainkan
pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. (Matius.10:5-6)
nah….anda itu umat israel bukan….
@astrid
penghakiman adalh milik Tuhan yesus , sebagai juruselamat pribadi . saya tdk ada hak sama sekali untuk menghakimi orang lain.
peace!
======
Yesus tidak pernah mengaku menjadi tuhan…hanya kelompok yang dikatakan Yesus sebagai “pembuat kejahatan” itulah yang telah mengangkatnya menjadi tuhan.
Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga ? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: AKU TIDAK PERNAH MENGENAL KAMU ! Enyahlah dari pada-Ku, KAMU SEMUA PEMBUAT KEJAHATAN !” (Matius 7:22-23)
dan Bagaimana mungkin kamu yang mengaku “mengikuti Yesus” ternyata adalah orang yang nyata-nyata sebagai penentang perkataannya :
Aku (Yesus) berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba TIDAKLAH LEBIH TINGGI dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya. (Yohanes 13:16)
Apa ayat Yoh 13:16 itu, bukan firman dari Bapa ?
…apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia.” (Yohanes 8:26)
hehehe…….waktu ditanya kapan kiamat, ‘roh allah’-nya lagi berhalangan hadir…sehingga Yesus berkata :
Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, HANYA BAPA SENDIRI.” (Matius 24:36)
Dalam QS An Nahl 120&123 di atas seolah-olah Islam memilih Tuhan Abraham, Ishak dan Yakub (Tuhan Israel), tetapi di ayat yg lain QS Al-Kafirun 1-6, jelas Alloh Islam adalah lain dan berbeda dgn sembahan dgn sembahan siapapun.
Jadi Islam mau pilih Alloh yg mana?!
Kalau memilih Tuhan Israel ikutlah Kitab Bibel Yahudi dan tata cara Ibadah Yahudi. Jangan sembah Kabah dan cium Batu Hitam seperti orang Yazidi 4000SM.
Kalau mau memilih Alloh Kabah silahkan memakai Alquran, tetapi semua Kisah-kisah nabi Israel semua harus dihapus di Alquran. Muhammad SANGAT ANTI Yahudi, nabi-nabi Israel adalah Pahlawan Yahudi.
Pahlawan musuh Muhammad tidak pantas diabadikan Muhammad dalam bukunya. (Nyemak-nyemakin BEDA Tuhan dan BEDA Ajaran bertolak belakang).
Tidak akan mungkin disatukan menyembah Kabah akan sampai kepada Tuhan Israel. Kasihan juga umat Islam sembah sujud 5x ditambah plus-plus hasilnya ditolak Tuhan Israel karena melanggar perintah Tuhan, belum lagi investasi waktu tenaga dan materi ditolak Tuhan karena tidak seauai AjaranNya.
Tuhan dalam Agama adalah persoalan terbesar dibanding semua masalah di dalam Agama.
Tidak akan mungkin menyembah Tuhan Israel memakai Ajaran Alquran yg ANTI Yahudi. Karena Tuhan Yahudi adalah pelindung dan pemelihara umatNya Israel.
Maka berikanlah pilihan yg jelas, apakah Islam memilih Tuhan Israel atau Alloh Kabah????
GBU
yang jelas dalam Al Quran jelas Tuhan yang satu sembahan para nabi.
tuhan itu bukan nabi yang disembah. surah al kafirun buat kamu dan sejenismu
bukan buat penyembah tuhan ibrahim, penyembah tuhan ishaq, yaqub dan nabi2 lainnya.
@Bunda M,
Saya tidak tahu apakah kamu yg berbohong atau kamu yg dibohongi Muhammad.
Surat Al-Kafirun tidak ada alamat yg jelas. Karena Muhammad sudah sangat kenal dgn Yahudi, bahkan istrinya yg pertama juga Yahudi.
Untuk menelusuri siapa Alloh Islam
1. Atas anjuran kepercayaan apa yg mendorong Muhammad melakukan pertapaan di Goa Hira. Yahudi dan Kristen tidak pernah menganjurkan bertapa di Goa.
