ISADANISLAM berkata
Orang Islam sangat menentang konsep Trinitas dan mengimani Tauhid sebagai inti akidah mereka. Penolakan yang kuat terhadap Trinitas dipengaruhi Al-Quran.
Ayat-ayat Al-Quran tentang Trinitas
“Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: ‘Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga,’ padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa” (Qs 5:73).
Qs 5:73 memberi kesan bahwa orang Kristen percaya akan adanya tiga Allah.
“Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: Hai ’Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: ’Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?’” (Qs 5:116).
Ayat ini memberi kesan orang Kristen menyembah Maryam sebagai Tuhan.
Asalnya Ide Trinitas yang Terdapat di Al-Quran
Yang membingungkan, darimanakah penulis Al-Quran mendapat ide bahwa orang Kristen percaya pada tiga Allah, bahkan mengangkat Maryam menjadi Tuhan? Pertanyaan ini sangat membingungkan orang Kristen. Karena orang Kristen tidak percaya akan adanya tiga Allah. Juga orang Kristen tidak pernah mengangkat Maryam sebagai Tuhan.
Pertanyaan penting ialah, dimanakah penulis Al-Quran mendapat ide aneh mengenai Maryam ini?
Allah Maha Tahu dan Tidak Dapat Ditipu
Jelas Allah sendiri tidak pernah bingung mengenai kepercayaan orang Kristen. Dia tahu orang Kristen tidak pernah menganggap Maryam sebagai Tuhan. Sehingga Dia tidak mungkin menurunkan wahyu untuk menegur orang Kristen, untuk dosa yang tidak mereka lakukan.
Al-Quran Memberi Informasi salah?
Tidak salah jika pembaca Al-Quran mempertanyakan diri, “Dari mana ide palsu ini datang?” Jelas tidak datang dari Allah!
Kelihatan ada seorang yang kurang mengerti kepercayaan Kristen, memberi informasi salah pada nabi Islam.
JAWAB
“Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: ‘Bahwasanya All
ah salah satu dari yang tiga,’ padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa” (Qs 5:73).
Dalam Tafsir jalalain dijelaskan bahwa
Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang mengatakan, “Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga artinya salah seorang dari tuhan-tuhan yang jumlahnya tiga dan dua orang lainnya yang dianggap tuhan ialah Nabi Isa beserta ibunya
Hanya orang bodoh dan sok tahu yang memahami ayat tersebut dengan mengatakan bahwa Allah itu ada tiga
Allah SWT Berfirman
“Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: Hai ’Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: ’Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?’” (Qs 5:116).
Apakah Alquran salah dalam menginformasikan tentang konsep trinitas??? Ataukan ISADANISALAM yang menutup-nutupi sejarah kelam trinitas?
Sejarah Trinitas
Bunda Maria sebagai ibu dari Yesus yang mereka anggap sebagai Tuhan semakin lama semakin penting, patungnya menempati posisi yang utama didalam gereja. penyembahan kepadanya takkalah pentingnya disamping menyembah Yesus, Tokoh tokoh gereja sedunia bertemu di Konsili Efesus tahun 431 M, Mengesahkan Bunda Maria sebagai Teotokos (Ibu Tuhan). Inilah penyembahan yang dilakukan oleh umat Kristiani yang menyebar keseluruh kerajaan Romawi dan Afrika
Sebagai SK pengangkatan Bunda Maria sebagai Ibu Tuhan, diperlihatkan oleh Tony Lane dalam bukunya ” Christian Thought, 1984 halaman 46
According to this understanding of the unconfused union, we confess the holy virgin to be theotokos, because God The Word was incarnate and become man and from his conception itself united to himself the temple that he took from her “
Berdasarkan pengertian tentang kesatuan yang tidak meragukan ini, kita menyatakan perawan yang suci (Maria) sebagai Ibu Tuhan, karena Tuhan Firman berinkarnasi dan menjadi manusia dan dari kelahirannya sendiri, tubuh kasar yang diwarisi Maria bersatu dengannya
Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa Kristen pada konsili Efesus tahun 431 M. baru merumuskan Tuhan Bapak, Tuhan Ibu (Bunda Maria) dan Tuhan Anak, Roh Kudus belum dimasukkan kedalam sistem Trinitas.
Konsili di konstantinopel tahun 722 M. Gereja melengserkan (Memecat) Bunda Maria dalam sistem Trinitas, kemudian diganti dengan Roh Kudus
Ide Tuhan Ibu sebenarnya banyak mendapat pengaruh dari kebudayaan mesir yang menyembah Isis sebagai Tuhan Ibu yang mempunya anak bernama Horus, karna Horus juga disembah sebagai Tuhan, maka secara otomatis Isis menyandang gelar Ibu Tuhan
_Masyhus SM “ Dialog Santri Pendeta”
Apakah Staff ISADANISLAM tidak tahu? Atau menutup nutupi sejarah ini???
Sudah menjadi rahasia umum bahwa Paulus memperbolehkan berdusta dalam berdakwah
Anda bisa melihat sisa Peyembahan Bunda Baria disini dan Disini
Sampai sekarang belum ada yang bisa jawab …siapa ya yang beritahu muhamad bahwa orang Kristen punya 3 Tuhan??? padahal orang Kristen punya Tuhan yang Esa….(Ulangan 6:4 ) . Trinitas :Allah sang pencipta (Allah Bapa) , Allah sang firman (Yesus) dan Allah yang menghidupkan (Roh Kudus).Kiranya Roh Kudus membuka selubung yang selama ini menutup mata hati Sodara sehingga Sodara bisa menerima Tuhan Yesus dalam hidup anda.Amin…
ente sendiri aja mumet menjabarkan doktrin agama anda biar sejalan sama logika…. ayat lain bilang Tuhan itu Esa… di ayat lain dan terbukti itu tambahan atau palsu dan ironisnya malah di imani yaitu tuhan itu :Allah sang pencipta (Allah Bapa) , Allah sang firman (Yesus) dan Allah yang menghidupkan (Roh Kudus) =3…. tapi bukan 3 yaitu 1… hedeh kagak konsisten…
dari penjelasan anda anak kecil juga pasti bilang 3…. bisa jadi 1 klu udah dibumbui doktrin… kayak buku ramal penuh dengan mistik 4 bisa dimistik jadi 7… 7 bisa dimistik jadi 2.. sama kayak doktrin ente 3 dimistik 1 atau 1 dimistik 3
@erwin
Memang sulit bagi anda untuk memahami arti tritunggal . Sang p3ncipta memperkenalkan kepada manusia yaitu 3 pribadi tetapi esa.
Karena tdk ada percontohan di dunia ini seperti itu. Manusia tdk bisa mengambarkan secara utuh mengenai Allah . Yg ditulis oleh slalu kasih itu gambaran secara akal manusia , ada benarnya tetapi itu maaf menurut saya tdk tepat. Karena kehadiran 3 pribadi dapat bersamaan dalam satu kurun waktu.
Ada juga yg mengilustrasikan seperti sifat air yg berubah wujud menjadi zat cair zat padat dan gas .itupun tidak 100% tepat . Jadi yg pasti bahwa manusia tdk bisa menjangkau akan kekekalan Allah. Hanya satu satunya dengan bantuan roh kuduslah anda bisa menerima , karena Dia bersaksi bahwa yesus adalah Tuhan dsn juruselamat umat manusia. Bagi islam ini sulit dipahami . Dan tidak akan pernah nyambung. Karena yesus sendiri sudah berfirman kepada muridNya , bahwa mereka tdk akan pernah mengerti akan hal surgawi . Ini sudah jelas dan tidk perlu menghabiskan waktu kecuali bila anda haus akan kebenaran sejati , dan merendahkan hati untuk menyambut roh kudus ketika yesus mengetuk hati kepada anda.
Di kitab injil sudah banyak ayat ayat dimana yesus menyebut bahwa diriNya yang berkuasa atas langit dan bumi . Sebagai pemilik kerajaan surga , yg memegang kunci surga , alpha dan omega .Bapa dan aku satu .segala kepunyaan Bapa adalah kepunyaan Ku.menjadi hakim agung. Mengadili orang yg mati dan yg hidup. Dan banyak lagi…..
Ketika yesus kristus hadir ditengah umat manusia, Bapa dipermuliakan oleh,Nya dan ketika yesus kristus kembali ke surga atau dalam kekekalan Allah, roh Allah/kuduslah yg memuliakan Yesus kristus. Percayalah bahwa roh Allah/kudus ada ditengah tengah kita sekarang.
mana ayatnya gan? jangan hanya mngigau saja
Bener vroh,sejak kapan tuhan itu 1 tapi berkomponen 3,dan juga sejak kapan tuhan yg 3 pribadi itu berkumpul dan berserikat membentuk suatu kesatuan nature(dzat)/Esa.Bukan kah arti Maha Esa sendiri itu berarti Tunggal tanpa komponen/bagian per bagian/pribadi!aneh kok tuhan di samain sama negara federal yg berserikat dan berkumpul membentuk suatu kesatuan!tdk sesuai akal sehat dan jiwa yg sehat!!!
Tau bedanya esa dan trinitas gak? Anak kecil saja gak bisa dibodohi kalo 1+1+1=3,bukan 1. Kecuali kalo otaknya udah penuh dg dogma sesat sprt anda!
Apakah ani+andi+budi=1orang? Jika anda mengatakan ya,berarti anda harus ke dokter jiwa untuk memeriksakan diri!
nah kalo tuhan itu esa kenapa malah menuhankan yesus ??
itu wasiat utama yesus !!!
pe’a nih 😀
Yang mewahyukan adala Allah, alQuran bukan karangan manusia.
Kristen menganggap punya Tuhan yang esa, tapi kenyataannya, ketika kristen menjadikan Yesus 1 dari 3, mau oknum, mau pribadi, mau apapun, adalah suatu bukti yang tak dapat dibantah kristen tidak memiliki tuhan yang esa.
Kalau memang kristen tidak mengaku ada 3 tuhan, maka hal ini perlu ditanya:
1. Benarkah Allah mengutus Yesus sama dengan Yesus mengutus Tuhan?
2. Benarkah Yesus adalah hamba Tuhan sama dengan Tuhan adalah Hamba Yesus?
3. Apakah mungkin Tuhan memerintahkan Yesus = Yesus memerintahkan Tuhan?
4. Apakah sama Yesus berdoa kepada Tuhan = Tuhan berdoa kepada Yesus?
5. Apakah sama Yesus dapat dilihat manusia = Tuhan dapat dilihat manusia?
6. Apakah sama Yesus menderita = Tuhan Menderita = Roh kudus menderita?
7. Apakah sama Yesus bisa mati = Tuhan bisa mati = Roh kudus bisa mati?
Dan seterusnya seterusnya, lalu apa guna prikop berikut?
Markus:12:(29) Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
–Kenapa Yesus tidak mengatakan Tuhan Kalian, tapi Tuhan Kita?
Yohanes:17:(18) Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia;
–Siapa yang berkata? Yesus atau Tuhan? Samakah?
Yohanes:17:(25) Ya Bapa yang adil, memang dunia tidak mengenal Engkau, tetapi Aku mengenal Engkau, dan mereka ini tahu, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku;
–Lho koq mengenal? Yesus = Tuhan atau Yesus bukan Tuhan? Kalau sama harusnya bukan Engkau tapi Aku…
17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus.
–Koq Satu2nya Allah yang benar? Kalau Yesus juga tuhan tentunya kalimat yang benar adalah mengenal aku dan engkau satu satunya….? Terus sebenarnya siapa yang mengutus dan siapa yang diutus?
