Assalamu’alaikum wr. wb

Berikut ini adalah arsip perdebatan antara saudara kita Muslim, dg seorang nasrani  yang bernama Alo yang merupakan admin muslimharustahu.wordpress.com

Selamat menikmati dan semoga bermanfaat 🙂

 debat

Nb: WOWOWOWOWW. Arief, Kurnia, Budi, Catur adalah nama2 yang sengaja saya pakai. 

alo on August 17, 2013 at 7:44 am

@livia ulil…. baca dulu quran.. berapa kali nama Isa ditulis di sana? lalu baca alkitab..apakah nama muhammad ada tertulis di alkitab? sebab teman2 muslim minta jawaban yg rasional…. dan saya minta jawabannya pun rasional….

WOWOWOWWWW on August 18, 2013 at 3:14 am

@alo, emangnya kenapa kalau isa disebut sangat banyak di Qur’an?

Loh sekarang coba kamu cari tahu dulu mana kitab asli injilmu yang berbahasa asli ketika diturunkan kepada nabi isa. Bukan yang versi LAI, King james, ataupun berbahasa yunani, Pasti ada nama Ahmad. Lha wong nama asli Isa saja koq bisa menjadi Jesus? gimana kalau namamu Alo diubah jadi Gelo?
Yang lebih menggelikan nama Bapa disurga/ nama Tuhan menurut kristen bisa berbeda2, Versi Yunani: Theos, Versi Inggris: God, Versi LAI: Allah? nah yang ini ajah udah ga konsisten sudah jelas Allah itu nama Tuhan yang disembah orang2 yang beragama Islam, lha koq versi Indonesia (LAI) menerjemahkan jadi nama Allah sih?

alo on August 19, 2013 at 4:21 am

@WOWOWOWWWW : emangnya kenapa kalau isa disebut sangat banyak di Qur’an? karena dia memang Tuhan … sehingga begitu banyak nama isa disebut di alquran. karena Allah dan Nabi Muhammad mengetahui dengan jelas siapakah yang akan datang sebagai hakim di kiamat nanti.. dan itupun sudah tertulis di alquran yang dipegang oleh teman2 muslim. sedangkan mengenai Isa, itu sama dengan Yesus… kalo di Arab anda Sebut dgn nama Isa.. kalo di Israel disbut Yesus… karena memang dia adanya di Israel… sebagai contoh mungkin anda memakai nama saya Alo… utk sebutan di Indonesia… sedangkan di barat itu jadi Louis… artinya sama…tapi kondisi daerah berbeda… dan seperti anda katakan Allah dalam versi Yunani, Inggris memang berbeda..karena kondisi daerah dan bahasa yang berbeda tapi tetap memiliki arti dan makna yang sama… karena Tuhan yang kami sembah itu Tuhan yang Maha tahu… jadi kalo namanya di Yunani = Theos dan di Inggris = God serta di Indonesia= Allah, berbeda…tapi tetap sama artinya .. seperti penjelasan anda mengenai kata Tuhan. jadi Tuhan kami itu Tuhan yang mengerti banyak bahasa… berbeda dengan teman2 muslim..cuman Arab saja yang dikenal… seperti Ahmad…. kalo di Arab ..di Indonesia pun Ahmad… karena cuman satu bahasa itu…. padahal pengetahuan Tuhan itu luas tak terkira lho… kenapa hanya cuman sempit di Arab….? dan kalo anda meminta kitab asli dari injil…silahkan datang ke toko buku dan cari buku yang namanya Alkitab…disana anda akan menemukan kebenaran sejati….

Arief on August 20, 2013 at 12:47 am

jadi anda mengatakan isa banyak disebut di Qur’an karena ia Tuhan? jadi maksud anda yang disebut paling banyak di Qur’an itu mengisyaratkan dia tuhan/istimewa? betul begitu?

Hey bung Alo, nama Allah berasal dari bahasa Arab. sedangkan Tuhan dalam bahasa lain, God (inggris), Theos (yunani), Yahweh (ibrani) dan Tuhan (Indonesia) paham tidak?
coba deuh cek kamus/google terjemahan
Jadi intinya terjemahan LAI itu nyeleneh dan menyimpang, karena sudah rahasia umum kalau Allah adalah nama Tuhan orang Islam yang asal namanya dari bahasa arab. Dalam bahasa Indonesia nama tuhan ya tetap Tuhan walau diterjemahkan dari bahasa apapun.

alo on August 21, 2013 at 2:50 am

@Arief : betul sekali bung Arief…. Isa sangat istimewa karena dia Tuhan, kalo bukan Tuhan, kenapa harus menjadi hakim di kiamat nanti? itu ada dlm alquran lho… tolong di baca baik2, dgn hati yg dingin dan nurani yg jernih.

oke.. berarti LAI dan orang Kristen tidak boleh menggunakan kata Allah.. karena kata ini milik muslim. tapi menurut alquran ….Muhammad berkata kepada orang-orang Yahudi dan Kristen, “Tuhan kami dan Tuhanmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya berserah diri” (Qs 29:46). Lalu menurut Mas Arief.. ini maksudnya apa?

Arief on August 22, 2013 at 12:45 am

hahahahaha… itu menunjukkan kedangkalan ilmu bung alo terhadap agama Islam dan Al Qur’an, klo begitu coba kalau menggunakan logika berpikir anda. bahwa yang sering disebut di Qur’an adalah yang istimewa, SETAN lebih banyak disebut daripada ISA. Coba anda hitung sendiri. Berarti setan jauh lebih Istimewa daripada ISA.

Loh berarti anda mengakui dong kalau LAI salah terjemah. Kalau kitabnya sudah salah kenapa anda masih percaya pada kitab itu? lalu siapa dong nama Tuhan sebenarnya? GOD? Theos? Yahweh? Allah? Yesus? Kalau namanya ajah udah tidak jelas. mengapa masih anda sembah?

Bro ingat baca Qur’an jangan dipotong2 dan setengah2. jika anda mereferensikan Qur’an sebagai hujjah untuk membenarkan pendapat anda tentang kebenaran nama Tuhan maka anda harus beriman dengan Qur’an. lihat baik2 lengkapnya surat Al Ankabut (29) ayat 45-47:

45. Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. 29:45)
46. Dan janganlah kamu berdebat dengan Ahli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik, kecuali dengan orang-orang zalim diantara mereka , dan katakanlah: “Kami telah beriman kepada (kitab-kitab) yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepadamu; Ilah kami dan Ilahmu adalah satu; dan kami hanya kepada-Nya berserah diri”. (QS. 29:46)
47. Dan demikian (pulalah) Kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Qur’an) maka orang-orang yang telah Kami berikan kepada mereka Al-Kitab (Taurat) mereka beriman kepadanya (Al-Qur’an) 1156; dan diantara mereka (orang-orang kafir di mekkah) ada yang beriman kepadanya. Dan tidak adalah yang mengingkari ayat-ayat Kami selain orang-orang yang kafir. (QS. 29:47)

lihat baik2 artinya siapa orang2 Ahli kitab yang dimaksud? apakah kristen dan yahudi sekarang?
ok jika anda merasa ahli kitab yang dimaksud surah tersebut maka anda harus:

1. beriman kepada 1 Tuhan yaitu Allah saja, bukan yesus, roh kardus, dll dan berdzikir serta berserah diri padaNya
2. Dirikanlah salat
3. Bacalah kitab yang diturunkan kepada nabi Muhammad yaitu Al Qur’an
4. Imbas dari pernyataan nomor 3, iman bahwa Muhammad SAW adalah rasul Allah

Nah jika anda seperti pada ayat 47 tidak mau beriman dan mengingkari ayat2Nya maka anda adalah orang KAFIR

alo on August 22, 2013 at 8:46 am

hahaha bung Arief… saya juga terkekeh… kalo anda bilang setan paling banyak disebut..lalu apakah namanya disebut kitab setan? hati2 lho..dalam menjelaskan. jangan sampai ditafsir lain. kita kan mengulas tentang Isa bukan tentang setan bung…. berarti anda mengiyakan ayat tersebut kan? kami orang kristen beriman hanya kepada 1 Tuhan saja. saya sudah membaca ayat2 alkitab..tapi tidak pernah menemuka rujukan utk orang yg percaya kepada Yesus melakukan seperti pada point 1-4 dalam penjelasan anda. trus pada point 3 dapatkah anda menjelaskan siapa yg menyaksikan kitab alquran di turunkan kepada nabi Muhammad. karena sesuatu perlu kesaksian dan penguatan seperti alkitab menulis tentang kedatangan Yesus untuk menebus dosa dunia… sebelum Yesus lahir sudah ada nubuatan…begitu Dia lahir digenapilah nubuatan itu…bukan hanya pengakuan saja….tapi ada buktinya…sekali lagi bung..ayat 47 seperti tulisan anda… bukan kami mengingkari..tapi tidak kami kenal..karena tidak ada rujukannya di alkitab…

Arief on August 22, 2013 at 10:50 am

Loh khan saya bilangnya berdasarkan logika anda. coba cek sendiri. saya bertanya pada anda, jadi apabila Isa banyak disebut di Qur’an maka Isa itu adalah istimewa/tuhan? Jadi logikanya yang banyak disebut di Qur’an adalah yang istimewa. Dan anda mengiyakan loh. Tapi sayangnya ternyata ada yang lebih banyak disebut di Qur’an daripada Isa, yaitu Setan. Jadi setan lebih istimewa dong daripada Isa? itu logika anda, bukan saya.