2. Menyembah Kabah dan ritual Haji mencium Batu Hitam adalah aliran kepercayaan Pagan Arab termasuk Yazidi melakukannya.
Yahudi dan Kristen pergi Bait Tuhan/Gereja untuk beribadah memuji Tuhan, bukan menyembah atau mengitari bangunan atau monumen. Tembok Ratapan dikunjungi Yahudi, bukan mengelilingi 7x dan mencium batu, tetapi berdoa dan meratapi kesengsaraan bangsa mereka. Ibadah jiarah ke makam leluhur Israel tidak melalukan ritual Haji.
3. Menyembah Alloh dgn cara sholat meniru agama Yazidi tidak pernah dilakukan Yahudi dan Kristen.
4. Lambang Bulan Sabit Dewa Hubal sudah dari dulu ada di tiap Mesjid di Indonesia. Sebagai Syimbol Agama Islam, namun karena takut tahu siapa Alloh Islam, maka diganti dgn lafal Alloh. Tetapi di Mekah Arab Saudi, gedung tinggi menjulang tidak malu-malu memakai Syimbol Bulan Sabit menunjukkan Alloh=Hubal.
Tidak akan mungkin menyembah Tuhan YHWH dgn cara menyembah Pagan Arab karena penyembahan seperti itu NAJIS dan KEJIJIKAN bagi Tuhan YHWH.
Tanyakan dulu kepada Ulama Islam, Alloh yg mana??
Menunjukkan Alloh tidak usah malu-malu, terus terang dan tidak dgn teka-teki.
GBU
hahaha sdh brp kali kamu disanggah hal ini.
belum ada yang kamu jawab sepotongpun. kalau tidak punya ilmu memadai, mending diam sajalah. nanti jadi tertawaan.
@Setia Budi
Cara dalam bibel menyembah Tuhan itu seperti ini, Ezra sedang berjamaah nih… :
Lalu Ezra memuji TUHAN, Allah yang maha besar, dan semua orang menyambut dengan: “Amin, amin!”, sambil mengangkat tangan. Kemudian mereka berlutut dan sujud menyembah kepada TUHAN dengan muka sampai ke tanah. (Nehemia 8:6-7)
menghadap kiblat :
Tetapi aku, berkat kasih setia-Mu yang besar, aku akan masuk ke dalam rumah-Mu, sujud menyembah ke arah bait-Mu yang kudus dengan takut akan Engkau. (Mazmur 5:7-8)
Aku hendak sujud ke arah bait-Mu yang kudus dan memuji nama-Mu, oleh karena kasih-Mu dan oleh karena setia-Mu; sebab Kaubuat nama-Mu dan janji-Mu melebihi segala sesuatu. (Mazmur 138:2)
Yesus juga melakukan-nya :
…pergilah Yesus dan murid-murid-Nya ke BUKIT ZAITUN … Maka Ia (Yesus) maju sedikit, lalu SUJUD DAN BERDOA…(Matius 26:(30)39)
Lalu Ia meninggalkan mereka di situ dan pergi kira-kira sejauh lemparan batu. Di situ Ia (Yesus) SUJUD DAN BERDOA…(KSI, Lukas 22:41-42)
Ketika Yesus duduk di atas BUKIT ZAITUN, MENGHADAP KE ARAH BAIT ALLAH…(Markus 13:3) -> http://www.sabda.org/sabdaweb/bible/verse/?b=41&c=13&v=3
Yesus sujud dan berdoa, karena dia-pun seperti orang Israel lainnya sedang menyembah Tuhan :
Kamu (perempuan Samaria) MENYEMBAH apa yang tidak kamu kenal, kami (termasuk Yesus) MENYEMBAH apa yang kami kenal…(Yohanes 4:22)
hahaha percuma dikasih jawaban. gak bakal baca
budi dan astrid sejenis mahkluk hidup tapi gak bisa mendengar, merasa dan berpikir cuma bisa menghujat, cuma bisa ngoceh kayak burung tinggal jual aja di pasar he..he..he
lihatlah ke dua domba itu, satu orang berwatak dua.
dibawah vatican seperti gua banyak pastor-pastor yg dikurung karena kadang2 kemasukan roh kerdus dan kadang2 kemasukan belzebul.sangat memalukan.tidak bisa ditolong.