Lukas 4:1 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.
Lukas 4:2 Di situ Ia tinggal empat puluh hari lamanya dan dicobai Iblis Selama di situ Ia tidak makan apa-apa dan sesudah waktu itu Ia lapar.
–Lho koq bisa Roh Kudus membawa Yesus? ini benar mahluk yang berbeda atau masih Esa?
apa anda tidak membaca artikel diatas bung?
sy kira agama manapun membenarkan akan semua agama / keyakinan mereka sendiri2 tidak akan pernah agama / keyakinan mereka di persalahkan melainkan memcemooh keyakinan orang lain inilah cipta tuhan yg umatnya sudah di berikebaikan n keburukan,tinggal mana yg anda pilih.pertanyaan siapakah pemilik kebenaran yg hakiki dan yg paling benar ? …………………………
kalo sy menjawab hanya tuhan yg maha Esa yg memiliki kebenaran yg mutlak,entah itu anda menyebutnya<yesus,allah,sangyang widhi,budha dan yang lainya itu terserah kepda anda masing2.bukan wewenang sy,anda,kalian dan semua mana yg benar.terima kasih.dan sedikit lg tambahan tuhan tidak akan membenarkan siapapun yg berbohong tentang sebuah keyakinan dan inilah yg menyebabkan perpecahan akan sebuah bangsa jika anda bangsa indonesia simpanlah semua itu dalam benak anda masing2.ini untuk semua sy anak indonesia yg tak memperdulikan perbedaan keyakinan anda karena berpedoman kepada pancasila.bukan suatu golongan tertentu dan sebagainya.
@ Erwin: sebutannya 3 tetapi satu. Mungkin kita bisa contohkan seperti ini.Saya dikantor dipanggil orang kantor Joko, dirumah saya dipangggil Papi oleh istri dan anak- anak saya, tapi di lingkungan tetangga saya dipanggil Bapak Rita krn saya punya anak namanya Rita.Tiga Pribadi yaitu Joko, Papi dan Bapak Rita tetapi tetap satu yaitu saya.Semoga bisa buka pikiran sodara…
analogi yang konyol dan basi
kenapa ia tidak tahu kapan hari kiamat? jika memang ia Allah, otomatis dia pasti tahu
pertannyan saya ketika orang kantor anda hendak berkunjung kerumah anda dan belum tau pastinya rumah anda… apakah ketika orang kantor bertanya dimanakah rumah bapak JOKO kepada tetangga anda… dan apakah tetangga anda tau bahwa yang disebut tetangga anda JOKO itu adalah anda?…. ayo kita bermain logika dengan apa yang anda ilustrasikan…. karena agama akan berbanding lurus dengan logika tetapi doktrin selalu berbanding terbalik dengan logika….
bagaimana apabila setiap nama memiliki kepribadian yang berbeda? apakah masih dapat disebut sama?
#Erwin,
tetapi itu kan hanya sebutan dan panggilannya saja yang 3, tetapi badannya 1. Bukan secara fisiknya ada 3 orang.
tetapi dalam ajaran trinitas, 3 nama untuk 3 orang/badan/fisik.
1 badan namanya Tuhan Bapa
1 badan namanya Tuhan Yesus
1 badan namanya Tuhan Roh Kudus
dan saya yakin setiap Tuhan gak mau dipanggil/disebut selain namanya sendiri.
seperti saudara Erwin pasti gak mau di panggil dengan nama paijo atau paino misanya.
dan kalau umat nasrani setiap hari berdoa yang disebut hanya Tuhan Yesus, pasti Tuhan yang lain akan iri. Atau
kalau yang disebut ke 3 nya, 3 Tuhan akan bingung “siapa yang mau mengabulkan do’a hamba itu”
yesus berbeda dengan Allah,
karna yesus Tidak tahu kapan hari kiamat dan yesus disetir oleh Allah (Yohanes 5: 30)
@ wong lanang
sejak kapan Yesus dipanggil Tuhan?… sejak lahir?… sejak kanak2?…. sejak remaja?… atau sejak dewasa?… ayo coba di jawab tapi jawabnya pakai dalil ya atau rujukan yang sahih menurut kitab anda atau literatur kuno agama anda…. 🙂 dari jawaban anda saya tebak akan muncul pertannyaan baru… monggo di jawab
Wah…semakin bingung kenapa jika yesus disetir Tuhan tidak dibilang Tuhan menyetir dirinya sendiri… Berarti berkepribadian ganda atau skizofrenia….. Saya kok pening membaca ajaran kristen
Memang benar, sesuatu kalo dirobah-robah akan bingung dan membingungkan, yang ngerobah kebingungan dan yang membaca bingung, ada lagi yang ga mau mengakui kebingungannya lantas merobah yang sekiranya membuat bingung semakin bingung. Dan akhirnya hanyalah angan-angan kosong belaka.
وَقَالُوا لَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ كَانَ هُودًا أَوْ نَصَارَىٰ ۗ تِلْكَ أَمَانِيُّهُمْ ۗ قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata: “Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi atau Nasrani”. Demikian itu (hanya) angan-angan mereka yang kosong belaka. Katakanlah: “Tunjukkanlah bukti kebenaranmu jika kamu adalah orang yang benar”.
(QS: Al-Baqarah Ayat: 111)
halow kok belum dibales ya…. saya ulangi pertanyaan saya dari ilustrasi saudara
ketika orang kantor anda hendak berkunjung kerumah anda dan belum tau pastinya rumah anda… apakah ketika orang kantor bertanya dimanakah rumah bapak JOKO kepada tetangga anda… dan apakah tetangga anda tau bahwa yang disebut teman kantor anda JOKO itu adalah anda?…. ayo kita bermain logika dengan apa yang anda ilustrasikan…. karena agama akan berbanding lurus dengan logika tetapi doktrin selalu berbanding terbalik dengan logika….
@slalu kasih:
Dengan analogi anda tersebut… Bisakah anda berada pada semua tempat dalam waktu yg bersamaan??? ( Dikantor, dirumah dan dimasyarakat anda) Karena kita yakin tuhan maha hadir yg tidak terbatas ruang dan waktu…..
@slalu kasih
Intinya anda tetap dipanggil joko kan, mau sebutannya beda beda kan anda tetap satu orang…
Joko ya joko, tidak mungkin dipanggil andi, atau mungkin siti 😀
ide ini sebenarnya dari konsep konsep agama pagan terdahulu, apalagi dari latar sejarahnya…
Orang-orang Romawi ini memiliki konsep Dewa Dewi mitologi dan Tripartite
karena Paulus mengajarkan tentang Trinitas, akhirnya diterima oleh mereka….
akhirnya sinkretisme antara agama nenek moyang mereka dengan agama buatan Paulus ini disebut Kristen….konsep ketuhanannya pun sama persis…Hanya oknumnya saja yang berbeda beda
kalo logikanya begitu, saat joko di rumah (papi) berarti tidak ada joko di kantor, begitu juga tidak ada bapak rita di lingkungan tetangga. Pertanyannya kok yesus sering bilang ke muridnya bapa di surga, apa saat itu yesus tidak sedang menjadi tuhan?? (ngelesnya kristen). terus kapan saatnya yesus jadi tuhan?? surga kosong kalo begitu?? terus kemana roh kudus ya?? jarang disebut2 kayaknya. hehehe
Bapak rita adalah adalah bawahan joko yg diutus papi?
Coba cari yg lebih masuk akal…
Sementara yesus gak mau disembah di kitab wahyu, kenapa?
@chris.
Inilah ayat ayatnya : anda renungkan….
Matius 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”
Yesus memiliki segala sesuatu kepunyaan Allah
Yohanes 17:10 dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka.
Yesus berkuasa atas ciptaanNya langit dan bumi
Filipi 2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
Baca secara seksama firman ini khusus untuk anda:
Kisah Para Rasul 7:49-51 Langit adalah takhta-Ku, dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku. Rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, demikian firman Tuhan, tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku?
Bukankah tangan-Ku sendiri yang membuat semuanya ini?
Hai orang-orang yang keras kepala dan yang tidak bersunat hati dan telinga, kamu selalu menentang Roh Kudus, sama seperti nenek moyangmu, demikian juga kamu.
Yohanes 3:36 Barangsiapa percaya kepada Anak, ia beroleh hidup yang kekal, tetapi barangsiapa tidak taat kepada Anak, ia tidak akan melihat hidup, melainkan murka Allah tetap ada di atasnya.”
Amin.
disini saya menggunakan buku The Five Gospels Of Jesus, yaitu sebuah buku hasil seminar 72 pakar alkitab yang berkumpul untuk mencari mana yang diucapkan oleh yesus dan mana yang bukan
jika anda belum punya, anda bisa liat bukunya disini http://kristolog.com/2013/08/28/kami-ucapkan-terimakasih-yang-sedalam-dalamnya/
# Matius 16:19 dalam buku tersebut tepatnya pada halaman 207 diberi warna hitam Tebal. artinya Yesus Tidak pernah mengucapkan hal tersebut
# Yohanes 17:10 dalam buku tersebut tepatnya pada halaman 458 diberi warna hitam Tebal. artinya Yesus Tidak pernah mengucapkan hal tersebut, bukan hanya itu, bahkan dari ayat 1 sampai ayat 26 semuanya berwarna Hitam Tebal
# Filipi 2:10 ==> ini adalah sebuah surat paulus kepada jamaahnya difilipus, aneh, sebuah surat anda Imani layaknya kitab suci, terlebih penulisnya adalah pembohong besar, silahkan simak bografinya disin http://kristolog.com/2011/10/26/biografi-paulus-al-khahzab/
# Kisah Para Rasul 7:49-51 ==> wkwkwkw ente asal nyomot ayat atau memang tidak tahu tentang ayat ini brow?,ente kira kata “KU” disini adalah Yesus? wkwkwk
# Yohanes 3:36 ==> dalam buku tersebut tepatnya pada halaman 409 tidak diberi warna apa apa, artinya para pakar Alkitab tidak menganggap ini sebagai ucapan yesus yang perlu diteliti, karna sudah jelas jelas bukan dari yesus
anda mau pakai dalil apa lagi??? sini saya bantu cek 😀
Yah si robert f. Itumah bunglon cari keuntungan kesana kemari. Yah ini lagi korban nya. Anda terlalu terobsesi untuk membantah bible .pa ustad lagi ngigau …kenapa anda merasa alquran dan hadist lemah untuk membantah bible yakni kebenaran sejati?
2 Korintus 11:14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblis pun menyamar sebagai malaikat Terang.
dari segi apa bible dikatakan sebagai kebenaran sejati?
Jika yesus itu tuhan dan tuhan memberikan kunci kepada yesus, berarti Tuhan memberi kunci kepada Tuhan?
“dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka.”
‘Ku’ itu siapa? Dan ‘Mu’ itu siapa? Kalau ‘Ku’ dan ‘Mu’ sama, maka yang terjadi adalah ngomong sendiri? Kenapa juga ‘milik-Ku’ dibagi dengan ‘milik-Mu’…
Maha Suci Allah SWT yang tidak sama lagi tidak juga menyerupai makhluknya.
Mukhalafatu (Ta’ala) Lil Hawaditsi, tidak serupa dengan makhluknya
Qiyamuhu Binafsihi, tidak membutuhkan makhluk-Nya maupun siapapun untuk menopang-Nya
Kepunyaan Allah SWT sajalah segala yang ada di alam semesta beserta isinya, surga, neraka, dan ‘Arsy.