Anda menggunakan rujukan Qur’an untuk membenarkan hujatan anda. Bahkan menggunakan surah 29 yang jelas2 tidak ada hubungan sama sekali dengan pertanyaan saya bahwa kenapa nama tuhan di kitab anda versi LAI pakai nama Tuhan agama kami, padahal terjemahan versi Inggris dan yunani saja tidak ada yang menggunakan nama Allah. dan jika LAI konsisten harusnya menggunakan Tuhan, bukan Allah.

Loh kenapa anda malah memperlebar masalah ke siapa saksi bahwa wahyu itu diturunkan ke nabi Muhammad? Tidak ada gunanya jika saya bahas disini. Kalau mau lebih tahu masuk saja ke grup2/forum2 yang membahas tentang hal itu.

Yang saya heran jelas2 anda menggunakan referensi Qur’an yang sepotong2 untuk pembenaran argumen anda bahwa kenapa nama tuhan anda malah meniru2 nama tuhan kami padahal . Saya sudah menjelaskan bahkan memperlihatkan ayat tersebut dengan lengkap. Tapi anda malah menambah perdebatan baru yang tidak perlu.

Yang jelas Qur’an banyak menyebut nabi Isa, bukan berarti Isa itu istimewa bahkan bisa dinisbatkan menjadi Tuhan. Tidak ada umat Islam baik dari zaman Nabi Muhammad sampai sekarang yang menyembah Isa namun Isa adalah Nabi dan Rasul Allah Tidak lebih.

Anda bilang percaya 1 tuhan? Memang siapa nama Tuhan Anda? Allah? Yahweh? God? Theos? Yesus? Isa? Roh Kudus? Bunda Maria (jika Katolik)?

Kalau anda pakai teori trinitas, tetap saja bukan 1 tuhan tetapi 3 Tuhan. sama saja dengan trimurti (Brahma, Siwa, Wisnu) orang Hindu. heran kok bisa sama sih konsep ketuhanan kristen dengan Hindu?

*1 hal lagi coba anda baca Qur’an, cari 1 saja surah/ayat yang mengatakan bahwa Isa adalah Allah maka sembahlah Isa? Karena Statement tersebut sangat penting untuk mendukung ketuhanan Isa. Jangan dipotong2 apalagi diterjemahkan/diganti seenak udelnya anda. Karena saya punya referensi Al Qur’an yang sama. jadi tidak ada kebohongan/kecurangan dalam memberi informasi.

alo on August 22, 2013 at 2:22 pm

Arief : kalo anda mengatakan Surah 29 itu tidak ada kaitannya? kenapa harus tertulis demikian yah… apakah anda menyangkalnya..padahal Muhammad sudah mengatakan Illahmu dan Illahku adalah sama. kalo menurut anda Tuhanmu bernama siapa (menurut arab)..kalo Indonesianya apa?….karena saya menggunakannya dalam bahasa Indonesia…

Itu bukti bahwa Isa itu yang terkemuka dari Nabi Muhammad…makanya alquran menyebutnya lebih banyak…itu sudah di akui oleh nabimu dalam alquranmu… dan masih banyak lagi pengakuan alquran terhadap nabi isa… tidak usah saya sebutkan ayatnya…nanti anda bilang sepotong-sepotong lagi. padahal sudah sangat jelas…

Tuhannya orang kristen.. 1… trinitas… kalo anda bilang 3… berarti anda yg ga nyambung..karena tidak mengerti alkitab.. dengan benar….
kalau punya alkitab lihat di I Yoh 5 : 7-8
‘Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga Bapa, Firman dan Roh). dan ada 3 yang memberi kesaksian di bumi (roh, air dan darah) dan ketiganya adalah satu.
saya jelaskan trinitas biar anda ngerti :
di ayat ke 8 disitu ditulis roh, daran dan air…ketiganya adalah satu? pahamkah? kalao belum paham… saya lanjutkan lagi…biar logika trinitasnya jelas….

Roh = kehidupan/nafas pada manusia
darah = tubuh manusia membutuhkannya untuk menopang kehidupan
air = tubuh manusia 90% adalah air

ketiganya adalah satu.. tidak terpisah2… makanya ada kehidupan yang disebut manusia…

tolong anda renungkan baik2 baik memberi sanggahan tentang trinitas

sudah jelas bung… quran itu memuat Isa yg adalah Tuhan dan juruselamat..sementara… alkitab tidak memuat sedikitpun tentang nabi muhammad… ini yg meragukan….

Budi on August 23, 2013 at 12:44 am

coba anda lihat baik2. anda khan bilangnya bahwa ayat itu Muhammad berkata kepada orang-orang Yahudi dan Kristen. Nah ini saja anda sudah salah tafsir. Jelas2 yang disebut adalah Ahli kitab bukan yahudi dan kristen. Beda bung penafsiran antara Ahli kitab dan yahudi-kristen.

Kalau pun anda ngotot ingin disebut Ahli Kitab, coba apakah anda sudah mengerjakan apa yang dikatakan oleh ayat tersebut?

Ada jelas2 kesalahan anda dalam membuat pernyataan:

1. Anda mereferensikan Al Qur’an untuk pembenaran bahwa Tuhan kita sama dan satu. Jadi Jelas anda secara langsung sudah beriman akan kebenaran Qur’an, Am I wrong?
2. Kalau anda berlogika bahwa Isa sering disebut di Qur’an sehingga layak disebut Tuhan, Loh berarti anda mengiyakan bahwa Qur’an adalah Wahyu yang harus diimani. Jika anda tidak mengiyakan tentu anda tidak usah mempercayai ayat2 Qur’an untuk pembenaran ketuhanan Isa,
3. Tetapi lucunya anda meragukan bahwa Qur’an itu bukan wahyu karena tidak ada saksi yang membuktikan Qur’an diturunkan ke Muhammad. Lalu kenapa anda jadikan referensi untuk mendukung ketuhanan isa?

Jelas2 kami umat Islam tidak menuhankan Isa. Tidak ada Statement apapun di Qur’an yang menyuruh kami untuk menyembahnya. Tetapi untuk memuliakannya sebagai seorang nabi seperti nabi muhammad.

Anda mengatakan Al Qur’an kitab setan? Wong itu khan saya sudah bilang berkali2, itu logika anda bukan saya. Saya tidak berlogika nyeleneh seperti anda bahwa yang sering disebut layak diistimewakan, nyatanya setan jauh lebih banyak disebut daripada Isa. Bukan karena setan lebih Istimewa. Karena Setan adalah musuh manusia yang harus diwaspadai wajar lebih banyak disebut. Coba cari saja deuh ayat Qur’an yang statementnya setan adalah yang harus disembah? Sekali lagi itu logika nyeleneh anda bukan saya.

alo on August 23, 2013 at 2:22 am

@Budi: kalo penafsiran ahli kitab beda dengan yahudi dan kristen..lalu siapakah ahli kitab itu? anda bisa jelaskan? dan siapa yg sudah punya kitab sebelum nabi muhammad dan islam?
Utk point 1&2 : saya tidak mengiyakan… dan menyetujui…dan juga tidak perlu mengimani.. karena iman saya hanya kepada Yesus sang Mesias..Anak Tuhan yang hidup… tapi kan sudah jelas … ada tertulis di alquran saudara…. apakah anda mau mengingkarinya? jangan bolak balik logikanya

silahkan islam tidak menuhankan Isa… itu hak saudara… tapi yg pasti Dia adalah Tuhan menurut kami Orang Kristen untuk menebus dan membebaskan dosa dunia tanpa kecuali….