Coba lihat dulu orang yg pergi ke Sinagoge dan Gereja Protestan, lihat juga orang Kristen yg berdoa di rumah. Apakah ada cara menyembah Islam?? Kalau sifatnya personal dan exidentil (perayaan) sikap-sikap spontan seperti itu adalah dikarenakan suasana terdorong oleh kepenuhan Roh Kudus, bukan tata ibadah yg umum.
Jadi Ibadah Yahudi dan Kristen sudah jelas kepada Tuhan YHWH dan bukan itu yg perlu kamu persoalkan. Coba kamu bantu Bunda M, yg malu-malu menjelaskan dan menerangkan Alloh kalian apa atau yg mana sebenar-benarnya.
Tuhan YHWH atau Alloh ex Alloh Pagan Arab (Hubal).
GBU
hehehe kok malah tambah kejang-kejang ini si tong kosong.
HUBAL dan ALLAH <–hanya orang BUTA yang bilang sama
Tuhan adalah satu oleh sebab itu penyembahan hanya satu arah,gimana dengan agama kelen ke arah mana?timur,barat ,selatan,utara…. ginilah agama yg dibuat oleh tangan sendiri.
yahudi dan keristen selalu mengejek satu sama yg lain karena tidak mempunyai kesepakatan arah ibadah, jelaslah tidak ada logika.islam tetap unggul sampe akhir zaman,yg bathil akan lenyap untuk selama-lamanya.
overdosis sianida si budi, makin kacau dia he…he
Lgi mabook anggur kaya tuhan yhwh nya jg tuh bun…blum siuman…makanya ngawuuur…tooong seeeeng….hahahahaha
@Bunda M,
Dari komentar saudara seiman kamu #Pengamat Kristen, maka cukup jelas sebenarnya kamu ingin mengelabui seolah-olah kamu menunjuk Tuhan Para Nabi Israel, tetapi fakta tidak terbantahkan bahwa kamu sebenar-benarnya adalah penyembah Alloh ex Alloh Pagan Arab.
Sepintar apapun kamu menyembunyikan Allohmu, akhirnya ketahuan juga, dari komentar saudara seiman kamu yg tidak tahu dan tidak mengenal Tuhan YHWH.
Itu sebabnya sering saya tuliskan Tuhan kita BEDA dan Ajaran BERTOLAK BELAKANG.
GBU
jelas bedalah tuhan kita.
Tuhanku Maha Esa.
Tuhanmu itu ajaran pagan. ada yg di sorga, ada jalan2 di bumi, ada yang roh terbang2.
semoga mata mu bisa melihat
hanya orang buta yang bilang sama : HUBAL dan ALLAH
@budi tuhan lu siapa sih ??? yhwh bukannya tuhan yahudi, agama lu yahudi ato agama apa siiihhh ????