لَوْ كَانَ فِيهِمَا آلِهَةٌ إِلَّا اللَّهُ لَفَسَدَتَا ۚ فَسُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ عَمَّا يَصِفُونَ
{٢٢}
Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka Maha Suci Allah yang mempunyai ´Arsy daripada apa yang mereka sifatkan.
(QS: Al-Anbiyaa Ayat: 22)
قُلْ لَوْ كَانَ مَعَهُ آلِهَةٌ كَمَا يَقُولُونَ إِذًا لَابْتَغَوْا إِلَىٰ ذِي الْعَرْشِ سَبِيلًا
{٤٢}
Katakanlah: “Jikalau ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagaimana yang mereka katakan, niscaya tuhan-tuhan itu mencari jalan kepada Tuhan yang mempunyai ´Arsy”.
(QS: Al-Israa’ Ayat: 42)
فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ
{١١٦}
Maka Maha Tinggi Allah, Raja Yang Sebenarnya; tidak ada Tuhan selain Dia, Tuhan (Yang mempunyai) ´Arsy yang mulia.
(QS: Al-Mu’minuun Ayat: 116)
ana ‘mencoba’ mengikuti ‘permainan kata’ atau bahasa kerennya ‘logika’ sampean:
* Kutipan dari tanggapan ente sebelumnya: “..Sebagai pemilik kerajaan surga , yg memegang kunci surga..”
lalu ente mengutip Matius 16:19 “Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga..” sebagai rujukan.
+ Apa ente mengkhayalkan bahwa ‘kunci’ yg dimaksud adalah dlm pengertian ‘fisik’ yakni benda berbentuk ‘kunci untuk membuka sorga’, sebagaimana kunci rumah yg dipake org untuk membuka pintu rumah kalo mo masuk rumah? Kalo demikian maka perlu diingat bahwa pada ayat tadi ‘kunci’ tsb udah Yesus serahkan/berikan pada orang lain. Jadi Yesus sejak itu tdk lagi memegang kunci itu bukan?
+ Setiap org berakal pasti setuju bahwa bilamana seseorang menyerahkan/memberikan suatu benda fisik semisal kunci kepada orang lain maka benda tersebut udah pindah tangan, org pertama tdk lagi memegang benda tadi karena udah dimiliki oleh orang lain.
+ Dan jangan lupa bahwa ‘kunci surga’ itu diserahkan/diberikan kepada seseorang bernama Petrus berdasarkan Matius 16:18 “Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus..dst.”
+ Anehnya beberapa lama kemudian, pada ayat Matius 16:23 Petrus ini ‘kena usir’ : “Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: “Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku..dst.”
# Jangan2 orang yg menerima ‘kunci surga’ tersebut sebenarnya adalah Iblis yang menyamar sebagai manusia mirip Petrus…? Iblis memang amat terkenal kalo soal tipu-tipu, bermulut manis, berlagak orang baik2, termasuk kepandaian menyamar menjadi manusia yg menyerupai seseorang yg dikenal.
# Setau saya, tidak ada keterangan dalam bibel yg menerangkan bahwa Yesus sempat meminta kembali ‘kunci surga’ yg udah terlanjur dia serahkan kepada Petrus atau Iblis? Padahal benda itu pasti amat berharga.
$ Ini benar2 gawat..’kunci surga’ diambil Iblis.?.
% Jangan2 kisah atau narasi ‘aneh’ ini mengungkapkan keberhasilan ‘balas demdam’ Iblis kepada Yesus (yg ente yakini sebagai ‘tuhan pemilik kerajaan surga ‘), yg sebelumnya pernah ‘gagal’ ketika ‘mencobai’ Yesus di padang gurun. (Matius 4:1 Maka Yesus dibawa oleh Roh ke padang gurun untuk dicobai Iblis..dst)
Demikianlah ‘permainan kata’ dari ana..silahkan ente renungkan….
@game mail,
anda terlalu banyak berandai andai, saya tdk tahu bahwa kunci surga itu seperti apa , yang jelas sorga adalah milikNya dan hanya Dia yg punya/tahu dimana atau bagaimana jalan menuju sorga. karena Dia datang dari sorga dan sekarang sudah kembali ke sorga lagi.
sudah jelas jelas dalam firmanNYa yg lain dikatakan bahwa segala kepunyaan Bapa ( Allah) adalah KepuyaanKU dan segala kepunyaanKu adalah kepunyaan Bapa. dan banyak lagi ayat yg meneguhkan bahwa sorga adalah milik Yesus kristus. kalau sudah disebut milik berarti punya ” kuncinya”juga , betul?
contoh ayat lain dalam lukas10;22 , demikian bunyinya ,
” semua telah diserahkan kepadaKU oleh BapaKU dan tidak ada seorangpun yg tahu siapakah Anak selain Bapa , dan Siapakah Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakan hal itu.” saya rasa sudah begitu jelas komentar saya.
@sukacita,
ente bilang:
..kalau sudah disebut milik berarti punya ” kuncinya”juga , betul?..
tim tim juga bilang: “..Sebagai pemilik kerajaan surga , yg memegang kunci surga..”
#sayang sekali “kunci surga” tsbt dikasikan/diserahkan ke org lain berdasarkan ayat yg dikutip si tim tim..
ente bilang: “..saya tdk tahu bahwa kunci surga itu seperti apa,..”
ana uda minta bantuan ama mbah google, terdorong oleh pertanyaan ente, ternyata mbah google punya bbrp gambar ‘kunci Kerajaan Surga’. Silahkan anda liat2 sendiri.
–>kalo boleh, ana minta tulung ama mas christology untuk menampilin tuh gmbr2 atau foto2 ‘kunci Kerajaan Surga’ trsbt. Atau membuat artikel baru ttg ‘kunci Kerajaan Surga’..
ana kuatir diskusi ini jadi melebar kemana-mana padahal temanya Trinitas dlm konteks Al-Qur’an.
rata rata orng kristen yang berkunjung disini selalu melebar gan, g sesuai dengan artikel
untuk kunci surga, nanti saya bawakan kunci ingris aja biar enak 😀
@game mail
Tunggu dulu anda terlalu cepat mengambil kesimpulan . Sudah jelas bahwa yesus kristus adalah yang punya sorga. Masalah kunci tdk bisa diartikan secara harfiah s3perti yg anda cari di nbah google . Saya sudah koment hanya yesus yg tahu dimana atau bagaimana jalan menuju sorga .
Anda tahu latar belakang ayat mat 16 :19. Anda baca dulu ayat sebelumnya…
Baru ngerti…..
Karena setiap orang yg mengaku bahwa yesus anak Allah dan mesias akan diberikan jalan /”kunci” menuju kepada keselamatan atau sorga . Kemudian kata kata selanjutnya yaitu apa yg terikat di dunia akan terikat juga sorga …ini mengartikan setiap orang mengaku Yesus adalah mesias dan anak Allah yg hidup akan menjadi milikNya .karena Dia yg empunya kerajaan sorga.
Mungkin anda paham sekarang .
ata siapa yesus yang punya sorga? ngawur…
وَقَالُوا لَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ إِلَّا مَنْ كَانَ هُودًا أَوْ نَصَارَىٰ ۗ تِلْكَ أَمَانِيُّهُمْ ۗ قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
Dan mereka (Yahudi dan Nasrani) berkata: “Sekali-kali tidak akan masuk surga kecuali orang-orang (yang beragama) Yahudi atau Nasrani”. Demikian itu (hanya) angan-angan mereka yang kosong belaka. Katakanlah: “Tunjukkanlah bukti kebenaranmu jika kamu adalah orang yang benar”.
(QS: Al-Baqarah Ayat: 111)
@tim tim
ya jelas sulit memahami tri tunggal alias three in one wong kalian2 sendiri yang bikin sulit hal mudah di PERSULIT/MEMPERSULIT kalu kata vicky, kenapa jadi sulit karena anda sendiri yang mencoba mencocokansisasi atau menselaraskansisasi atau menggatukkansisasi antara logika dengan doktrin, jawabanya gak akan pernah bisa sampai hari kiamat doktrin berbanding lurus dengan logika ….
1+1+1 = 3 —–> gampang kan anak TK juga bisa
kemudian dipersulitisasi
1+1+1 = 1 atau 3 = 1 nah lo anak TK juga bingung kok bisa?… sudah gak usah dipermasalahkan diterima saja doktrin ini… nah lo… klu km terus mempertanyakan berarti kamu mulai ditinggalkan roh kudus nah loh…. roh kudus = merusak logika manusia, padahal Allah meniptakan manusia karena memiliki kelebihan akal dan pikiran nah lo…
@erwin
Bagaimana hubungan nya antara logika dengan iman? Pangkat 2 ? Integral? Sebanding lurus? Banding terbalik? Atau apa?
agama = logika
Logika = 1/DOKTRIN
BISA DIJABARKAN TEORI ANDA TSB DIATAS?
@erwin
…Anda mengilustrasikan allah dengan angka 1. Good. Penuh dengan logikasisasi. Ok tdk apa apa, tapi Satu apa yah? 1kg, 1m? 1ton? Tepat sekali logika anda. Dan saya terima konsep allah anda .allah swt itu sesuatu yg kelihatan sehingga bisa dihitung oleh anda , Kalau boleh saya tebak bersembunyi di mekkah yah?
Anda salah besar …maaf beribu ribu maaf AllahKu tdk bisa dirumuskan oleh manusia dengan matematika .anda tdk tahu dan tdk kenal Allah saya.
yang pasti, Tuhan memberikan kita Akal itu untuk berfikir, bukan begitu???
pahami apa itu ESA, ESA berbeda dengan Satu 🙂
@chris
Betul sekali ,sudah diberi akal untuk berpikir .nyatanya bung erwin udah bisa merumuskan allah dengan angka . Katanya bisa dimistik lagi …..kayanya udah bersemedi di gua juga ni bung erwin.
heee anda itu yang harus berfikir jernih bung
🙂
@tim tim
makanya gunakan logika jangan makan doktrin terus…. di pikiran anda sudah terpatri atau terpaten doktrin Tuhan harus berbentuk… cobak anda sebutkan Allah mana yang anda maksut bersembunyi dimekah dan bisa dihitung?…
klu begitu menurut bung tim tim Tuhan anda seperti apa?….
@kristology hahahha aneh ya kok malah ane yg dbilang ngelindur sama saudara tim tim 🙂
@erwin
Anda belum jawab pertanyaan saya .
Apa hubungan logika dengan iman ?berbanding lurus, terbalik, kuadrat atau apa? Kemudian saya mau tanya perbedaan logika, doktrin, dan iman dan bisakah dirumuskan oleh anda hubungan ketiga tsb .
Anda sendiri yg mengilustrasikan allah dengan angka 1 . Malah tanya saya allah mana bisa dihitung dan bersembunyi di mekah?
Logika terus sih jadi bingung sendiri atau lagi ngigau… ,ntar ama saya kasih sudoku…. Sebenarnya saya sudah jelaskan pada komentar saya tgl 6 okt. Mengenai allah tritunggal.
ealah buset masak Allah itu satu masih butuh penjelasan…. cari aja cek dikamus bahasa mana aja arti satu… atau rumus bentuk apa aja arti satu ya….