Point 3 : saya tidak perlu mereferensi.. untuk mendukung ketuhanan Isa… tapi itu kan tertulis dalam kitab saudara…
makanya jadi aneh bin lucu..jika anda mengatakan itu referensi…
salah besar bung….
kalo dia ga tertulis di sana..ga perlu saya ngambil..gitu kan?

Wajarlah Isa paling banyak disebut karena Dia memang istimewa. Itu sudah jelas bung.. hanya anda saja yg sering bolak balik utk berlogika. padahal sudah nyata dan jelas… Yesus adalah Tuhan sang Penebus Dosa manusia. karena Dia hadir membawa banyak mukjizat. orang mati dibangkitkan, orang tuli bisa mendengar.. orang buta bisa melihat… apakah anda masih ragu bahwa Yesus itu adalah Tuhan? renungkan baik2.. dan tidak usah cetuskan logika.. yg ga nyambung….

Asep on August 26, 2013 at 7:41 am

waduh bung. Sudah jelas anda sangat kontradiktif dan iirasional.
Anda khan menuduh kalau di Qur’an Isa banyak disebut sehingga ia layak disebut istimewa dan juga tuhan. Jadi logika anda yang banyak disebut pantas diistimewakan bahkan diklaim sbg Tuhan. Nah makanya dengan logika anda, saya kasih tahu anda ternyata ada yang lebih banyak disebut daripada nabi Isa di Qur’an yaitu SETAN. Jadi dengan logika anda tersebut dapat dikatakan bahwa setan lebih istimewa dari Isa yang anda sembah. Benar begitu khan? Itu berdasarkan logika anda Loh

Selain itu anda mereferensikan Qur’an sebagai pembenaran ketuhanan Isa. Nah itu artinya anda percaya dengan pemberitaan Qur’an. Tapi di sisi lain anda meragukan keabsahan Qur’an yang diturunkan oleh nabi Muhammad. Bukankah jelas ini kontradiktif. Harusnya ga percaya sepenuhnya atau percaya sepenuhnya. Soalnya ini masalah ketuhanan loh.

Ahli Kitab adalah orang2 Bani Israel yang percaya akan Ketauhidan (Keesaan) Allah, yang diberi kitab dari nabi2 terdahulu sebelum nabi Muhammad. Jadi kalau anda bukan Bani Israel yang mengESAKAN Allah jelas bukan ahli kitab yang dimaksud. Apakah anda benar2 mengeesakan Tuhan menurut Qur’an:
1. “Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam”… (Al Maidah (72)
2. “Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga”.” (QS. Al-Maidah: 73)

Bagaimana anda bisa menceritakan tentang trinitas secara logika? ada 3 saksi tetapi mereka adalah satu.
Logika matematika saya saja sudah gatal akan hal ini. ada 3 saksi tetapi mereka adalah satu. 3=1.

atau 1 + 1 + 1 = 1,

atau:

saya, alo dan daniel (3 orang) memberikan kesaksian, tetapi saya, alo dan daniel adalah satu individu/satu personal
ini mah tak lebih hanyalah dogma dan doktrin semata.

Asep on August 26, 2013 at 7:54 am

Anda menuduh Qur’an mengklaim ketuhanan Isa. Coba tunjukkan Mana Ayat di Qur’an yang Statementnya : “Sembahlah Isa karena Isa Tuhan dan Isa adalah Allah.” Atau Statement yang serupa?
Jika anda tidak bisa menunjukkan maka tuduhan anda tidak berdasar dan jelas tidak pernah buka2 Qur’an bahkan mnegerti Qur’an. Heran ada orang yang tidak tahu apa2 Qur’an. tetapi sok2 tahu seakan2 dia menguasai Qur’an.

Nah saya tantang anda untuk menunjukkan mana kitab Asli Injil anda yang berbahasa Asli ketika diturunkan kepada Nabi Isa?
Ingat seperti pembicaraan kita sebelumnya. LAI jelas2 salah besar menerjemahkan nama tuhan dengan nama Allah. Seharusnya umat kristen di Indonesia membuang saja kitab2nya yang versi LAI karena memakai nama Tuhan orang agama Islam.

alo on August 27, 2013

@asep : Saya tidak berlogika bung Asep. saya hanya menyampaikan fakta. lagipula anda bilang saya menuduh alquran menulis tentang Isa, itupun tidak benar… karena yang ada adalah kenyataan.

hhahaaaaa …… lucu ya… saya yang menantang anda untuk menunjukkan injil yang asli, karena pernyataan anda bahwa injil palsu, bible palsu dsbynya… malah anda balik menantang saya?

Mengenai kata Allah, yang digunakan oleh LAI, itu ada alasannya. yang kalau saya jelaskan.. cukup panjang dan memakan waktu untuk menulisnya…. karena LAI menggunakan kata Allah ini tentunya berdasarkan perjalanan sejarah Indonesia, dan juga ada beberapa padanan kata dalam bahasa ibrani Ellohim, Eloah, sepadan dgn EL, ILU dan ILAH. sehingga tidak dipungkiri bahwa kata2 ini untuk penyebutan sesuatu yang sifatnya lebih tertinggi.

kalau anda jeli melihat alquran, pastilah akan mendapatkan ayat2 yang merujuk kepada Isa… seperti Dia (Isa) akan menjadi terkemuka di akhirat…..
ini saja sudah jelas…. kalau bukan Tuhan kenapa Dia harus menjadi terkemuka? lalu … Isa akan datang pada kali yang ke 2 di akhir zaman untuk menjadi hakim yang adil untuk anda dan saya…. sebenarnya …. kalau kita mau berpikir jernih… apa sih … hebatnya Isa … koq menjadi terkemuka di dunia dan akhirat dan juga datang sebagai hakim yang adil …. ini adalah sifat ke-Tuhan-an yang dimiliki Isa…. dan tidak bisa dipungkiri….

Tuhannya orang kristen.. 1… trinitas… kalo anda bilang 3… berarti anda yg ga nyambung..karena tidak mengerti alkitab.. dengan benar….

kalau punya alkitab lihat di I Yoh 5 : 7-8

‘Sebab ada tiga yang memberi kesaksian (di dalam sorga Bapa, Firman dan Roh). dan ada 3 yang memberi kesaksian di bumi (roh, air dan darah) dan ketiganya adalah satu.
saya jelaskan trinitas biar anda ngerti :
di ayat ke 8 disitu ditulis roh, daran dan air…ketiganya adalah satu? pahamkah? kalao belum paham… saya lanjutkan lagi…biar logika trinitasnya jelas….

Bapak = pencipta
Anak (Firman) = menggenapi janji-jani Bapa
Roh kudus = penolong, pemberi hidayah…. penuntun

ketiganya adalah satu

Yoh 10:30 = Aku (Isa/Yesus) dan Bapa adalah satu

kalau anda memakai logika saya, alo dan danial… tidak benar … karena hakekatnya adalah ketiga unsur yaitu roh, darah dan air yang menyatu dalam satu wadah…..

logikanya adalah seorang manusia memiliki 3 unsur :

1. roh
2. darah
3. air

Di dalam diri bung ASEP … ada 3 unsur ini. nah pertanyaan saya… apakah ke-3-nya terpisah2?.
rohnya bung Asep terpisah…..
darahnya bung Asep terpisah…
dan tubuhnya bung Asep terpisah… apakah disebut Asep?

jelas tidak bisa…. karena unsur-unsur itu tidak akan berfungsi apabila tidak menyatu.

Roh, air dan darah..itu harus menyatu..makanya hiduplah manusia yang namanya ASEP… lalu berkomentar d kolom ini… itulah logikanya…. logika Trinitas itu sebenarnya sederhana dan mudah dimengerti. tapi teman2 yang mengartikan sangat rumit… akhirnya bingung.

Asep on August 27, 2013

@Alo
Dari awal saya sudah memancing saudara dengan pertanyaan, “emang kenapa jika Isa banyak disebut di Qur’an?” Kata anda karena Isa adalah Tuhan. Lalu saya tanya lagi, “Jadi anda mengatakan isa banyak disebut di Qur’an karena ia Tuhan? jadi maksud anda yang disebut paling banyak di Qur’an itu mengisyaratkan dia tuhan/istimewa? betul begitu?” Dan anda mengiyakannya. jadi jelas dari sini anda berlogika jika yang banyak disebut di Qur’an adalah tuhan dan istimewa. Ternyata Logika anda jelas terbantahkan karena masih ada yang lebih banyak disebut selain Isa, contoh Setan. jadi dari logika anda Isa yang anda sembah kurang istimewa dari pada Setan.