Kasihaaaan kamuuu budibudiiiii…tuhan ex pagan arab itu yg mana buktiiiin…jgn asal tongseeeeng…klo kalian kan udah jlas agama pgan dibalut dalam trinitas…artikelnya jg ada dsinisilahkan dibaca…
G’ perlu kamu bahas tuhan kami budi…tuhan kami jelas Allah SWT Tuhan yg Maha Esa tidak beranak dan di pernakkan apalgi di serupakan dengan ciptaannya…
Mending sampean pikirin tuhan kalian yg tersalib dan terhina…
Pikiran jg tuhan kalian yg lagi maboook…
Pikirin jg tuhan kalian yg kalah duel…
De el el….hehehehehe…
Budiiii….dasar mu apa kamu…dari adam smpai nabi trkhir Muhammad SAW…tuhan itu satu Allah SWT tdk beranak tdk diperanakkan apalgi di samakan dengan dalam bentuk apapun dari ciptaan nya…
Nah kamu sendri buktinya apa EX PAGAN ARAB…
klo tuhan mu budi yah iya…jelasjelas pagan dan itu fakta…silahkan baca2 artikel dsni…bukti kecil saja yesus lahir kapan…tgl 25 desember hahahaha.. silahkan dibaca sejarah tersebut…
Yang disempurnaka (dirobah) oleh Muhammad adalah Alloh Pagan Arab, yg dulunya punya anak dua jadi dipilih satu aja dewa tertinggi. Yaitu Dewa Hubal yang disebut Alloh oleh orang-orang Arab. Lambang Dewa Hubal adalah : Bulan Sabit. Mana tahu Arab Saudi kalau lambang Bulan Sabit diganti dgn lafal Alloh di Indonesia dan mungkin juga mereka tidak persoalkan.
Tetapi ketika Arab Saudi menancapkan lambang Dewa Hubal Bulan Sabit dipuncak menara bangunan tinggi di Mekkah, semua umat Islam juga tidak ada yg perduli. Arab Saudi mana mungkin salah menentukan Alloh kalian siapa yg mau kalian sembah, karena sejarah Islam ada pada mereka dan Alquran dicetak di Arab Saudi.
Mungkin kamu dan semua umat Islam di Indonesia tidak rela menyembah Dewa Hubal, tetapi sudah melakukannya setiap hari.
GBU
dalil bud ??
kalau saya punya dalil bud.
@Setia Budi
nih orang kayak lagi mabok anggur oplosan empedu….hahaha…yang pagan itu dimana-mana tuhannya bersilsilah dan bagi-bagi kekuasaan…
ini Zeus apa bukan ya….
Kedua tangan-Nya diselubungi-Nya dengan kilat petir dan menyuruhnya menyambar sasaran. Pekik perang-Nya memberitakan kedatangan-Nya, kalau dengan murka Ia berjuang melawan kecurangan.” (Ayub 36:32-33)
Udah menyatakan perang kayaknya dengan patung-patung Yesus yang kesambar petir….hahaha
mulai budi kerasukan roh paulus, hebat euy si budi bisa ngoceh, perlu bantuan si astrid he…he
Hahahaha…budibudibudi…sejak kapan umat islam pnya dewa hubal…sejak kapan allah punya anak dalam islam…dalil nya mana…ksian kamuuu…klo mo hujjah sertakan dalil dan buktinya…jgn asal ngomong alias tooong seeeeng…klo sdh gitu namanya fitnah buuudi…pikirkan aja masalah tuhan mu yg tiga itu klo sdh d tdk bisa berhujjah…
Yang ditulis Setia budi ini sumbernya dari mana,yg ngarang siapa gak jelas .Persis tulisannya Mbak Sha Sha >>>>>> Pasti buku kurikulum wajibnya sama .
Saya pribadi sangat senang kalau seluruh umat Islam mau dan tidak lagi nyembah-nyembah Dewa Hubal 5x sehari ditambah plus-plus dan ritual Haji dan cium Batu Hitam.
Dewa Hubal dgn lambang Bulan Sabit adalah dewa tertinggi bagi bangsa Arab yang disebut dgn Al-illah (Alloh).
Menurut para peneliti sejarah di jajirah Arab Dewa Hubal adalah dewa tertinggi bangsa Arab dgn berbagai nama yg berbeda-beda di berbagai tempat. Ribuan artefak bergambar Bulan Sabit ditemukan di Kuil-kuil di Arab.
Untuk menyebutkan dewa tertinggi kata Alloh sudah dikenal bangsa Arab, terbukti dari nama Abdullah ayah Muhammad digunakan sebagai bukti ketaatan masyarakat Arab kepada Alloh. Abdullah artinya : abdi Alloh.