Gini lo mas tim tim agama selalu berbanding lurus dengan logika maksutnya ajaran agama yang termuat dalam kitab suci itu isinya atau ajranya tidak akan bertolak belakang dengan logika…. contoh dalam Al-Qur’an tidak ada satu ayatpun yang bertentangan satu sama lain, bahkan tidak bertentangan dengan logika seperti dalam Al-Qur’an menjelaskan masalah janin dalam kandungan atau gunung adalah tiang bumi ini benar2 terbukti memang benar menurut ilmu pengetahuan…. artinya sejalan denga logika dan ilmu pengetahuan bahkan Al-Qur’an tidak pernah direvisi sedikitpun dari turunnya wahyu AL-Qur’an sampai hari ini dan selamanya… karena Al-Qur’an kitab sepanjang jaman…
Inji apakah Kitab yang dibawa Isa Alaihissalam?… bukan tapi kitab injil yang anda bawa itu kitab yg sudah banyak canpurtangan manusia dan selalu direvis… klu minta bukti cari di google banyak atau buka ini ya http://www.youtube.com/watch?v=zsoGqPwqguY lihat bagai mana injil disusun penuh intrik, politik dan perang kekuasaan…. anda tau doktrin?… contoh nih ya Isa Alaihissallam / Yesus itu manusia biasa yang kedudukanya lebih tinggi dari manusia lain karena Beliau adalah seorang nabi… dan Paulus mendoktrin anda untuk menerima bahwa Yesus itu Tuhan…. mau bukti singkirkan semua doktrin anda mari berpikir logika bisakah manusia menjadi Tuhan Yang menciptakan Alam semesta ini dengan segala macam isinya?…. sehinga dia layak menyandang nama Tuhan?.. ayo kita biktikan denagan logika… jangan ambil ayat dari manapun dulu ya baik injil atau Al-Qur’an.. ayo kita mainkan logika….
@erwin
Anda katakan bahwa alquran isinya tdk akan bertolak belakang dengan logika.
Kalau saya bisa buktikan anda salah ,jangan marah jgn bilang muter2, ngak nyambunglah .
Ok. Sebelumnya anda belum jawab definisi atau perbedaan logika , iman, doktrin. Coba di jawab dulu. Lanjut…
orng kristen lagi ngomongin logika, bukannya mereka tidak punya logika y? 😀
syaratnya ingat ya jangan main potong ayat Al-Qur’an sebaragan.. coba mana ayatnya?…
lah udah dijalis diatas masih ditanya… mbok dibaca dulu…. lagian anda ini saya tanyak bahkan saya ajak untuk berpikir sacara logika mengenai bagai mana manusia bisa dikatakan Tuhan atau berhak menyandang nama Tuhan?… ,mbok dibaca lagi saudara tim tim kapan saya bilang iman = logika… jangan kelihatan sering ngerubah2 deh… coba baca lagi apa yang berbanding lurus apa yang bertentangan dengan logika….
oke saya kasih contoh lagi ya…. ini doktrin anda dari paulus, Yesus mati disalib itu menurut ajaran anda memang karena sudah ditakdirkan dan beliau itu Tuhan menurut ajaran anda serta penyalipannya untuk penebusan dosa.. bukan begitu?… logika yang seharusnya bisa diterima akal dan pikiran… Yesus Tuhan berarti dia maha tau dan maha berkehendak karena yang namnaya Tuhan itu memiliki sifat maha.. bukan begitu?… nah kalau Yesus itu Tuhan dengan sifatnya yang maha beliau seharusnya tau akan takdirnya… mengapa karena dia sendiri yang menentukan takdir semua alam semesta dan seisinya sebah beliau Tuhan menurut saudara… bukan begitu? nih ya saudara tim tim logikanya
1. seharusnya Yesus dengan kesadaran yang penuh tanpa paksaan akan menyalibkan dirinya sendiri… loh kok bisa? kan beliau Tuhan beberti tau akan semua takdir?.. dan beliau menakdirkan dirinya sendiri untuk disalib… bukan begitu?….
2. seharusnya Yesus itu mati waktu muda lebih baik… bahkan libih cepat lebih baik… nah loh?… begini logikanya menurut saudara Yesus disalib untuk menghapuskan dosa saking cintanya sama manusia… berarti beliau datang kedunia lebih awal lebih baik dan mati disalib lebih awal lebih baik kalau merujuk pada saking cintanya pada manusia.. nih saya kasih tau lagi logikanya yang namanya saking cintanya itu berarti “cinta sekali/cinta banget” ibarat anak muda jaman sekaran “si A saking cintanya lebih baik mati, bila tidak bisa menikahi si B”.. intinya saking cintanya Yesus tidak akan membiarkan manusia terlonta2 terlalu lama dengan lumuran dosa apalagi dosa turunan dari Adam Alaihissalam katanya, bayanginkan lama banget.. makanya logikanya yesus datang kebumi semakin cepat semakin baik dan disalib semakin cepat/semuda mungkin semakin baik…. bukan begitu?…
penjelasan diatas logika yang seharusnya yang bisa diterima akal manusia jikalau kitab anda mengajarkan itu berarti tidak bertentangan dengan logika dan akal manusia alias bisa diterima karena sesuai dan sejalan dengan logika…. sedangkan kenapa saya bilang doktrin selalu berbanding terbalik dengan logika… nih doktrin anda mari kita uji
1. yang menurut logika Yesus seharusnya penuh kesadaran dan tanpa paksaan untuk disalib.. bahkan beliau kalau menurut anda Tuhan yang memiliki sifat maha bisa menentukan kapan tanggalnya bulannya bahkan tahunya… bukan begitu?.. pada kenyataannya doktrin yang anda ikuti Yesus itu dipaksa bahkan diburu dan dikejar2… lah wong sudah menankdirkan sendiri untuk disalib.. anda pikir buat apa cobak kok sampai dipaksa dan dikejar2?… apa biar lebih dramatis?… apa lebih keliatan tragis?…
2. yang menurut logika Yesus datang kebumi libih cepat lebih baik dan disalib lebih cepat/semakin muda lebih baik wongkatanya saking cintanya sama manusia dan untuk penebusan dosa… pada kenyataannya doktrin yang anda ikuti beliau disalib ketika sudah dewasa atau sudah tidak abg atau diatas 30th…. jadi mengapa tunggu dewasa?… apa tunggu cukup umur begitu?… dan waktunya mengapa kok gak dulu2 atau nanti ketika manusia benar2 rusak sak rusak2nya?…
dari 2poin diatas kelihatankan doktrin selalu bertentangan dengan logika mengapa?… karena doktrin itu sesuatu yang dipaksakan masuk dalam pikiran…. sesuatu hal yang tidak bisa dinalar dengan logika dan akal pikiran tetapi dipaksakan masuk/ditanam dalam pikiran itulah namyanya DOKTRIN…. kalu menurut ente masih kurang jelas, gak tau dah mungkin otak anda sudah kebungkus doktrin paulus….
@chistology
hehehe gak papa sapatau dengan ngobrol gini beliau dapat hidayah dari Allah dengan cara berfikir….
@chris
Kenapa saya tdk jernih ? Maaf jgn masuk hati dulu .Jadi begini bung chris kita balik ke awal. Yaitu Masalah trinitas .Manusia tak bisa menjabarkan secara utuh mengenai allah tritunggal. Manusia hanya bisa tahu bahwa allah itu ada . Dilihat dari hasil karyaNya. Yang mustahil dibuat oleh manusia. Manusia menyadari keterbatasan . Merumuskan hasil karyaNya aja manusia belum kesampaian apalagi kepada sumbernya . Ini saya sebut rahasia allah. Sang pencipta memperkenalkan kepada manusia 3 pribadi Allah tapi esa Itupun merupakan rahasia allah . Kenapa 3 bukan 4 atau lebih? Itupun rahasiaNya.
Manusia hanya bisa menerima kebenaranNya yg yesus spaikan kepada manusia seperti ada tertulis percayalah bahwa Aku didalam Bapa dan Bapa didalam Aku. Bapa dan Aku adalah satu. Ada kata percayalah , disini ditekankan penyerahan 100% kepadaNya. Jadi kenapa islam tdk bisa menjangkaunya karena itu tadi . Yesus mengajarkan pada muridnya bahwa orang orang bebal selalu meminta bukti. Dan Aku tdk akan memberikan bukti kepada mereka. Disini saya melihat bahwa yesus punya kuasa , bukti adalah hal.sepele bagiNya tapi yg Ia tuntut adalah kerendahan hati untuk menerimaNya. Dalam umat perjanjian yg baru Yesus kristus mengutus roh kudus yaitu roh allah yg akan menuntun umatNya kedalam rancanganNya. Roh kuduslah yg bersaksi bahwa yesus kristus adalah mesias .ingatlah bahwa orang kristen yg percaya kepada yesus kritus bukanlah hasildari jerih payah mereka , tapi karena kasih karunia yesus kritus yg telah diberikan terlebih dahulu kepada mereka.
Mungkin anda tdk percaya dan dipandang sebelah mata dan tdk berbading lurus dengan logika dan muter muter akqn tulisan saya bahkan anda sudah terpaku pada alquran. Itu bebas. saya berusaha dengan bahasa seadanya agar anda paham posisi saya berbeda dengan anda yg berlogika kqtanya.Tapi saya yakin yesus mengetuk hati semua manusia ketika mendengar berita injil. Untuk melakukan usaha pendekatan akan 3 pribadi allah umat kristen menyebutnya ilmu Kristologi yaitu ilmu dimana usaha manusia dengan bahasa, akal dan pikirannya untuk melakukan pendekatan akan rahasia Allah( terutama kehadiran allah menjadi manusia) , tapi karena keterbatasan manusia maka pandangannya akan berbeda beda.tergantung dari aspek mana mereka melakukan pendekatan kepada yg abadi. Plg bijak Lihatlah ajaran yesus kritus , berita miring mengenai alkitab sudah tdk aneh lagi bagi umat kristen , karena sudah dinubuatkan oleh yesus malah akan lebih dasyat lagi menjelang kedatanganNya yg ke2 x nya. Semoga kalian puas dan ngerti akan kekristenan.
silahkan baca ini RUNTUHNYA TEORI TRINITAS
http://kristolog.com/2013/10/07/runtuhnya-teori-trinitas/
Yesus adalah 3 pribadi dlm satu atw 3=1 sama donk dengan jalan di jakarta ! Jangan jangan threee in one (3=1) yang diberlakukan polisi dijalan raya sdh di nubuatkan PL ??? Hamran ga cape gan ngomong muterr muter terus ?? coba anda baca dan pahami yang anda tulis sendiri !
benarkah ada yesus? silahkan baca http://sains.kompas.com/read/2013/10/13/1746131/Kata.Penulis.Ini.Yesus.Cuma.Hoax.?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp
tambahan lagi
bahkan yesus punya istri:
http://sains.kompas.com/read/2012/09/24/10130369/Apakah.Yesus.Beristri.
Sungguh aneh jika tuhan perlu istri. Kecuali kalau yesus itu sendiri adalah manusia biasa yang diutus menjadi Nabi dan rasul bagi umatnya, maka wajar jika beliau beristri. Apalagi tinggal di kalangan yahudi yang sangat umum laki2 dewasa (sekitar 20 tahun) untuk sudah menikah
Tuhan itu Esa…tetapi mau jadi berapa itu hak Tuhan…
Tuhan hadir di dunia sebagai Isa…. Itu Kuasa Tuhan ,,,
Nanti Kiamat…Tuhan akan hadir lagi sebagai hakim yg adil dalam bentuk Isa…. itu Hak dan kuasa Tuhan..
jika Yesus = Allah lantas mengapa ia tidak tahu kapan harkiamat itu ?