Sekarang anda berdalih bahwa itu fakta di Qur’an bahwa Isa adalah Tuhan/Allah. Nah apa anda tidak melihat surat Al Maidah yang saya tuliskan:
“Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putra Maryam”… (Al Maidah (72)
“Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga”.” (QS. Al-Maidah: 73)
Dan masih banyak lagi surah dan ayat yang menolak bahwa Isa adalah Tuhan. Bahkan anda berdalih dengan ayat2 tertentu yang sebenarnya jika dijelaskanpun mengarahnya bahwa Isa tak lebih dari NABI dan RASUL.
Ini sudah FAKTA dalam Al Qur’an Loh bung. Coba saja lihat Hadits yang anda banggakan bahwa Isa adalah seorang hakim yang ADIL:

“Demi Allah yang jiwaku dalam tangan-Nya. Sesungguhnya telah dekat masanya Isa putera Maryam akan turun di tengah-tengah kamu. Dia akan menjadi hakim yang adil, akan dihancurkannya salib, dibunuhnya babi, dihapuskannya pajak dan kekayaan akan melimpah ruah, sehingga tidak ada seorang pun lagi yang bersedia menerima pemberian” (HR. Muslim No. 127)
ini jelas2 menohok kekristenan anda. Karena jika memang benar Isa=Tuhan orang kristen kenapa ia menghancurkan Salib? Bahkan dengan hancurnya salib itu menisbahkan Isa menjadi Hakim yang adil.
Sudah berapa banyak sih orang2 yang disebut sebagai Hakim yang Adli? Hakim Bao, Nabi Sulaiman, Nabi Daud, dsb. tetapi kita tidak sampai menisbahkan mereka jadi Tuhan. Karena Tuhan Bukan hakim yang adil tetapi HAKIM YANG MAHA ADIL.

Loh kenapa dengan LAI yang berhubungan dengan sejarah Indonesia. Apakah itu berarti LAI menggunakan cara2 para penjajah Indonesia untuk memurtadkan Bangsa Indonesia yang beragama ISLAM? Saya tertarik karena memang bangsa Eropa sudah melakukan ekpansi baik berupa kolonialisme dan imperialisme yang mana dengan 3 dasar/asas 3G. (Gold =mencari kekayaan), Glory = mencari kejayaan, GOSPEL=pemberitaan Injil/kristenisasi) Jadi bagaimana bisa menjadi Allah? sedangkan versi Inggris dan Yunani tersebut tidak satupun yang menggunakan nama Allah. Jika bersikukuh dengan bahasa Ibrani kenapa tidak memakai istilah tersebut (Elohim, Eloi, dsb) malah menjadi Allah. Jelas Allah itu bahasa Arab bung bukan bahasa Indonesia/Ibrani. Harusnya Konsisten dong dalam penamaan Tuhan. Jika Nama Tuhan saja sudah simpang siur lalu anda menyembah sama siapa?

Coba anda tanya sama orang Islam di dunia. siapa nama Tuhannya, saya yakin semua menjawabnya Allah. tidak Tuhan, tidak GOD, Tidak THEOS, Tidak Yahweh.
Coba ditanyakan sama semua orang kristen di dunia, pasti jawabannya simpang siur. ada yang JESUS, ada yang YHWH, ada yang GOD ada yang THEOS, dsb. Jadi mana nama Tuhan yang HAKIKI kalau begitu?

Masalah trinitas, terlihat anda menggunakan logika yang dipaksakan.
Manusia terdiri dari 3 unsur (DARAH, ROH, AIR) jadi jika ada 1 unsur yang tidak ada maka apakah bisa disebut manusia?
Saya tambah lagi, saya manusia ternyata unsur yang saya punya tidak cuma DARAH, ROH ,AIR. Saya ada Daging. ingat daging dan darah itu tidak sama. yang satu wujudnya cair yang satu wujudnya padat. Saya juga ada Tulang.
Jadi saya sangat heran ternyata Bung Alo itu hanya terdiri dari 3 unsur saja kalau begitu? ga punya tulang, ga punya daging,dsb

Oke kembali ke masalah trinitas. Jadi seperti yang saya katakan jika ada 1 makhluk/individu terdiri dari 3 unsur yang berlainan. maka jika tidak ada 1 pun unsur yang melengkapi maka tidak mungkin ada 1 makhluk itu. Berarti BAPA, PUTRA, dan ROH KUDUS jika tidak ada 1 saja unsurnya maka tidak pantas menjadi Tuhan. Betul begitu?

Masalah kitab injil yang asli. Justru sangat aneh jika anda meminta saya untuk menunjukkan mana injil yang berbahasa ASLI ketika diturunkan kepada ISA. Lha wong saya bukan pemeluk agama kristen dan kitab saya adalah Qur’an. harusnya anda yang sebagai pemeluknya yang setia yang memilikinya.
Contoh jika anda meminta saya tunjukkan Al Qur’an yang berbahasa Asli ketika diturunkan kepada Muhammad. tuh saya punya, semua orang Islam pasti punya.
Kenapa diminta injil yang berbahasa Asli. Supaya tidak ada namanya salah terjemah seperti injil versi LAI. nama Tuhan saja sudah ngaco.
Logikanya begini, jika ada naskah yang berbahasa asli, lalu diterjemahkan kedalam bahasa2 lain, kemudian terjadi kontradiksi, maka tentu harus kembali merujuk kepada teks berbahasa aslinya. Benar begitu bung Alo?
Nah sekarang saya ingin membuktikan mana nama tuhan kristen yang bener. Allah? GOD? YHWH? ELOHIM? THEOS? dsb.

alo on August 27, 2013

Terima kasih… bung…
Tapi saya mau tanya … kalo Dia ga istimewa … kenapa selalu disebut…. karena terus terang di alkitab kristen tidak ada rujukan tentang nabi Muhammad. sehingga ketika di kitab lain, Nabi Isa itu banyak disebut… berarti Dia lebih di atasnya kan? istilah orang … tidak asap kalau tidak ada api.. dan tidak ada hujan kalau tidak ada awan….

tentu ada sebab musabanya bung…. istilah orang … ada sebab akibat ….. tentunya itu …. sebab ….karena Isa (Yesus) itu Tuhan…akibatnya … Dia sebut di kitabmu itu berulang kali…. sehingga isa itu disebut Kalimat Allah (firman),… lalu yang terkemuka di dunia dan akhirat …. lalu hakim yang adil…. jelas ini
saya kira penjelasan ini saja sudah terang benderang koq….

Dan untuk trinitas ini sudah sangat jelas,dan logikanya masuk akal.
dan bung Asep tidak perlu tambahkan daging…kenapa? daging itu sudah ada dalam tubuh, begitupun tulang. …. semuanya masuk dalam unsur air… karena ilmu pengetahuan mengatakan 90% tubuh manusia adalah air.
dan saya kira sudah cukup jelas koq bung….
semua unsur itu menyatu… ga ada terpisah. sebab kalo satu unsur saja terpisah… maka tidak akan ada kehidupan……. logis bung…..
makanya kalo anda mengatakan Tuhan nya orang kristen adalah 3.. berarti tidak benar…..hanya ada satu Tuhan, Bapa di surga yang empunya segala-galanya.

seperti yang sudah saya jelaskan terdahulu…. Tuhan yang disembah orang kristen adan Tuhan yang Maha Tahu…. jadi dimanapun injil itu ada, maka diterjemahkan sesuai bahasa setempat.. maksudnya untuk mudah dipahami dan mudah dimengerti….
kan ini ada maksudnya… kenapa dekat dan mudah dijangkau… karena orang kristen menyebut Tuhan itu Bapa…
Yesus (Isa) menyebut Tuhan itu Bapa… berarti sesuatu yang paling dekat dan sangat bersahabat… dan menjadi bagian dari dirinya sendiri.
bukan merampas Tuhannya orang lain…. tapi hanya semata-mata untuk mudah dimengerti.
dan seperti penjelasan di atas bahwa Elohim, Eloah… dalam pelafalannya sepadan … atau sama dengan …. makanya bisa juga disebut Allah ….dan kalo Allah bukan bahasa Indonesia …
Bung Asep menyebutnya dalam pelafalan Aulloh…. bukan Allah kan?.

