Tanya :

mohon tanyak ustad ini ada pertanyaan dari ogr krestenAhlul Kitab (ilustrasi).
159. Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (‘Isa) sebelum kematiannya [380]. Dan di hari kiamat nanti ‘Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.ANISA 159, jelas di sini semua ahli kitab termasuk ahli kitab quran nurkarim

kenapa berimannya pada ISA kog tdk beriman pada nabi muhammad saw??
knp tdk beriman pada ALLLAH saja??
krn menurut org kristen ISA memang manusia yg hakekatnya ALLLAH
dan banyak lagi yg hebat ayat tentang nabi ISA
ISA di sebut petunjuk hari kiamat,jalan yg lurus,yg terkemuka,termulia termasuk mukjizat yg belum ada tandingannya yaitu bikin makluk hidup (burung) dsb
kenapa jabatan yg luar biasa ini tdk di kenakan kepada nabi junjungan kita MUHAMMAD SAW??
aq sampai ga bisa jawab
mohon bantuannya unk menjawab sebelumnya manur nuwon kang ustad

Jawab :

 

1. Ahlul Kitab, siapa dia??

 

Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.(QS. 4:159)

Ahlul Kitab, siapa dia?

Berdasarkan petunjuk Alquran, ulama tafsir dan fikih sepakat menyatakan komunitas Yahudi dan Nasrani adalah Ahlul Kitab, sedangkan komunitas lainnya diperselisihkan. Dengan kata lain, setiap Alquran menyebut istilah Ahlul Kitab dengan berbagai istilahnya, maka yang dimaksud adalah Yahudi dan Nasrani baik secara bersama-sama mapun secara terpisah. Alquran menyebut kaum Yahudi dan Nasrani dengan panggilan Ahlul Kitab untuk membedakan mereka dari kaum penyembah berhala.

Imam  Syafi’I berkata   Ahl   Al-Kitab, adalah  orang-orang Yahudi dan Nasrani keturunan orang-orang Israel, tidak termasuk bangsa-bangsa lain yang menganut agama Yahudi dan  Nasrani.

 

2. kenapa Beriman kepada Nabi Isa? kenapa tidak kepada Nabi Muhammad saja atau kepada Allah saja

Definisi Iman

Iman adalah : pembenaran dengan hati, pengakuan dengan lisan, dan amal dengan anggota badan

dalam Islam  rukun Iman ada 6

أركان الإيمان ستة: أن تؤمن بالله ، وملائكته، وكتبه ، وباليوم الآخر ، وبالقدر خيره وشره من الله تعالى

" Adapun rukun iman itu ada 6,

  1. beriman kepada Allah, dan 
  2. beriman kepada malaikat-malaikatnya Alloh, dan 
  3. beriman kepada kitab-kitabNya, dan 
  4. beriman kepada para Rasul Nya, 
  5. beriman kepada hari akhir, dan 
  6. beriman kepada takdir baik dan buruk dari Alloh SWT

 

Pada Poin ke 4, disebutkan bahwa “ beriman kepada Rasul Allah”, siapa Rasul Allah itu?

Rasul  adalah utusan Allah yang jumlahnya ada 25, mulai dari Adam sampai Nabi Muhammad, Termasuk Nabi Isa didalamnya, akantetapi, Iman kepda Rasul Allah adalah meyakini bahwa mereka adalah Utusan Allah saja, bukan menjadikan dia sebagai tuhan dan bukan pula menjadikan  mereka sebagai sesembahan, sebagaimana umatnasrani selamaini

 

3. Apakah Isa adalah Allah???

Allah SWT berfirman

 

“Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai Isa putra Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?” Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakannya maka tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib-gaib”.

“Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (mengatakan) nya yaitu: “Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu”, dan adalah aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di antara mereka. Maka setelah Engkau wafatkan aku, Engkau-lah yang mengawasi mereka. Dan Engkau adalah Maha Menyaksikan atas segala sesuatu.”

“jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba Engkau, dan jika Engkau mengampuni mereka, maka sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Allah berfirman: “Ini adalah suatu hari yang bermanfaat bagi orang-orang yang benar kebenaran mereka. Bagi mereka surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya; Allah rida terhadap mereka dan mereka pun rida terhadap-Nya. Itulah keberuntungan yang paling besar”.
(QS : Al-maidah 116-119)

 

4. Mukjizat Nabi Isa

pada dasarnya, semua Rasul Allah memiliki Mukjizat yang berbeda beda, akantetapi semua itu terjadi atas izin Allah, tanpa izin Allah hal tersebut tidak akan terjadi, dalam Bible sendiri disebutkan bahwa Yesus itu tidak bisa berbuat apa apa

Yohanes 5:30 Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.

 

Silahkan pelajari lebih lanjut tentang Isa dalam Alquran, muali dari kakek Nabi Isa dampai Turunnya Nabi isa ke dunia disini