@hamran
kuasa Allah itu gak perlu repot2 hadir didunia nyamar jadi manusia untuk menebus dosa…. Kasa Allah itu Maha… anda tau arti maha?… kalau mau menghapuskan dosa Allah CUKUP BERKATA dihapuskan semua dosa si fulan ya sudah terhapus dosanya si fulan dari A sampai Z… inilah yang disebut Maha….
@erwin
Emang Allah kami punya pikiran /logika kaya anda.?Emang anda lebih berkuasa dari Allah kami ?. Emang anda lebih pintar dari Allah kami ? Satu point lagi Allah kami tidk akan bisa diatur oleh manusia seperti yg anda katakan bahwa Allah ngak pake kuasaNya. Anda telah menkerdilkan allah anda membatasi oleh logika anda sendiri.dan yang paling menonjol dalam karya penyelamatan manusia yaitu kasih yg tak ada tandingannya maka disebut Allah kami maha kasih.
Allah punya milyaran cara yg tdk dapat dipahami manusia. Yang pasti bisa di lihat /dirasakan manusia yaitu hasil dari karyaNya. Pasti susah perkataan saya kepada orang seperti anda untuk mencernanya. Tapi suatu saat nanti anda akan mengetahuinya.
Mohon bedakan, tidak dapat dipahami karna luarbiasa dan tidak dapat dipahami karna memang OOT g jelas
@chris
Yg pasti yaitu Tdk bisa dipahami karena luar biasa.
Akal manusia tak bisa menjangkau Allah.
Kalau kita mendalami akan sang pencipta ngak akan pernah beres. Manusia hanya mnyimpulkan bahwa Dia ada tanpa ada sebab, kekal , sumber dr segala sumber.
Seperti tritunggal tak bisa seorangpun yg dapat merumuskan dengan utuh. Karena tdk percontohan dalam dunia ini seperti itu. Ini juga sudah diperjelas dlqm bible bukan manusia yg bersaksi tapi roh kebenaran yg akan bersaksi bahwa yesus adalah mesias. Seperti yg yesus firmankan percayalah Aku didalam Bapa dan Bapa didalam aku . Aku dan Bapa adalah satu . Segala kepunyaan Bapa adlah kepunyaanKu dan segala kepunyaanKu adalah kepunyaan Bapa.
apanaya yg luar biasa???
@tim tim
anda bilang Tuhan anda tidak bisa diatur?… tapi bisanya dipaksa ya?… mau bukti?… ketika Yesus disalib, dipaksa atau dengan penuh kesadaran menyalibkan diri?…….. nah loh kenak sendiri omongan ente…
@Tim tim
apanya yang susah dipahami dari tritunggal?.. atau kalian sendiri yang membuat tritunggal menjadi mbulet?….. tritunggal itu ciptaan manusia… apa yang gak bisa di urai dari ciptaan manusia… atau manusia sendiri yang mempersulitisasi atau memperbuletisasi dalam mengartikan ciptaannya sendiri…
@TIm Tim
Sebenarnya saya masih bingung. Allah mana lagi yang anda maksud?
memangnya nama/sebutan Tuhan orang2 kristen adalah Allah?
Sejauh yang saya liat. Dalam Bibel bahasa Inggris Versi King tidak ada kata Allah tetapi GOD.
Dalam Bibel Bahasa Yunani tidak ada kata Allah tetapi THEOS
Dalam Bibel bahasa Ibrani tidak ada kata Allah tetapi YAHWEH
Kenapa kok sepertinya orang kristen tidak ada sebutan yang SAMA untuk nama Tuhan mereka di tiap2 bangsa mereka sih?
Klo Yesus =Tuhan..knp “Yesus-mu” bilang “Eli Eli Lama Sabakhtani” yang artinya Allah Allah kenapa engkau meninggalkanku?
Hehe
coba pikir tuhan ko disalib kasihan mas brow gimana mau nulungin umat nya wong dirinya ndiri gak bisa,, coba turunin dong kasian.
hehehe….. Quran mu aja menyebutkan Isa/Yesus tau :
Kesaksian Al-Quran, hanya Allah yang mengetahui hari kiamat. Namun di sisi lain, Al-Quran juga berkata, “sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah jalan yang lurus” (Qs 43:61).
Kesimpulannya: Hanya Allah dan Isa Al-Masih yang mengetahui hari kiamat. Lalu, siapakah Isa Al-Masih sehingga Dia mendapat keistimewaan dari Allah untuk mengetahui hari kiamat?
Apakah Mohamad Sehebat Isa..?
ditanya makan apa, jawabnya lagi BAB
Capek dech…
kamu ngerti g sih yang dibahas apa?
si hamran ini benar benar nggak bisa memahami ayat ya.. di ayat tersebut dikatakan isa memiliki pengetahuan tentang kiamat maksudnya mengetahui tanda tandanya bukan tentang kapan waktunya kiamat, paham……
hebat hebat ko di salib
seharusnya kl tuhan tuch maha kuat gak akan repot_repot tuhan disalib ama umat nya gak da wibawanya tuch tuhan kamu..
Hamran klu komen harus dipikir dulu dan ditelaah… klu enggak nanti kepleset.. klau ambil Ayat dari Al-Qur’an sertakan tafsirannya jangan main artikan sendiri…. okelah saya coba ikutin pemikiran saudara, klu itu arti surat Qs 43;61 menurut anda, nih pertannyaan saya. anda mengatakan Yesus mengetahui hari kiamat?…. kapan?…
Sedikit menjelaskan..memberi pengetahuan dan mengetahui beda konotasinya mas…ngomong2 tujuan anda menanyakan nabi isa itu untuk apa mas..untuk mengatakan isa itu adlah yesus?maaf mas kita ga kenal yesus…kita cma tahu nabi isa…nabi isa hanyalah manusia yg lebih tinggi derajatnya dibanding kita…bukan tuhan
@@erwin
Baca lagi komentar saya ini.
Emang Allah kami punya pikiran /logika kaya anda.?Emang anda lebih berkuasa dari Allah kami ?. Emang anda lebih pintar dari Allah kami ? Satu point lagi Allah kami tidk akan bisa diatur oleh manusia seperti yg anda katakan bahwa Allah ngak pake kuasaNya. Anda telah menkerdilkan allah anda membatasi oleh logika anda sendiri.dan yang paling menonjol dalam karya penyelamatan manusia yaitu kasih yg tak ada tandingannya maka disebut Allah kami maha kasih.
Allah punya milyaran cara yg tdk dapat dipahami manusia. Yang pasti bisa di lihat /dirasakan manusia yaitu hasil dari karyaNya. Pasti susah perkataan saya kepada orang seperti anda untuk mencernanya. Tapi suatu saat nanti anda akan mengetahuinya.
Anda berlogika lebih cepat lebih baik dalm karya penebusan dosa manusia. Begitukah???. Ada tertulis ,didunia ini segala sesuatu ada waktunya .waktu menanam ,menabur, dan menuai. Dan anda bebrbicara mengenai takdir . Takdir itu berada dalam gengamanNya. Takdir berhubungan dgn waktu . Manusia bisa tahu takdir kalau sudah gameover . Apakah Allah dibatasi oleh takdir.seperti manusia??? Yesus kristus hidup abadi bung dan akan datng lagi ke dunia untuk menghakimi manusia ingat itu…..kalau anda belajar injil ,yesus pernah berkata saatNya belum tiba dalam beberapa peristiwa ,artinya waktu berada dibawah kuasaNya. Apakah anda menyamakan diri dengan Allah dengan logika mengatur waktu lebih cepat adalah lebih baik??
Inilah yg namanya rahasia Allah, karyaNya tak bisa ditembus oleh logika yg fana ,logika akan lenyap bersamaan dengan tubuh anda ,dengan dunia ini. Untuk memahami rahasiaNya hanya ada satu cara yaitu roh kebenaran ada didalam anda . Roh kebenaran adalah kekal hanya Dialah yg tahu persis segala sesuatu mengenai Allah karena Dia Allah. Logika anda tdklah kekal mana bisa menjabarkan kekekalan Allah dengan yg fana. Betul??? Ok sekarang begini…. dengan akalmu ngak usahlah berlogika akan cara Allah membuat karya penebusan dosa umat manusia, karya pembuatan matahari , membuat bintang , karya pembuatan manusia, binatang dsn karya karya lain. Botak lu .hihihihi mendingan sudoku.lebih real.
Bukannya manusia tdk pake logika dalam kehidupan . Logika ya tetap harus dipake karena itu adalah anugrah . Buktinya dengan logika banyak bermunculan disiplin ilmu pengetahuan tapi sifat nya real bisa dibuat percontohannya dan bisa dijabarkan dengan angka angka. Sementara ini aja dulu.
ayat ini cocok buat anda
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا سَوَاءٌ عَلَيْهِمْ أَأَنْذَرْتَهُمْ أَمْ لَمْ تُنْذِرْهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ
Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman
Dalam hadist nabi ada disebutkan bila kita menghafal 10 yg awal surat alkahfi maka akan terhindar dari fitnah dajjal:
Dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menghafal sepuluh ayat dari bagian awal surat Al-Kahfi, niscaya dia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal.” Dan di dalam riwayat lain disebutkan, “(sepuluh ayat) dari bagian akhir surat Al-Kahfi.” (Diriwayatkan oleh Muslim I/555 no. 809, Ahmad V/196 no. 21760, Ibnu Hibban III/366 no. 786, Al-Hakim II/399 no. 3391, dan Al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman V/453 no. 2344).
Kenapa bisa demikian? Apa hubungan dajjal dengan surat alkahfi?
Mari kita baca:
[18:1] Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al Kitab (Al-Qur’an) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan871 di dalamnya;
[18:2] sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan siksaan yang sangat pedih dari sisi Allah dan memberi berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal saleh, bahwa mereka akan mendapat pembalasan yang baik,
[18:3] mereka kekal di dalamnya untuk selama-lamanya.
[18:4] Dan untuk memperingatkan kepada orang-orang yang berkata: “Allah mengambil seorang anak.”
[18:5] Mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, begitu pula nenek moyang mereka. Alangkah buruknya kata-kata yang keluar dari mulut mereka; mereka tidak mengatakan (sesuatu) kecuali dusta.
[18:6] Maka (apakah) barangkali kamu akan membunuh dirimu karena bersedih hati setelah mereka berpaling, sekiranya mereka tidak beriman kepada keterangan ini (Al-Qur’an).
[18:7] Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah di antara mereka yang terbaik perbuatannya.
[18:8] Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menjadikan (pula) apa yang di atasnya menjadi tanah rata lagi tandus.
[18:9] Atau kamu mengira bahwa orang-orang yang mendiami gua dan (yang mempunyai) raqim872 itu, mereka termasuk tanda-tanda kekuasaan Kami yang mengherankan?
[18:10] (Ingatlah) tatkala para pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua, lalu mereka berdo’a: “Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).”
==Terlihat disini==
1. ayat 1 ~ 3 keterangan dan janji untuk orang beriman
2. ayat 4 ~ 5 keterangan dan peringatan bagi orang yang mengatakan Allah mengambil anak.
3. ayat 6 keterangan mereka ada yang berpaling setelah diberi peringatan seperti poin 2
4. ayat 7 ~ 8 Allah adalah maha pencipta yg menjadikan perhiasan di muka bumi untuk menguji keimanan, maka jangan terkecoh kepada perhiasan dan keindahan di muka bumi, karena hal tersebut tidak kekal, kapan saja Allah kuasa menghilangkannya.