Kalo anda bukan pemeluk agam kristen, tapi anda bilang injil palsu.. berarti sama saja…. bung Asep…
saudara tidak mengerti injil yang sebenarnya tapi mengatakan palsu… apakah itu bukan berSAKSI DUSTA?
kepalsuan menurut anda… adalah hanya pada Isa… kalo kristen mengatakan Dia Tuhan sementara anda dan kaum Islam mengatakan Dia hanyalah nabi…. tapi dari berbagai referensi di kitab anda itu menguatkan kalo dia Tuhan…. yang mana tidak perlu saya bentangkan ayat2nya karena ada pihak lain yang mengatakan sepotong-sepotong. tapi itu nyata lho bung….

dan ketika anda mengatakan injil dan taurat itu palsu …. kenapa yah …. Tuhan tidak menurunkan satu kitab … yang menulis dari taurat, injil, yang sebenarnya …..padahal Alkitab sekarang yang beredar dan dipegang oleh umat kristen adalah asli dan tidak bisa diubah oleh siapapun.
Matius 24 : 35 = Langit dan bumi akan lenyap, tetapi perkatanaan-Ku tidak akan berlalu

sebab alkitab itu sudah sangat jelas …..
Yesus mengatakan ‘Aku bukan datang untuk menghilangkan taurat, tapi untuk menggenapi… bukan menyalahkan taurat atau bahkan menyatakannya palsu….

Mohon penjelasan ….

kalau Bung Asep mengatakan Taurat dan injil adalah palsu… coba bung jelaskan ke saya … kira2 menurut alquran 10 hukum Musa itu bunyinya gimana.. salah satu saja.. biar kita konfirm.. apakah di alkitab itu berbeda dengan yang diketahui oleh bung Asep. karena anda mengimani nabi Musa

Namanya mau apa saja, seperti yg anda jelaskan panjang lebar di atas… tetap saja fungsinya satu.. yaitu sesembahan….
Itulah kebesaran Tuhan nya orang kristen….
menjangkau alam semesta seutuhnya …. bukan hanya satu wilayah tertentu. jadi kalo bung Asep bilang kontradiksi..tidak benar.. karena nama itu diterjemahkan sesuai bahasa lokal setempat…. tetapi tetap saja itu adalah Tuhan pencipta langit dan bumi …..
lalu juga kenapa Tuhan harus menciptakan manusia di seluruh dunia ini dengan berbagai suku dan bahasa … lalu tiba2 Tuhan hanya tahu satu bahasa saja.. ini yang aneh….

Catur on August 27, 2013 at 10:18 am

@Alo
Saya rasa percuma saya berdiskusi dengan anda di sini. Karena Jelas dari awal saya intinya adalah menanyakan tuduhan anda yang jelas2 tidak ada faktanya di Qur’an. hanya prasangka anda semata. Saya tanya kemana, anda pun jawabnya kemana?
Sepertinya sudah banyak fakta yang saya utarakan. dan saya malas karena lama2 anda melebar ke arah yang sebenarnya tidak perlu di bahas di sini.

Toh jelas anda hanya bicara berdasarkan opini tanpa dasar.
Sudah saya bilang berkali2 bahwa jika Isa disebut banyak di Qur’an bukan berarti dia istimewa, karena jika memang banyak2an yang jadi parameter. ternyata banyakan nama setan yang disebut oleh Qur’an ketimbang Isa. Jika Isa banyak disebut wajarlah karena Isa adalah nabi sebelum Muhammad. Dan juga nabi yang masanya lebih dekat dengan Muhammad. Dan sekali lagi Isa hanya Nabi dan Rasul bukan tuhan.
Toh tidak ada statement di Qur’an yang mengatakan bahwa Isa adalah Allah maka sembahlah dia. yang ada statement pada Al Maidah. jadi secara Fakta Qur’an TIDAK mengatakan ISA=Tuhan=Allah. Paham?

Jelas umat Islam menggunakan nama Allah bung karena memang di Qur’an di Bahasa Asli nama Tuhan adalah Allah. Bukan diterjemahkan yah. Buat apa umat Islam ikut2an agama anda nama tuhan sudah tidak jelas karena korban terjemahan.

Loh saya khan bicara mana Injil yang berbahasa ASLI ketika ia diturunkan kepada nabi Isa? harusnya sebagai umat kristen yang setia pasti punya injil berbahasa Asli untuk rujukan. Karena seperti yang saya katakan, jika suatu naskah berbahasa Asli diterjemahkan ke bahasa2 lain maka ketika terjadi KONTRADIKSI pada terjemahan2 tersebut maka harus merujuk ke bahasa Aslinya.

Contoh saja:
Injil Matius 23 ayat 24 anda:
Versi terjemahan baru: ” Hai kamu pemimpin-pemimpin buta, NYAMUK kamu tapiskan dari dalam minumanmu, tetapi unta yang di dalamnya kamu telan.
Versi Bahasa Indonesia Sehari2: “Kalian pemimpin-pemimpin yang buta! LALAT dalam minumanmu kalian saring, padahal unta kalian telan!”

Mana yang benar: Lalat atau Nyamuk? itu baru bagian sedikit loh dari kitab suci anda. sangat banyak sekali ayat2 yang kontradiktif dari terjemahannya. makanya saya bertanya pada anda, mana injil berbahasa Asli ketika diturunkan kepada Nabi Isa? Jadi kekeliruan terjemahan bisa diatasi.

Kurnia on August 28, 2013

@Alo
1 hal lagi bung alo
Anda jelas2 menyesatkan dalam hal ilmiah. anda mengatakan 90% tubuh manusia adalah air. ini jelas2 sesat dan menyesatkan. karena kandungan air dalam tubuh manusia rata2 berkisar 60 %, sebanyak2nya 75 % itu pun pada bayi. Dari referensi mana anda dapat jika manusia 90% adalah air?

Tulang bukanlah termasuk air bung alo, karena tulang adalah persenyawaan dari kalsium dan mineral2 lainnya. Sedangkan daging adalah persenyawaan dari protein dan zat2 lain

Air merupakan pengisi pada organ tubuh. Jika anda berdalih bahwa ketiganya termasuk unsur air karena terdapat air dalam kandungannya. berarti darah juga masuk unsur air kalau begitu, karena darah pun juga mengandung air (sekitar 90% darah mengandung air).

Berarti jelas dari sisi ilmiah pun alkitab anda bertentangan dengan ilmiah, karena jelas manusia terdapat banyak unsur selain air, darah, dan roh.

alo on August 28, 2013

@saudara Catur : kalau anda bilang saya cuman berprasangka .. ya.. itu terserah anda bung…. saya hanya menyampaikan yang nyata dan fakta…itu saja….

disini saya rasa sudah cukup memberi penjelasan secara jelas… tapi bung Catur ..kalo mengertinya pakai logika ..yang memang ga akan pernah nyambung…. sebab kebenaran Alkitab tidak bisa diukur dengan logika. manusia yang sangat terbatas.

Bung Catur ini sepertinya orang yang sangat paham…. tapi hanya sengaja untuk melebarkan sesuatu yang sudah dipahami.

Dan kalo anda mengatakan itu hanya opini saya…. sebenarnya tidak betul juga..karena kalo yg namanya opini..itu berpendapat..mengeluarkan ide….

Dan apakah nama Isa yang terdapat dalam kitab saudara itu adalah ide/pendapat saya.. kan tidak…

Jikalau anda mengambil nats Mat 23 : 24
Jika anda mempersoalkan NYAMUK dan LALAT .. silahkan anda membacanya lagi dengan seksama….
tapi ini penjelasana saya :
maksudnya dari ungkapan Yesus terhadap orang Farisi adalah untuk mengecam mereka karena orang Farisi melakukan sesuatu yang tidak adil. contoh mereka (orang Farisi) mengambil pajak lebih besar dari orang yang tidak mampu….. sementara orang kaya (terhormat) sekedarnya saja.

ya seperti bangsa Kita saat ini.
contoh :
pencuri ayam didakwa dengan pasal kuhp berlapis-lapis, sementara koruptor…. berkasnya bolak-balik kepolisian dan kejaksaan akhirnya mereka boleh bebas .. karena tidak cukup bukti ..katanya… makanya Yesus mengecam perilaku yang tidak adil itu….

Nah.. mengenai pertanyaan anda apakah LALAT atau NYAMUK … menurut Alkitab versi terjemahan baru dan terjemahan sehari-hari….sebenarnya ini bukan hal yang sangat sulit untuk dimengerti…karena merujuk pada obyek yang memang mudahkan untuk dipahami…
LALAT dan NYAMUK … itukan binatang kecil… jadi kalau ditelan itu bisa, lain perkara kalo disitu dinyatakan kerbau… pastilah memang tidak masuk di akal….
Makanya itulah bung …. alkitab bisa diterjemahkan … tapi tidak merubah bahasa aslinya … hanya disesuaikan dengan wilayah setempat….dan untuk memudahkan pembacanya mengerti dan memahami alkitab itu sendiri.

