PERTANYAAN KETIGABELAS

Menguji iman Kristiani

Matius 17:20

Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Matius 21:21-22

Yesus menjawab mereka: "Aku berkata kpdmu, sesungguhnya jika kamu percaya & tdk bimbang, kamu bukan saja akan dpt berbuat apa yg Kuperbuat dgn pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kpd gunung ini: Beranjaklah & tercampaklah ke dlm laut! hal itu akan terjadi. Dan apa saja yg kamu minta dlm doa dgn penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya."

Markus 11:22-23

(22) Yesus menjawab mereka: "Percayalah kepada Allah! (23) Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! Asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya.

Lukas 17:6

Jawab Tuhan: "Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu."

Berdasarkan ketiga penulis Injil tersebut yaitu Matius, Markus dan Lukas, jika umat Kristen mempunyai iman walau hanya sebesar biji sesawi saja, maka mereka bisa memerintahkan kepada gunung dan pohon ara untuk pindah dari tempatnya. Hal ini merupakan ujian iman Kristen yang sangat mendasar, sebab jika tidak bisa dibuktikan, berarti iman umat Kristiani perlu dipertanyakan.

Kami sangat yakin bahwa setiap umat Kristiani di dunia ini akan mengaku bahwa mereka beriman kepada Yesus. Entahlah mereka mengimani Yesus sebagai Tuhan, sebagai Allah atau sebagai manusia atau sebagai nabi atau rasul, itu tidak masalah. Tetapi dapatkah dibuktikan bahwa apabila mereka mempunyai iman kepada Yesus walau hanya sebesar biji sesawi lalu mereka bisa memindahkan gunung dan pohon ara dari tempatnya?

Kalau benar-benar ada yang bisa mem-buktikan, kami sediakan uang tunai sebesar Rp. 10.000.000.- dan sebuah Honda Jazz akan menjadi miliknya.

Kalau ada yang hanya karena memiliki iman sebesar biji sesawi lalu dia bisa memindahkan gunung dan pohon ara dari tempatnya, maka dia akan menjadi orang yang paling terkenal. Bahkan bisa menjadi orang terkaya di dunia. Kenapa ? Sebab semua proyek-proyek besar yang menemukan kesulitan karena harus melewati atau memotong gunung, tidak perlu sulit lagi, sebab gunung tersebut dapat dipindahkan oleh orang yang beriman tersebut bukan? Memotong gunung atau meratakan suatu gunung apalagi gunungnya besar dan tinggi, tentu memerlukan waktu yang lama dan biaya yang sangat besar sekali. Kalau gunung-gunung benar-benar dapat dipindahkan, minimal akan memperpendek jarak tempuh suatu perjalanan, sebab tidak ada lagi jalan yang berkelok-kelok dan tidak perlu lagi jalan tanjakan, semuanya rata dan lurus. Nah dapatkan ayat tersebut dibuktikan?