5. ayat 9 ~ 10 Cerita tentang para pemuda, sebelum zaman nabi Muhammad, yg memohon rahmat dan petunjuk kepada Allah
Apa kaitannya? poin 1 untuk muslim beriman, poin 2 untuk semisal kristen yang mengatakan Allah mengambil anak, poin 3 tidak usah bersedih bila mereka tetap bersikukuh, poin 4 jangan terkecoh dengan godaan perhiasan atau kekayaan, karena yang dinilai adala kebaikan perbuatan, poin 5 adalah permulaan kisah pemuda pemuda yang berlindung di gua karena menjauhi kesesatan, dimana menurut cerita mereka adalah pemuda2 nasrani yang lurus.
Terus? Begini, Dajjal itu membawa nama almasih, maka dikenal sebagai almasih dajjal, yang dalam kristen adalah anti kristus, siapa mereka? Inilah mereka:
1 Yohanes 2 : 19
Memang mereka berasal dari antara kita, tetapi mereka tidak sungguh-sungguh termasuk pada kita; sebab jika mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita, niscaya mereka tetap bersama-sama dengan kita. Tetapi hal itu terjadi, supaya menjadi nyata, bahwa tidak semua mereka sungguh-sungguh termasuk pada kita.
anda ngalur ngidul………. saya tanta dari kutipan anda ya ” karya pembuatan matahari , membuat bintang , KARYA PEMBUATAN MANUSIA, binatang dsn karya karya lain. Botak lu .hihihihi mendingan sudoku.lebih real” yang anda sebutkan ini Kuasa Tuhan yang Maha segal2nya benar?…. menurut anda layakkah Tuhan yang maha segala2nya menjelma jadi manusia?…
lagian anda blm jawab pertanyaan saya… kita bermain logika… bagaimana manusia bisa dikatakan Tuhan atau berhak menyandang namaTuhan?… kita murni main logika jangan bawa2 ayat atau yang lain dulu…..
Oh ya lupa saya tanya satu lagi ane kutib dari kata2 anda “Takdir itu berada dalam gengamanNya. Takdir berhubungan dgn waktu” pertanyaannya karena anda menyebutkan waktu, kapan kiamat datang menurut kitab anda dan Tuhan anda?… jawabnya jangan pakai penjelasan yang panjang dan lebar yah… cukup jawab tau atau tidak tau… kalau tau sertakan bukti ayat atau dalil.. oke
@tim tim :
Koment anda”
Emang Allah kami punya pikiran /logika kaya anda.?Emang anda lebih berkuasa dari Allah kami ?. Emang anda lebih pintar dari Allah kami ? Satu point lagi Allah kami tidk akan bisa diatur oleh manusia seperti yg anda katakan bahwa Allah ngak pake kuasaNya. Anda telah menkerdilkan allah anda membatasi oleh logika anda sendiri.dan yang paling menonjol dalam karya penyelamatan manusia yaitu kasih yg tak ada tandingannya maka disebut Allah kami maha kasih.
” Emanngnya otak manusia untuk apaan diciptain brow??? Yg pasti bagi kami untuk berpikir dan berlogika……jd kalo anda bertanya lebih pintar mana tuhan anda dengan kami jelas lebih pintar kami…. Buktinya kan jelas tuhan anda kalah bertarung dengan yakub…. Bisa ditangkap dan disalip….. Aneh kan????
Pikir lagi pake otak bung ..!!!!
Ok Tuhan datang untuk menebus dosa2 manusia dengan cara disalib. Berarti sangat berjasa besarlah orang2 yang menyalib Tuhan tersebut bahkan wajib masuk ke dalam surga Tuhan karena telah berani menyalib Tuhan untuk menebus dosa manusia. Seharusnya mereka yang menyalib Tuhan pantas menjadi PAHLAWAN bagi seluruh umat manusia. sebab tanpa adanya mereka Tuhan tidak akan disalib dan tidak akan menebus dosa manusia.
Pertanyaannya:
1. Mengapa koq yesus/tuhan tidak sedari awal saja disalibnya jika memang tujuannya adalah utk disalib?
2. Mengapa yesus/tuhan tidak sedari dulu menyerahkan diri dengan sukarela untuk disalib?
3. Kenapa orang2 yang menyalib yesus/ yang menyebabkan yesus di salib tidak dielu2kan sebagai pahlawan bahkan dipuji sedalam2nya oleh semua orang kristen?
4. Mengapa tuhan menjadi maha repot untuk menebus dosa manusia?
5. mengapa tuhan tidak datang lagi kebumi untuk menebus dosa manusia lagi secara dosa manusia sekarang sudah lebih parah dari manusia zaman dahulu?
6. Jika tuhan benar2 datang lagi untuk menebus dosa2 manusia zaman sekarang maka saya akan berada di garda terdepan untuk membunuhnya. Bahkan saya akan mengajak kalian umat kristen, islam, dan agama2 lain untuk berbondong2 memburu n membunuh tuhan agar dosa2 saya dan kalian semua wahai umat manusia TERTEBUS. Setuju Khan?
@arief
ijin copas ya bang…mksh
@arief..Edan luu tuhan kok mau dibunuh ntar kalo tuhan mati yg gantiin sapa??? Paulus kali yaa..hehe..
@mulur
Kalau engkau gunakan untuk kebaikan seperti menyadarkan saudara kita seiman yang teracuni oleh serang kristener, atau untuk hal positif lain. SILAHKAN SAJA!!
TAPI kalau digunakan untuk menghina, mencela mereka atau maksud yang tidak baik kepada para kristener yg tidak memusuhi kita. LEBIH BAIK JANGAN!!
Maaf mas timtim..bukannya bela lawan debat anda…tpi memang klo saya baca..komen anda bener2 lepas dri materinya….agama itu untuk manusia…mahkluk yg berakal..mahkluk yg berakal itu hrs menggunakan logika…anda melenceng…bukan lawan sekelas erwin anda
@ tim tim, dalam islam, tiada beragama tanpa akal. artinya kita memahami atau mengimani atau beramal harus ada dasar yang kuat, yakni harus sesuai logika. jadi kalo tuhannya sendiri atau ajarannya ga masuk akal kenapa repot2 mau beriman dengan tuhan atau ajaran atau seperti itu. Yg tidak bisa dan ga boleh di logikan itu hanya dari apa (zat) Allah itu, krn akal fikiran kita ga nyampe kesana. Nah.. tanda2 kekuasaan Allah dan konsep ajaran atau agamanya harus kita fikirkan sesuai logika. Kalo tidak sesuai logika apa daya tarik agama??? Pasti agama itu akan ditinggalkan oleh orang yg berfikir, yg tinggal hanya kaum yg tidak berifikir. dan yang mau masuk agama itu pasti krn tidak berfikir juga atau karena keinginan terhadap dunia….
pertanyaan tepat mas arief.. pasti ga bisa jawab dia..
buat tim tim.. jangan bawa-bawa tuhan saya dong.. kreatif lah cari nama tuhan sendiri masa ga bisa hahaha
Allah SWT itu esa, MAHA segala”nya.. ga mungkin dia mau repot turun ke dunia buat penebusan dosa orang orang kayak anda.. tinggal berkata saja pasti sudah terjadi, itulah tuhan saya. karena Allah SWT maha kuasa…apalagi harus repot jadi 3 dalam 1 atau 1 dalam 3, Ribeeet.. kayak peraturan di jakarta aja.. 3 in 1.
repot amat jadi Tuhan.. Sekali lagi jangan bawa bawa nama tuhan saya dan saudara muslim saya.
apalagi anda terang”an bertanya tentang perbandingan tuhan dengan manusia. sudah jelas jelas manusia adalah manusia dan Tuhan adalah tuhan yang tidak bisa dibanding”kan.
sebenarnya tuhan yang mana yang anda sembah dan anda yang anda Imani ?
kalau memang yang bisa 3 in 1 ya sudah imani lah..
karena jelas berbeda dengan tuhan umat muslim, Allah SWT.
Gmn mas tim2…mau bertobat..kembali ke khitahnya..mumpung ada kesempatan
Lama-lama kristener yang comment dimari kemungkinan bisa kelainan mental ( ga bisa ngebantah) ( kayak anis sorrosh) wkwkwwk..bisa-bisa jadi gila… 😀
Yang pertama sekali harus kita yakini berkenaan dengan Al Kitab adalah bahwasanya kitab suci baik itu Taurot maupun Injil tidaklah terjamin keasliannya sebagaimana diturunkan kepada Nabi Musa dan Isa ‘alaihimas salam, Allah ta’ala tidak memberikan jaminan penjagaan keduanya dari perubahan sebagaimana pada Al Qur’an. Allah ta’ala sendiri telah mengabarkan bahwa para ahli kitab telah melakukan perubahan pada Al Kitab baik berupa tambahan maupun pengurangan, sehingga sering ditemukan kontradiksi antara ayat yang satu dengan yang lain, Rasulullah shallallah alaihi wa sallam memberi kita petunjuk bagaimana menyikapi alkitab dalam sabdanya, “Bila datang ahlu kitab memberi kabar kepada kalian (tentang Al Kitab) maka janganlah kalian percayai ataupun kalian dustai, tapi katakanlah kami beriman kepada Allah dan Rasuln-Nya” (HR. Abu Daud).
Yang kedua bahwasanya seluruh kitab suci sebelum Rasulullah shallallah alaihi wa sallam telah mansukh (terhapus) sehingga tidak lagi menjadi pedoman setelah turunnya Al Qur’an.
Mari kita kembali ke pokok bahasan kita, Al Kitab yang diimani oleh orang-orang Nashrani terdiri dari dua bagian, pertama adalah perjanjian lama yakni Taurat yang terdiri dari banyak kitab, dan Taurat juga merupakan kitab suci bagi kaum yahudi, sedangkan bagian kedua adalah perjanjian baru yakni Injil yang juga terdiri dari beberapa kitab.
Di dalam perjanjian lama (Taurat), tidak ada satu pun nash yang jelas yang menjelaskan atau menyeru kepada ajaran trinitas, bahkan perjanjian lama tidak pernah mengajarkan doktrin trinitas, bukti yang paling jelasa adalah tidak adanya satupun orang yahudi yang beriman pada doktrin ini.
Adapun perjanjian baru (injil), doktrin trinitas kebanyakan hanya berupa isyarat-isyarat tidak secara langsung, adapun bukti tentang trinitas yang paling jelas ada dalam injil matius 28: 19 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus”. Akan tetapi, bila diamati secara seksama kutipan injil ini bukan menjelaskan bahwa Allah, Kristus dan roh kudus membentuk satu keilahiyan atau ketuhanan yang satu, yaitu ketiganya sama dalam bentuk kekekalan dan kekuasaan sebagaimana maksud dari doktrin trinitas. Justru malah sebaliknya ayat ini menunjukkan tiga wujud yang berlainan, sama halnya ketika kita menyebut tiga orang: Budi, Andi dan Bambang, misalnya.
Di sisi lain ada juga ayat-ayat di dalam perjanjian baru yang menyebutkan perkataan dari Yesus kristus yang justru maknanya bersebrangan dengan doktrin trinitas, diantaranya adalah:
Matius 23: 9-10 “Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga, Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias” kedua ayat ini jelas-jelas dengan gamblang menyeru untuk mengesakan Tuhan, kemudian menekankan posisi Yesus kristus hanya sebagai seorang pemimpin bukan Tuhan, dan dalam terjemah inggris disebut sebagai master yang artinya guru.