BUKANKAH SAYA SUDAH MENGATAKAN BAHWA ….. TUHAN YANG KAMI SEMBAH … ADALAH TUHAN YANG MAHA TAHU….DIA MENGERTI SEGALANYA….
Jadi ayat ini lebih kepada konteks makna, …. bukan artinya secara tersurat.. tapi tersirat….

DAN DI SINI SEKALI LAGI, BUNG :

unsur trinitas yang kita diskusikan itu berbeda? terpisah? atau menyatu….
ini masalahnya bung catur….

seperti yang saya sudah utarakan mengenai air, darah dan roh …. itu pada hakekatnya menyatu….. tidak terpisah-pisah …. makanya ada kehidupan …
ini kan inti dari diskusi ttg trinitas ini kan….
saya kira anda orang cerdas … dan pasti sudah paham ….
sehingga cukup dengan penjelasan di atas ..tidak perlu melebarkan lagi ke yg lain … karena unsur air disini ya … pada hakebatnya ada tubuh … yang terdiri dari unsur2 yang and maksudkan diatas….

JADI PADA HAKEKATNYA TIDAK TERPISAH TAPI MENYATU….
MAKANYA ADA KEHIDUPAN, AKTIVITAS, DAN SEBAGAINYA

sebab yang anda persoalkan, itu apakah 3 atau 1? …..

dan logika ini sebenarnya sudah membuktikan…..tentang Trinitas itu…

Mat 7 : 21 – 23 = itu buat orang-orang munafik yang sebenarnya sudah tahu akan Yesus (Isa)… tapi sengaja menghujatnya… dan mengatakan perkataan Tuhan adalah palsu…

Mat 24 : 35 – Firman Tuhan akan kekal selamanya..

John 8 : 58 = karena Dia Tuhan… makanya Dia ada sebelum dunia ini dijadikan, termasuk sebelum adanya Abraham…
Yesus (Isa) dibunuh adalah untuk menggenapi nubuatan para nabi …

Dan wajar karena Dia adalah Tuhan, makanya banyak orang menghujat Dia, sama seperti orang Farisi.

SEBAGAI TAMBAHAN : GUNAKANLAH NAMA SATU ORANG .. JANGAN MENGGUNAKAN NAMA LAIN SEOLAH-OLAH BANYAK ORANG YANG IKUTAN KOMENT DI SINI… PADAHAL CUMAN SEORANG … dengan berbagai versi nama…. hahahaha…hahaha…

Catur on August 28, 2013 at 8:10 am

@Alo
Nah sudah jelas sekali anda tidak rasional. terlihat sekali cara jawab anda: saya tanya makan apa? Jawab anda sedang BAB.
Wong saya udah nanya mana naskah berbahasa asli biar tidak ada kesalahan terjemahan seperti masalah LALAT n NYAMUK, dan saya bilang kepada anda itu baru sebagian kecil dari banyak kesalahan terjemahan di bibel anda. Yang paling heboh adalah nama YHWH (ibrani) diubah menjadi THEOS (Yunani), Diubah Menjadi GOD (inggris), Diubah menjadi ALLAH (LAI)?

Saya sudah menggunakan Logika yang rasional, tetapi anda mengatakan logika manusia tidak relevan memahami Al Kitab anda.
Anda menggunakan kedok keilmiahan, tetapi jelas2 keilmiahan anda SALAH BESAR dan MENYESATKAN. Jadi anda memang sedari awal tidak menggunakan dasar apapun hanya main opini semata untuk pembenaran argumen anda.

Lihat saja dari awal anda menuduh bahwa nama Isa banyak disebut di Qur’an sehingga ia layak jadi tuhan. padahal tidak demikian setelah ditelaah dari fakta2 yang saya perlihatkan. ISA sendiripun adalah salah satu nabi dan rasul yang diimani umat Islam selain Nabi Muhammad. Bukan Tuhan seperti pernyataan anda tadi.

Nah saya senang sebenarnya anda mengatakan, kenapa saya menggunakan nama berganti2? Saya memang sengaja menggunakan nama yang berbeda2, untuk menguji masalah kebenaran sebuah nama. Pastilah harus ada satu nama saya yang ASLI dan BENAR.

Dari semua nama yang saya gunakan memangnya menurut anda mana yang nama asli saya?
Jawabannya:

1. Bisa salah satu dari nama2 tadi
2. Bisa tidak ada satupun

Nah jelas saya punya nama asli, mau kemanapun tetap nama asli saya juga demikian meski orang2 ada yang berbeda cara melafalkan tetapi tidak mengubah nama asli saya. tetap saja tertulis seperti nama asli saya.
Contoh: nama Asep mungkin bisa dibaca Esep, Asip, dsb tetapi tetap nama saya adalah Asep. Tidak berubah2/paling sedikit perubahan namanya.

Begitu juga dengan nama Tuhan, jika di naskah aslinya Allah, mau kemanapun/dimanapun tetap Allah. Bahkan pelafalannya pun HARUS sesuai dengan Naskah Kitab suci yang berbahasa Asli.

Nah ini nama Tuhan koq bisa sangat jauh berubah di KITAB SUCI anda YESUS? GOD? YHWH? THEOS? berarti nama Tuhan sudah berubah dan inkosisten. Ini jelas membingungkan orang2 yang menyembahNya. Karena tiap bangsa punya versi nama Tuhan masing2 tidak bisa bersatu padu. Wajar saja jika dalam kristen sendiri banyak perpecahan karena permasalahan KETUHANAN.

alo on August 29, 2013

@Bung Catur : hahaha bung Catur .. akhirnya ketahuan ….
Memang betul saya tahu bahwa anda menggunakan nama berbeda untuk menjawab.
Tapi ada satu hal yang anda tidak bisa pungkiri adalah bahasan anda, ulasan anda, dan juga tulisan anda yang menunjukkan bahwa yang membalas setiap tulisan saya entah jawaban atau pertanyaan adalah satu orang dan anda mengakuinya…

BERARTI ANDA ADALAH ANDA….BUKAN ORANG LAIN WALAU MEMAKAI BEBERAPA NAMA….
TETAPI TETAPLAH ANDA DENGAN NAMA ASLI ANDA…

LALU SAYA BERKESIMPULAN BAHWA DENGAN BEBERAPA NAMA YANG ANDA GUNAKAN….
BERARTI ANDA SECARA TIDAK LANGSUNG MENGAKUI BAHWA TUHAN DI DALAM ALKITAB BISA BERBEDA NAMA… SESUAI TEMPAT, BAHASA, DAN WILAYAH DIMANA NAMA TUHAN ITU DISEBUT.

SEPERTI ANDA YANG MENGGUNAKAN NAMA BERBEDA TAPI MENDISKUSIKAN SATU POKOK PERMASALAHAN YANG SAMA.

DAN DIA TETAPLAH SATU TUHAN, BAPA PENCIPTA DAN PEMILIK ALAM SEMESTA INI, SEPERTI ANDA TETAPLAH ANDA DENGAN NAMA ASLI ANDA.

DUNIA INI DIHUNI OLEH BANYAK BANGSA, BANYAK SUKU BANGSA, BAHASA BAHASA, DSBYNYA. WAJAR KALAU NAMA TUHAN KETIKA DIARTIKAN KE DALAM BAHASA MASIG-MASING JELASLAH BERBEDA, TETAPI MERUJUK PADA SATU SESEMBAHAN.. BUKAN BERBAGAI SESEMBAHAN….
SATU TUHAN, SATU ALLAH, SATU PENCIPAT YAITU TUHAN BAPA DI SURGA.. GITU BUNG…

Bukan karena banyak bangsa jadi banyak bahasa .jadi banyak Tuhan…

TIDAK BUNG

Tetapi Tuhan tetaplah satu Tuhan… dan karena Dia Tuhan Yang Maha Tahu .. makanya ketika namanya disebut dengan berbagai bahasa Dia ga protes … karena Dia tahu…… dan Dia milik semua bangsa dimuka bumi ini….
tidak hanya satu bangsa … lalu memaksa bangsa lain untuk menjadi seperti satu bangsa itu…
Tuhan yang kami sembah tidak arogan dan tidak suka memaksakan kehendak… tetapi Dia Tuhan yang sangat menghargai perbedaan karena perbedaan itu indah bung… dan Dia yang

Atau mungkin kita berpikir sederhana … kenapa Tuhan sejak dari awal tidak menciptakan manusia satu suku saja, dan satu bahasa saja… sehingga nanti tidak pusing mengaturnya. dan pada akhirnya mengeluarkan pernyataan untuk menyatukan umat manusia dalam satu bahasa…

Apakah Tuhan salah berpikir sehingga salah mencipta … dan baru sadar untuk menyatukan umat manusia di tahun 600 an Masehi…. ?