Kakek Muhammad Abdul Mutolib bekerja sbg penjaga Kabbah. Kabbah dikenal bangsa Arab adalah sebagai istana atau rumah bagi Hubal. Suatu hari Abdul Mutolib melakukan nazar yg pernah diucapkannya, dia berdiri di depan HUBAL dan berdoa kepada ALLOH untuk mempersembahkan unta dan manusia (Abdullah ayah Muhammad). Baca : Sirat Rasul.
Muhammad juga pernah mempersembahka daging yg disembelihnya yg dipersembahkannya kepada Dewa Uzza (anak Dewa Hubal). Pada saat itu Zayd mengingatkan Muhammad bahwa dia hanya mau makan daging yg disembelih dgn menyebut nama Alloh saja. Dari perkataan Zayd itu Muhammad tampaknya sadar bahwa hanya Allohlah yg wajib disembah sbg Alloh yg terbesar.
Dalam melaksanakan ritual agama barunya Muhammad mencontoh bulat-bulat penyembahan berhala Pagan Arab, solat, ritual Haji dan cium Batu Hitam adalah pemujaan kepada Pagan Arab. Bedanya Alloh Muhammad adalah Allohhuakbar (Alloh yg terbesar) sedangkan Pagan Arab Alloh yg terbesar punya istri (Manat) dan dua anak (Latta dan Uzza) beserta ratusan illah-illah di Kabbah. Itu sebabnya Umar sangat terkejut ketika hendak mencium Batu Hitam ketika melaksanakan ritual Haji. Baca: Hadis Sahi Bukhari.
Saat ini umat Islam berdiri menghadap kiblat ke rumah Dewa Hubal dan berdoa kepada Alloh (Alloh yg terbesar tanpa istri dan dua anak).
Sangat perciskan, dgn yg dilakukan Abdul Mutolib??
Itulah sebabnys saya sebutkan di atas, umat Islam tidak rela menyembah Dewa Hubal, tetapi sudah melakukannya setiap hari.
GBU
astagfirullah. ath kang baca quran sing bener. nabi ibrahim dan nabi ismail pbuh lah yg membangun kabah sbagai rumah allah, bukan untuk hubal cs. baru orng2 kemudian yg menaruh berhala disitu dan mereka sebelumnya menganut milah ibrahim. maka itulah mreka mengenal allah, bukan karena ajaran pagan. tp lama kelamaan masyarakat makkah mencampur baurkan ajaran tauhid ibrahim dan paganism dan mereka lah yg menaruh berhala di kabah.ingat bahwa orang pertama yg mendiami makkah adalah nabi ismail pbuh dan ibunya, siti hajar. oleh muhamad pbuh pada saat fatul makkah, smua berhala di kabbah d hancurkan. jd kabah pun fungsi nya kembali menjadi rumah allah seperti saat ibrahim dan ismail pbuh membangun kabah dulu, untuk menjadi rumah allah swt. dan tidak d temukan dalam alquran dan hadits rasulullah memakai lambang bulan sabit sbagai lambang islam. kami umat islam tidak memandang kerajaan saudi arabia sebagai islam. kami melihat alquran dan rasululah lah islam itu. kami tidak pernah mengkultuskan darah arab nya rasulullah. karena islam bukan arab. alquran dan rasulullah pun tidak pernah menyuruh kami mengkultuskan orang arab. jadi kalau kamu bilang kerajaan saudi tidak mungkin salah anda salah besar. saudi bisa salah karena mereka manusia bukan nabi. ingat sekali lagi walaupun rasulullah orang makkah tapi beliau tidak pernah menyuruh untuk mengkultuskan ras arab. jd kalau kami melihat ada orajg arab melarang kami shalat ya kami tidak ikuti, dan bila ada oang dengan baju batik dan blankon menyuruh kami mendirikan shalat baru kami ikuti. sis bunda maria punten kalo saya salah di perbaiki ya. trims