Lukas 23: 46 “Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: “Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawaku.” Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawanya”, ayat ini akan menjadi ruwet maknanya bila dibawa pada doktrin trinitas, bila Yesus juga adalah wujud dari Tuhan, kepada siapakah ia berseru dengan suara lantang itu? Apakah kepada dirinya sendiri? Apa gunanya ia berteriak pada dirinya sediri? Justru Tuhan yang tunggallah yang dipanggil oleh Yesus dalam ayat ini.
Yohenes 14: 24 ”Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku”, di sini sangat gamblang bagaimana Yesus menjelaskan bahwa hakekat dirinya hanyanyal seorang utusan yang diutus untuk membawa firman dari Tuhan, dan lihat pula bagaimana ia dengan tegas menyatakan bahwa firman-firman itu bukan dari dirinya karena dirinya bukanlah Tuhan.
Dan ayat yang paling jelas tentang keesaan Allah dan kedudukan Yesus yang hanya sebagai utusan Allah ada pada Yohanes 17: 3 “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus”, sungguh sangat bertolak belakang doktrin trinitas dengan ayat ini.
Demikianlah beberapa contoh ayat dari perjanjian baru yang sangat kontradiktif dengan doktrin trinitas yang diyakini dan diimani oleh kaum Nashrani, dari sini kita bisa mengambil pelajaran berharga yakni betapa jauhnya orang-orang Nashrani dari petunjuk dan betapa jauhnya mereka tersesat dalam kebathilan sehingga mereka binasa di dalamnya wal’iyadzu billah, sungguh maha benar firman Allah ta’ala,
)فَلَمَّا زَاغُوا أَزَاغَ اللَّهُ قُلُوبَهُمْ وَاللَّهُ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ(
“Maka tatkala mereka berpaling (dari kebenaran), Allah memalingkan hati mereka dan Allah tidak memberi petunjuk kepada kaum yang fasik.” (QS. Ash-Shaf: 5)
sumber : http://muslim.or.id/aqidah/batilnya-konsep-trinitas-dalam-nashrani.html
keliatan banget yg buat artikel ini kaga paham apa2 asal jeblak Theotokos memang bisa diartikan Ibu dari Tuhan ( Jesus ) tapi sama sekali tidak dimasukkan dalam pengertian Trinitas .
Yg dilakukan si Penulis tak lain dan tak bukan hanya Taqiya belaka penjelasan yg mengada ngada
apanya yang taqiya?
terimakasi sharingnya..
semoga ini bermanfaat.
gampang mau bukti silakan nongkrong datang aja +-jam12 siang ke sekolah katolik masih ada doa2 sampah yg memuji bunda maria dengan doa yg berlebihan sgt terkesan sbg ibunya tuhan, mereka pakai mikrofon terdengar keluar ruangan, coba ente dtg ke sekolah katolik Ricci diglodok.
Alhamdulillah saya banyak membaca di web ini dan banyak mendapat pengetahuan yang bermanfaat,… Insyaa Allah apa yang saya baca ini semakin menguatkan iman dan ketakwaan saya kepada Allah
Alhamdulillah…
Alhamdulillah,
Om Crist, terus berjuang ya
Jazakallahu Khairan Katsiraan
itu hanya permainan kata-kata dari staf IDI, sayang sekali orang kristen menuduh Al-Quran karena kesesatan dan kebodohan yang telah lama bersemayam dogma butanya. Padahal Al-Quran telah membantu memberi info yang benar dan lengkap tentang sekte-sekte sesat:
1. QS5:72 kafir yang menuhankan manusia Yesus(kristen)
2. QS5:116 kafir yang menuhankan Yesus&Maria,sekte Maryamah dan Ebion.
3. QS5:73 (menolak yang berbau trinitas 3in1 atau 1in3)
4. QS53:19-20 kafir musyrik/polytheis
5. QS 6:101 (pengajaran logika untuk kafir musyrik&kristen musyrik)
Om Crist, di Kota Malang ada poster guede tulisannya:
“YAHWEH is JESUS GOD” by yhschurch dipasang di jalan depannya togamas deket Mall Dieng, sayang g sempet saya foto karena dalam perjalanan
trus saya liat di YouTube
kok suka ganti-ganti Tuhan sih…
Bingung om Crist
Request om, buatin artikelnya om tentang Tuhan kristen berubah menjadi yahweh
Trus adakah hubungannya dengan kemampuan Dajjal yang bisa menghidupkan kembali orang mati dengan kemampuan Yesus yang bisa menghidupkan orang mati? Ataukah nanti saat kemunculan Dajjal (Antichrist/AntiKristen), kristen menyembahnya karena Dajjal mempunyai kemampuan yang sama seperti yesus?
Ataukah nanti Dajjal mengaku sebagai Bapa?
Ataukah nanti Dajjal mengaku sebagai yesus?
Trus dengan konsep trinitas, apakah Dajjal akan menyamakan dirinya sebagai Bapa, Yesus, Roh Kudus, Yahweh, dll dan mengaku Tuhan?
Hanya muslim yang pendiriannya kokoh! Kami muslim hanya menyembah Allah SWT Yang Maha Esa. Kami muslim tidak akan terpengaruh datangnya yahweh, datangnya dajjal, dll. Sesembahan kami tiada lain adalah Allah SWT Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dan kami muslim hanya berlindung kepada Allah SWT Yang Maha Pelindung.
ya, mereka memang masih bingung siapa nama tuhan mereka 🙂
Kalau diperhatikan dengan seksama jelas bahwa Qs 5:73 membicarakan Trinitas tanpa menyebutkan ketiga oknum Trinitas. Sedangkan ayat berikutnya Qs 5:115 tidak membicarakan Trinitas, hanya penegasan bahwa Yesus tidak pernah menuhankan dirinya atau ibunya. Yang saya tangkap dari kedua ayat di atas adalah Al-Quran tidak menyebutkan bahwa oknum Trinitas adalah Allah, Yesus, dan Bunda Maria.
Meskipun demikian di jazirah Arab pernah pada suatu waktu ada sekelompok sekte Kristen dengan yang percaya bahwa Trinitas adalah Allah, Yesus dan Bunda Maria. Tetapi maaf saya lupa nama sektenya.
hanya orang bodoh yang percaya trinitas
alhamdulillah.. akhirnya tim-tim nyerah juga. semoga dia mendapat hidayah Allah SWT.
membaca diskusi ini menambah iman saya kepada Allah SWT. terima kasih…
Dogma dan doktrin trinitas adalah ajaran pagan, bukan ajaran Isa/yesus.
Jadi???? Kalian sangat bodoh mau dibohongi paulus. Katanya orang yg mempunyai pikiran jernih, sehat dan rasional. Tp kok masih percaya trinitas?
SUNGGUH TERLALU…..
maksud surah itu bukan allah ada tiga tapi allah itu salah satu dari trinitas. kok maria pake diresmikan jadi ibu yesus wkwkwk aneh tuhan diresmikan
mas chris masuk k blok idi mas, di situ bnyak muslim kurang mengerti. mudah2 an dg masuk nya mas cris diblok idi. mereka tidak akan semena mena menghina Islam. karena mereka bnyk menyerang umat Islam yg kurang pengetahuan agama n sejarah Islam.
semoga mas cris diberikan kekuatan iman dan Islam dan kesehatan
berjuang terus mas
sudah percuma saja dialog dengan mereka disana
Sejatinya: Tidak ada ayat dalam Alkitab / Bible yang menuhankan Bunda Maria
Itulah sebabnya kemudian TIDAK ADA ORANG KRISTEN yang menuhankan Bunda Maria
Mungkin saja ,pada periode waktu tertentu ada sekelompok masyarakat Kristen yang memberikan penghormatan berlebih kepada Bunda Maria, sehingga terkesan orang Kristen menuhankan Bunda Maria [Itupun tidak SECARA MENYELURUH SEMUA ORANG KRISTEN]
Kalau di dalam kitab alquran [semasa hidup muhammad] ada ayatnya yang mempertanyakan ketuhanan Bunda Maria, itu berarti pada zaman muhammad masih hidup ada SEGOLONGAN orang Kristen yang memberi penghormatan berlebih kepada Bunda Maria namun dipandang oleh muhammad sebagai MENUHANKAN Bunda Maria
Sha-Sha kira itu hanya salah persepsi dalam menilai penghormatan segolongan orang Kristen kepada Bunda Maria.
silahkan dalami sejarah kelam ketuhanan anda 🙂
Di Al Quran mengkritisi 3 hal dalam keyakinan Kristen/Nasrani yang jelas2 SALAH:
1. Meyakini bahwa Allah adalah salah satu oknum dari Tiga Pribadi (Trinitas)
An Nisa : 171 “Maka berimanlah kamu kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan : “(Tuhan itu) tiga”, berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Maha Suci Allah dari mempunyai anak, segala yang di langit dan di bumi adalah kepunyaan-Nya. Cukuplah Allah menjadi Pemelihara.”
Hal ini diyakini oleh mayoritas Kristen.
2. Meyakini bahwa Isa adalah Allah itu sendiri.
Al Maidah 72 “Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam”,
Di sini banyak Aliran2/sekte2 Kristen yg berbeda pandangan, dimana ada yang meyakinj bahwa Yesus hanyalah sebatas Anak Tuhan/Anak Tuhan, sedangkan Allah itu adalah Bapa Tuhan/Tuhan Bapa yg lebih besar dari Yesus. Ada pula yg meyakini bahwa Yesus=Allah itu sendiri.
3. Meyakini bahwa Bunda Maria adalah Tuhan juga (Ibu Tuhan/Tuhan Ibu)
Al Maidah 116 “Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: “Hai `Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah ?”. `Isa menjawab: “Maha Suci Engkau, tidaklah patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku (mengatakannya). Jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada diri Engkau. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yang ghaib-ghaib”.
Hal ini diyakini oleh beberapa sekte/aliran umat kristen (Katolik tepatnya) bahwa Maria juga sejajar dgn Tuhan karena merupakan Ibu Tuhan/Tuhan Ibu.
Jadi di ayat Quran jelas mengoreksi dan mengkritik 3 dasar keyakinan dalam umat Nasrani yang jelas2 menyimpang dan tidak sesuai dengan ke-Tauhidan yg HAQ
@sha sha pelajari sejarah tuhanmu dulu baru koment
Mohon saya bergabung dgn group ini,mudah mudahan bisa nambah ilmu dan pengetahuan akan keagamaan secara ilmiah!
@christ
Om christ tolong jelasin saya tentang ke esaan tuhan menurut kristen dan perbedaannya ttg ke esaan tuhan dlm islam,maklum saya masih sedikit ilmu agama nya!
klau ga salah sudah dibahas di blog ini
coba jalan jalan dulu
Ke-Esaan Tuhan dalam.Kristen: Tuhan itu ada 1 tetapi punya 3 pribadi (yang setara): Bapa, Anak dan roh Kudus. Walau ada 3 pribadi tapi hakikatnya 1 Tuhan. Sayangnya konsep ke-esaan seperti inj banyak terbantah/kontradiktif di dalam Bible sendiri.
Ke-esaan Tuhan dalam Islam: Tuhan itu 1, Tuhan tempat bergantung segala sesuatunya (Mustahil Tuhan butuh sesuatu atau butuh orang lain). Dia tidak Beranak (punya anak/keturunan) dan tidak diperanakkan (punya orangtua yg melahirkannya), tidak ada satu pun yang setara dengan Dia(Mustahil Tuhan punya sekutu, aliansi ataupun Pribadi yg setara dengan Keilahian-Nya)
Dari sini sudah jelas konsep ketuhanan ala Kristen tertolak dalam Islam.