Catur on August 30, 2013 at 7:35 am

Intinya anda sudah salah. Jika anda mengatakan banyak nama tapi yang penting menuju ke satu yaitu tuhan. maka anda juga harus menyembah Sidarta gautama, Dewa Matahari, Brahma, Wisnu, Siwa, Horus, ISIS, Osiris. Mereka semua adalah nama2 Tuhan.

Khan jelas pasti ada nama Asli dari Saya bukan nama Fiktif seperti yang jelas2 saya gunakan. Jika anda memanggil saya di dunia nyata dengan nama fiktif saja sudah jelas saya tidak mengakui, kenapa anda merasa senang dengan memanggil saya dengan nama fiktif sedangkan nyatanya nama saya bukan nama fiktif tersebut?

Begitu juga dengan Tuhan, pasti ada nama Asli bukan nama fiktif apalagi nama hasil terjemahan. Sangat aneh jika Tuhan memakai nama fiktif/nama hasil terjemahan untuk dipanggil oleh hamba2Nya
Jadi mana nama Tuhan anda yang benar?

alo on August 31, 2013 at 12:11 am

@Catur : anda jangan melebarkan persoalan ini ke arah agama lain. Tuhan dan dewanya.

Anda sebenarnya orang yang cerdas ….

Anda sering mengatakan bahwa anda menyampaikan sesuatu dengan logika yang benar…. dan itu memang benar ….. dan anda menggunakan beberapa nama untuk menguji kebenaran itu dan itu juga sangat benar … seperti anda berganti-ganti nama tentunya memiliki LOGIKA tersendiri kan …. bahwa untuk menguji kebenaran itu.

sekali lagi ini LOGIKA… menurut anda bung ….

saya kira harus menjelaskan lagi nama Tuhan sudah jadi malas … karena sudah di jelaskan berkali2.. di atas…. tapi anda hanya muter-muter lalu bertanya lagi …..

PERTANYAAN SAYA BELUM DI JAWAB ITU ….
SAYA MINTA DITULISKAN 1 ATAU 2 SAJA DARI 10 HUKUM MUSA …..

Catur on September 4, 2013 at 3:07 am

Liat pernyataan anda:

“SEBAGAI TAMBAHAN : GUNAKANLAH NAMA SATU ORANG .. JANGAN MENGGUNAKAN NAMA LAIN SEOLAH-OLAH BANYAK ORANG YANG IKUTAN KOMENT DI SINI… PADAHAL CUMAN SEORANG … dengan berbagai versi nama…. hahahaha…hahaha…”

Dari sini saja anda sudah menertawakan saya yang menggunakan banyak nama, padahal hakekatnya nama saya satu. Dan saya sudah menerangkan bahwa bisa jadi semua nama yang saya pakai palsu, atau benar salah satu.

Jika begitu cara anda, maka tertawakanlah nama Tuhan anda yang bisa berbeda2. Harusnya itulah yang anda [erlu kritisi soalnya sudah masalah Tuhan. Jika namanya saja sudah ga konsisten, buat apa anda percaya. Seperti yang saya lakukan dengan gonta ganti nama, anda pasti tidak percaya dengan nama2 tersebut. Dan anda mengkritisi saya sambil menertawakan “kebodohan” saya yang jelas2 satu orang/ satu personal tetapi punya nama yang berbeda2.

tapi ternyata di komen selanjutnya anda malah melakukan kontradiksi:
“LALU SAYA BERKESIMPULAN BAHWA DENGAN BEBERAPA NAMA YANG ANDA GUNAKAN….
BERARTI ANDA SECARA TIDAK LANGSUNG MENGAKUI BAHWA TUHAN DI DALAM ALKITAB BISA BERBEDA NAMA… SESUAI TEMPAT, BAHASA, DAN WILAYAH DIMANA NAMA TUHAN ITU DISEBUT.
SEPERTI ANDA YANG MENGGUNAKAN NAMA BERBEDA TAPI MENDISKUSIKAN SATU POKOK PERMASALAHAN YANG SAMA.

DAN DIA TETAPLAH SATU TUHAN, BAPA PENCIPTA DAN PEMILIK ALAM SEMESTA INI, SEPERTI ANDA TETAPLAH ANDA DENGAN NAMA ASLI ANDA.

DUNIA INI DIHUNI OLEH BANYAK BANGSA, BANYAK SUKU BANGSA, BAHASA BAHASA, DSBYNYA. WAJAR KALAU NAMA TUHAN KETIKA DIARTIKAN KE DALAM BAHASA MASING-MASING JELASLAH BERBEDA, TETAPI MERUJUK PADA SATU SESEMBAHAN.. BUKAN BERBAGAI SESEMBAHAN….
SATU TUHAN, SATU ALLAH, SATU PENCIPAT YAITU TUHAN BAPA DI SURGA.. GITU BUNG… ”

Terlihat tidak kontradiksinya?

Dari awal saya hanya bertanya yang ringan saja. LAI pakai nama Tuhan kami (Islam) tetapi di negara lain tidak menggunakan kata2 ALLAH. Dan ternyata ALLAH itu berasal dari BAHASA ARAB bukan BAHASA INDONESIA. Jadi jelas LAI anda tidak konsisten bahkan menyesatkan jemaahnya. Karena nama Tuhan agama lain dipakai. Kalau begitu bisa dong nama Tuhannya diganti dengan nama Tuhan agama lain, misal Sidarta Gautama (budha), Syang Hyang Widhi (hindu-bali)?

Lalu jika benar nama Tuhan di”artikan” ke bahasa lain2. Lalu kenapa bisa jadi ALLAH dalam terjemahan BAHASA INDONESIA?

Harusnya nama Tuhan tidak boleh diartikan. Seperti misalnya nama saya catur, bisa bermakna empat (bahasa jawa) bisa berarti permainan catur. jadi jika diartikan ke bahasa Inggris yang benar nama saya Four? atau Chess? Dari sini saja sudah bias dalam pengartian nama. Yang benar jika berada dimanapun saya, maka nama saya tetaplah CATUR bukan CHESS, Bukan FOUR.

Begitu juga nama Tuhan, jika dari bahasa aslinya, Misal kami orang Islam, Allah, mau dimanapun daerahnya nama Tuhan kami tetap Allah.

Coba tilik ke agama lain, Misal nama dewa Brahma, mau dimanapun berada tetap saja namanya Brahma. Bukan BRAM, apalagi BRA (penutup dada wanita) jelas2 pelecehan atas nama tuhan tertinggi agama hindu dong (ini gara2 nama tuhan disesuaikan dengan bahasa masing2).

Nah agama anda? GOD? YAHWEH? Jesus? THEOS? HOLY GHOST? ELOHIM? ALLAH?

Saya saja punya pertanyaan yang sebenarnya SIMPEL urusannya tidak anda jawab, Buat apa saya jawab pertanyaan anda? Anda hanya mengalihkan topik utama semata.

Lagipula dari awal saya konsisten dengan pertanyaan:

1. nama isa byk disebut di Qur’an, jadi menurut anda Isa=Tuhan? tetapi jelas2 dari logika dan fakta anda sudah ngawur dan salah. Bahkan mereferensikan dengan Ilmu pengetahuanpun juga salah (contoh: manusia 90% tubuhnya adalah air)

2. Kenapa di LAI nama bapa di surga adalah Allah? sedangkan namanya di negara lain tidak begitu. Jika memang harus diartikan sesuai dengan bahasa masing2 maka namanya harus TUHAN (sesuai EYD Bahasa Indonesia) jangan Allah. Imbasnya saya pun bertanya memangnya Injil berbahasa Asli dimana? jadi tidak bias nama Tuhan yang asli. dst.. dst…

Seharusnya jika anda orang yang BENAR-BENAR punya Tuhan yang anda PERCAYAI dan ANDA SEMBAH, tentu nama Aslinya pun anda tahu dong. Masak kalah sama orang agama lain yang tahu IDENTITAS TUHAN Mereka.

alo on September 4, 2013 at 6:59 am

@Catur : ANDA JANGAN BOLAK BALIK PERNYATAAN … SILAHKAN ANDA NGECEK … NAMA DAN ALAMAT EMAIL SAYA .. SUDAH PASTI ALO… DAN TIDAK ADA NAMAL LAIN ..LAGI
HANYA ANDA YANG SUKA MENGGANTI NAMA DAN DISINI KETAHUAN BAHWA ANDA MEMANG TIDAK KONSISTEN…. LUCU SEKALI …

PENJELASAN SAYA MENGENAI NAMA SESEMBAHAN, SAYA KIRA SUDAH SANGAT2 JELAS …. DAN HANYA ANDA SAJA YANG NGEYEL UNTUK TETAP BERTANYA WALAU SUDAH DIJAWAB.