Terima kasih mas atas penjelasan nya!
Memang akal sehat kita tdk mampu memahami Allah secara mutlak,lalu kalau begitu untuk apa Allah memberikan akal dan ilmu pengetahuan untuk kita bukankah itu semua untuk memahami dasar”dari Dzat-Nya dan meneliti tanda” kekuasaan-Nya?bagaimana kristenner apakah kalian tdk memikirkan hal sepele seperti itu??
Yang pertama mari kita mencermati QS Al-Maa’idah ayat 73 : Sesungguhnya kafirlah orang orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.
Apabila anda mencari sanggahan Al Quran mengenai kristen pada umumnya maka jawaban yang benar adalah QS Al-Maa’idah ayat 73. Di sini Allah mengkafirkan penganut trinitas. sangat jelas siapa yang dimaksud.
Mengenai QS Al-Maa’idah ayat 116 yang anda katakan Al Quran keliru karena Allah berfirman …”Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: “Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?”. …
jawaban kami adalah Allah juga menegur sekte-sekte kristen yang lain. Saya harap anda jangan melupakan sejarah. informasi Ibnu Patrick, seorang sejarawan dan padri Kristen, menjelang Konsili Nicea 325 M dari jumlah peserta keseluruhan 2.048 orang terdapat sebagian peserta dari mahzab Mariamites dan Remitim yang berpendapat bahwa Yesus dan Ibunya adalah 2 (dua) Tuhan selain Bapa. Selain itu terdapat aliran Ebionit yang secara jelas juga memuja Maria sebagai Tuhan Ibu. Penganut aliran Ebionit dikenal sebagai aliran yang para penganutnya menggunakan bulu domba sebagai pakaian. Bulu domba tersebut dikenakan agar mereka dapat hidup dalam kesederhanaan.
Anda jangan menutup mata, bahkan sampai hari ini jujurlah dari hati kecil anda, bahwa masih banyak sisa-sisa tradisi dan penganut penyembah bunda Maria. Bahkan Sampai hari inipun masih ada yang berdoa pada Bunda maria. Lantas dimana letak kesalahan atau miskonsepsi Al Quran tentang trinitas Kristen ? jawaban atas pertanyaan ”apakah Al Quran telah salah ?” jawabannya adalah ”Tidak !”. Justru kehebatan Al Quran adalah mampu memberikan isyarat bagi pengungkapan kebenaran sejarah, dimana dunia pun telah berusaha secara maksimal untuk menghapuskan cacat dan borok dalam sejarah trinitas
Katakanlah (Muhammad), “Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu,
bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, dan kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah.
Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), “Saksikanlah, bahwa kami adalah seorang muslim.”(orang yang berserah diri pada Allah)
QS. Ali Imran [3]: 64
Yesus pun berkata :
ULANGAN 6:4 DENGARLAH, HAI ORANG ISRAIL:TUHAN ITU ALLAH KITA, TUHAN ITU ESA!
jika sebegitunya mereka cari2 pembenaran dlm al qur’an mengenai yang dipercayai (trinitas) tentunya mereka perlu juga mengkaji ayat ini Al Maidah 116 (5:116)
Dan (ingatlah) ketika Allah Berfirman, “Wahai ‘Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah?” (‘Isa) menjawab, “Maha Suci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah Mengetahuinya. Engkau Mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.”
Yang perlu diingat, tidak bisa kalian cari pembenaran ini dengan Alkitab maupun sejarah, jelas2 kemampuan manusia tdk ckup valid, alkitab pun yg nyata terdapat revised. Pesan Isa a.s sendiri sbnarnya ada dlm ayat itu “Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib”, ada yg bilang tdk kredibel tidak ada saksi, Isa a.s jelas2 disana sbagai saksi, dan dia tdk pernah skalipun mengatakan hal itu, atau keselamatan anda mau anda pertaruhkan pada penulis alkitab yg jelas2 bukan Isa a.s sndiri? Ini jelas ayat pengabaran buat kalian, skaligus ayat bahwa Tuhan kalian Maha Pemurah, pengabaran suatu yg ghaib, yg tdk ada makhluk satupun yg tau kalau tidak dari Tuhan itu sndiri. dan skali2 anda jangan merendahkan Tuhan, jika sbgitu anda cintanya pada Tuhan, maka silahkan kaji ini jga Al A’raf: 143 pengkabaran Nabi Musa saat ingin skali bertemu Tuhannya, 143. Dan tatkala Musa datang untuk (munajat dengan Kami) pada waktu yang telah Kami tentukan dan Tuhan telah berfirman (langsung) kepadanya, berkatalah Musa: “Ya Tuhanku, nampakkanlah (diri Engkau) kepadaku agar aku dapat melihat kepada Engkau”. Tuhan berfirman: “Kamu sekali-kali tidak sanggup melihat-Ku, tapi lihatlah ke bukit itu, maka jika ia tetap di tempatnya (sebagai sediakala) niscaya kamu dapat melihat-Ku”. Tatkala Tuhannya menampakkan diri kepada gunung itu , dijadikannya gunung itu hancur luluh dan Musa pun jatuh pingsan. Maka setelah Musa sadar kembali, dia berkata: “Maha Suci Engkau, aku bertaubat kepada Engkau dan aku orang yang pertama-tama beriman” (Q.S Al-A’raf/Q.S 7:143) See? Sebegitu rendahkan kalian menganggap Tuhan yang Maha Agung sbagai makhluk? aplagi sbgai manusia yang jelas2 bgitu lemah, mata manusiapun menipu, lhatlah pesawat dilangit nampak kecil, sdangkan anda ketahui wujud sbnarnya dari pesawat itu bgitu besar. Ayat Al Maidah 116 itupun sbgai penggambaran kajilah kata Isa a.s yg ini ” Engkau Mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu”,
seperti rokok yg menyala…
rokok, bara api, dan asap…
apa “bara api” bisa disebut rokok?
apa “asap” jg bisa disebut rokok?
begitu pula Tuhan….
Tuhan, Putra, dan Roh Kudus….
ya gak bisa, rokok itu harus ada yang hisap. gak bisa jadi contoh.
lagian rokok jg habis terbakar, masa tuhan juga berakhir kayak rokok
Wkwkwkw kocak lu vroh
@sancia
… Akan tetapi mereka menjawab dia: “Belum, bahkan kami belum pernah mendengar, bahwa ada Roh Kudus.” (Kis 19:2)
Mereka yang menjawab kepada paulus, “TIDAK PERNAH MENDENGAR ADA ROH KUDUS”, adalah murid-murid apolos yang juga sebagai murid Yohanes pembaptis….hehehe
Sementara itu datanglah ke Efesus seorang Yahudi bernama Apolos, yang berasal dari Aleksandria. Ia seorang yang fasih berbicara dan sangat mahir dalam soal-soal Kitab Suci. (Kis 18:24)
Yang aku maksudkan ialah, bahwa kamu masing-masing berkata: Aku dari golongan Paulus. Atau aku dari golongan Apolos. Atau aku dari golongan Kefas. Atau aku dari golongan Kristus. (surat paulus, 1 Kor 1:12)
dialah (Apolos) yang banyak dipercaya sebagai pengarang buku ibrani (MUNGKIN), kalo paulus itu nama-nama tempat dan disebut surat…. ttps://en.wikipedia.org/wiki/Apollos
Ini konsep aksi dan reaksi, ketika rokok dinyalakan, terjadi rokok membara, mengeluarkan asap, asapnya dihisap, masuk paru paru, dikeluarkan lagi menjadi pencemaran udara, selama reaksi pembakaran terjadi, rokok menjadi pendek, meski tetap dikatakan rokok, rokok menjadi tidak sempurna, orang tidak akan lagi mau menghisapnya, karena kualitasnya berkurang, dan orang tidak akan menggantikan rokok dengan baranya yang sudah padam, ataupun menggantikan rokok dengan asapnya yang sudah entah kemana.
Sementara Allah adalah Tuhan yang sempurna, maka ketika dia menjadi manusia, maka Tuhan menjadi tidak sempurna, karena telah mengangkangi sifat wajibnya:
1. Tidak ada yang pernah melihat Tuhan
2. Tidak ada yang seperti Allah
*Keluaran 9:14
Sebab sekali ini Aku akan melepaskan segala tulah-Ku terhadap engkau sendiri, terhadap pegawai-pegawaimu dan terhadap rakyatmu, dengan maksud supaya engkau mengetahui, bahwa tidak ada yang seperti Aku di seluruh bumi.
* 1 Raja 8:23
lalu berkata: “Ya TUHAN, Allah Israel! Tidak ada Allah seperti Engkau di langit di atas dan di bumi di bawah; Engkau yang memelihara perjanjian dan kasih setia kepada hamba-hamba-Mu yang dengan segenap hatinya hidup di hadapan-Mu;
* Yesaya 46:5
Kepada siapakah kamu hendak menyamakan Aku, hendak membandingkan dan mengumpamakan Aku, sehingga kami sama?
* Yesaya 46:9
Ingatlah hal-hal yang dahulu dari sejak purbakala, bahwasanya Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku,
===Sudah sepantasnya kita tidak menjadikan Tuhan apa yang dapat kita lihat, contohnya Yesus, karena 2 hal, berarti ada yang pernah melihat Tuhan, yaitu tatkala melihat Yesus atau melihat gambar Yesus, atau melihat patung Yesus, dan akibatnya menjadi ada yang dijadikan mirip Tuhan, ketika orang melihat Yesus, gambar Yesus atau Patung Yesus, oh seperti beginikah tuhan? Maka, sekali lagi janganlah menjadikan apa yang dapat dilihat dan apa yang dapat diserupakan menjadi Tuhan.
Percaya bahwa Yesus adalah Tuhan mempunyai implikasi yg mendalam, bahwa :
Tuhan mempunyai sisi kemanusiaan, yg rahman dan rahim. Manusia diciptakan segambar dgn Tuhan. Sifat manusia adalah gambaran sifat Ke-Tuhanan dari sisi manusia.
Tuhan mempunyai kuasa atas segala ciptaanNya. Tidak ada yg mustahil bagi Tuhan. Itu sebabnya kita pasrah dan menyerah, berserah diri kepada Tuhan.
Hubungan Tuhan dgn manusia tidak terputus dan nyata. Ada ikatan batin, kontak batin dgn Tuhan yg nyata dalam hidup kita.
Sorga dan neraka itu nyata dan Tuhan memberi cara menuju ke Sorga. Itulah Keadilan Tuhan. Melalui Hukum yg disampaikan kepada para nabi dan olehNya sendiri.
Itu sebabnya Yesus berkata: Barang siapa melihat Aku, dia melihat Bapa.
Artinya: mengenal Yesus berarti mengenal sifat-sifat Bapa.
Hanya dgn mengenal sifat-sifat Tuhan maka semua tingkah dan perbuatan kita tercermin kepada Tuhan (segambar dgn Tuhan).
Bagi yg tidak percaya Yesus adalah Tuhan, tidak bisa mengenal kehendak Tuhan dan tidak mengenal Tuhan.
GBU
yg memiliki Ar rahman dan Ar rahim cuma Tuhan mas. hehehe
kenalilah yesus, yesus yg menyembah Bapa. berdoa memohon ampun pada Bapa. yesus gak pernah menyuruhmu menyembahnya
@erwin : keren bangetttttt hahahaa….profil nya donk om 😀
erwin itu siapa om ?