SAYA TIDAK BUTUH PERTANYAAN LAGI :

JAWAB DULU PERTANYAAN SAYA : APA BUNYI 10 HUKUM MUSA… SALAH SATU SAJA… ANDA TIDAK USAH BOLAK BALIK LAGI…

SAYA CUMAN BUTUH JAWABAN TTG 10 HUKUM MUSA…. BARU DISKUSI DI LANJUT LAGI…

ANDA PAHAM?

Catur on September 4, 2013 at 7:46 am

Loh yang mempermasalahkan nama anda siapa?
Yang saya permasalahkan adalah NAMA TUHAN ANDA. Saya tidak perduli apakah nama anda benar Alo atau tidak. Yang saya perdulikan adalah dari komentar anda dari Awal:
Lihat Baik2 komen pertama anda:

“@livia ulil…. baca dulu quran.. berapa kali nama Isa ditulis di sana? lalu baca alkitab..apakah nama muhammad ada tertulis di alkitab? sebab teman2 muslim minta jawaban yg rasional…. dan saya minta jawabannya pun rasional….”

Saya sudah menjawab dengan rasional masalah nama ISA di Qur’an bahkan sudah didukung dengan bukti2 dan fakta2 yang jelas di Qur’an. Malah justru dari awal diskusi dengan saya, anda malah IRRASIONAL, TIDAK LOGIS, tidak didukung dengan bukti dan fakta VALID, KONTRADIKTIF, dan suka mengalih2kan topik kemana2.

jikalau saja anda tidak komen seperti itu tentu tidak perlu ada diskusi seperti ini dan anda tidak perlu marah2.

Saya pun menanyai hal yang sebenarnya SEPELE jika anda adalah benar2 orang yang berTUHAN. Siapa nama ASLI TUHAN BAPA anda? Koq di kitab anda di tiap negara berbeda2. Dan anda hanya mengatakan bahwa nama Tuhan itu disesuaikan dengan Bahasa sekitar dan bahkan nama tersebut di terjemahkan/diartikan sesuai bahasa masing2.

Ini jelas jawaban yang Absurd. Karena Nama orang saja contoh deuh CATUR, mau kemanapun berada pasti namanya tetap Catur. Tidak mungkin jadi CUTTER (bahasa Inggris) atau jika diterjemahkan bisa jadi dua arti, CHESS dan FOUR. Apalagi nama Tuhan.

Normalnya jika seseorang yang mengaku punya Tuhan yang disembah pasti mereka tahu dong NAMA ASLI TUHAN MEREKA. Mau di bawa kemanapun, negara apapun, bangsa dan bahasa apapun Tuhan itu namanya Tetap SAMA.

Orang Buddha jika ditanya, siapa tuhan mereka? pasti jawaban mereka tetap Sidarta.

Orang Hindu, jika ditanya siapa Tuhan mereka? pasti jawabannya Brahma, SIWA, WISNU (karena mereka POLITHEISME bukan MONOTHEISME)

Nah orang kristen negara Indonesia ditanya, siapa nama Tuhan BAPA? Allah
Orang kristen Negara Inggris, Siapa nama Tuhan Bapa? GOD
Orang kristen negara Yunani, siapa nama Tuhan Bapa? THEOS
dst.. dst..

KESIMPULANNYA: Percuma saja saya lanjutkan diskusi dengan anda, karena JUSTRU anda sendirilah yang tidak konsisten, tidak rasional, tidak Logis, Kontradiktif, Suka mengalih2kan TOPIK n memperlebarnya. Hal ini bisa disimak dari semua komen anda sendiri mulai dari pertama. Jadi buat apa saya jawab pertanyaan anda jika anda sendiri saja tidak ada NIAT BAIK dan KEJUJURAN untuk mengakui KEBENARAN yang saya kemukakan. Jadi hanya menjurus DEBAT KUSIR yang ga akan selesai2 jika dilanjutkan. Karena tidak ada titik Temu.

Ingat beda antara debat dengan diskusi!
OK cukup sekian dari saya.

Untuk menghargai anda, saya akan bertanya 1 lagi tentang salah satu dari 10 hukum MUSA. Yaitu tentang memuliakan dan beribadah pada HARI SABAT. Mana Bukti YESUS IBADAH SABAT pada HARI MINGGU? Ingat SABAT itu dimulai dari jumat malam sampai sabtu SORE Bukan Minggu. Siapa yang tidak beribadah pada Hari Sabat (sabtu) maka hukumannya adalah hukuman mati
Referensi Sabat: Keluaran 20:8-11; Markus 1:21; Lukas 4:16; KPR 17:2; Keluaran 31:15; Bilangan 15:32-35

terserah anda mau jawab apa, karena saya sudah capek melayani ketidak logisan, ketidak konsistenan, dan ketidakrasiolan anda.

alo on September 4, 2013 at 9:15 am

Sekali lagi bung Catur … saya tidak peduli dengan ulasan panjang lebar yang anda jabarkan …

cuman

JAWAB DULU PERTANYAAN SAYA, GIMANA BUNYI 10 HUKUM MUSA…
INI UNTUK MENGKROSCEK PERNYATAAN ANDA TTG BIBLE PALSU, INJIL PALSU, dan sebagainya yang palsu menyangkutk kekristenan…

di sini tidak ada yang marah2…. tidak ada gunanya juga ..justru sebaliknya andalah yang marah2 dan memaki2….. anda silahkan cek koment saya .. apakah saya marah2….???? menghina…???? justru andalah yang tampil dengan berbagai nama untuk mengalihkan setiap jawaban dari saya dan memberikan pertanyaan2 … yang sudah dijawab ..anda malah bilang ga logis, kontradiktif….. kan anda yang menilai sendiri. dan anda menuduh BiBLE PALSU, INJIL PALSU, KRISTEN PALSU….

makanya saya mau tanya anda…. anda kan bilang beriman kepada taurat dan injil yang asli ….
lalu pertanyaan saya : silahkan berikan 1 atau 2 dari 10 hukum musa atau yang dikenal dengan nama hukum taurat….

dan anda memberikan ayat2 keluaran 20 : 8 – 11, dan ayat lainnya…

dan kenapa anda mengatakan bahwa kel. 20 : 8 – 11 ini juga merupakan salah satu dari 10 hukum Musa…. ini palsu atau asli? itu pertanyaan saya.

dan Yesus beribadah pada hari Sabat (sabtu) bukan pada minggu karena memang ketika itu Yesus hidup di zaman bangsa Israel masih tetap setia melakukan perintah2 taurat….
dan itu harus di jaga….

kenapa orang kristen beribadah pada hari minggu? karena Yesus bangkit pada hari minggu itu….

Mat 28 : 1-10
dan minggu itu merupakan hari kemenangan bagi pengikut kristus yang pada akhirnya menjadi kristen ….makanya orang kristen beribadah pada hari minggu… bukan pada hari sabtu (sabat)…. dan sebenarnya bagi kami orang kristen beribadah pada hari apa saja…tidak menjadi masalah….. bukan masalah harinya….. tapi hati yang mau melakukan kehendak Yesus dan Bapa-Nya di sorga.
dan ada satu ayat referensi Mat 5 : 17… = Yesus datang bukan untuk meniadakan Taurat tapi menggenapi

DAN SEKALI LAGI LAGI … YESUS BUKAN MEMBAWA AGAMA…. TETAPI YESUS MEMBAWA INJIL ATAU KABAR BAIK … ATAU KABAR KESELAMATAN KEPADA UMAT MANUSIA…. YAITU SAYA DAN BUNG CATUR

Sumber: http://muslimharustahu.wordpress.com/2011/05/04/siapa-bilang-kristen-tidak-bisa-menjawab/

Bagi yang punya Arsip Debat, silahkan kirimkan ke christologmuda@hotmail.com  dalam bentuk MS Word, jika menarik, akan kami posting di Kristolog.com

Iklan