Dua belas Kutukan atau Pelaknat yang di usulkan oleh Cyril dan disetujui oleh Konsili Effesus.

 

  • Jika ada seseorang yang tidak mengakui bahwa Imanuel adalahDefinisi-Sihir-Menurut-Islam Tuhan dan dalam kebenaran, dan dikarenakan Perawan Suci adalah Ibunda Tuhan (karena Ia melahirkan dan dengan cara lahiriah adanya Firman Tuhan menjadi manusia) maka terkutuklah ia.
  • Jika ada sesorang tidak mengakui bahwa Firman dari Tuhan telah disatukan oleh tafsiran akan tubuh dan merupakan salah satu Kristus dengan tubuhnya sendiri, dan dikarenakan Tuhan bersama dalam manusia, maka terkutuklah ia.
  • Jika ada seseorang yang memisahkan dalam satu Kristus setelah tafsiran penyatuan, hanya dihubungkan dengan mereka oleh karena hubungan martabat atau wewenang atau kekuasaan, dan tidak menerima dengan datang secara bersamaan dalam persatuan dengan kehendaknya, maka terkutuklah ia.
  • Jika ada sesorang membagikan antara dua orang atau tafsiran ungkapan. Digunakan dalam Injil atau dalam tulisan tulisan para Rasul, dan apakah mereka karena dipercaya oleh para penulis Kristus suci atau oleh dia tentang dirinya sendiri, dan beberapa karangan tentang dirinya menjadi manusia, dengan maksud memisahkan Firman dari Tuhan, dan lain lain, sebagaimana layaknya Tuhan, serta untuk dirinya sebagai Firman dari Tuhan Bapa, maka terkutuklah Ia.
  • Jika ada sesorang yang berani mengatakan bahwa Kristus adalah hubungan seseorang dengan Tuhan dan bukan daripada Tuhan dalam kebenaran, dan diciptakan satu anak tidak lain sebagai “Firman itu telah menjadi manusia”, dan dijadikan dari darah dan tubuh sebagaimana layaknya kita, maka terkutuklah ia.
  • Jika ada sesorang mengatakan bahwa Firman dari Tuhan Bapa adalah Tuhan sesembahan Kristus, dan tidak menerima keyakinan persamaan antara Tuhan dan manusia, Firman menjadi manusia, sesuai dengan Kitab Suci, maka terkutuklah ia.
  • Jika ada sesorang mengatakan bahwa Yesus sebagai manusia diperintahkan oleh Firman Tuhan sebagaimana mengenakan kemuliaan Tunggal-Ku, dan dalam keadaan terpisah, maka terkutuklah ia.
  • Jika ada seseorang yang berani mengatakan seorang yang telah disepakati harusdisembahdandimuliakanbersamadengan FirmanTuhan dandisebut Tuhanbersamanyasementaraterpisahdari dia, (untuk penambahan “dengan” harus selalumemaksa kitauntuk berpikirdengan cara ini), dantidakakanmenyembah juga kepada Imanuel dengan satu penghormatan dan satu puji pujian akan tetapi “Firman itu telah menjadi tubuh”, maka terkutuklah ia.
  • Jika ada seseorang yang mengatakan bahwa satu Tuhan Yesus Kristus dimuliakan oleh Roh, layaknya menggunakan kekuatan dari yang asing yang bergerak melalui dia dan mengaku telah menerima dari kekuatan untuk menguasai Roh Roh jahat dan untuk melakukan keajaiban Tuhan antara orang orang, dan tidak lebih mengatakan bahwa itu adalah Roh yang sebenarnya melalui siapa ia menjalankan keajaiban Tuhan, maka terkutuklah ia.
  • Kitab suci Tuhan mengatakan Kristus menjadi “Imam besar dan Rasul menurut pengakuan kami”, ia menyerahkan dirinya kepada Tuhan Bapa dengan begitu santun demi kita. Jika ada seseorang mengatakan bahwa itu bukan Firman dari Tuhan tentang Imam besar kita dan Rasul saat ia menjadi manusia dan orang seperti kita kita tetapi seakan akan yang lain yang terpisah dari dia, khususnya seorang laki laki dari seorang wanita, atau jika ada seseorang yang mengatakan dia mempersembahkan korban untuk dirinya sendiri dan bukan untuk kita kita (karena dia tidaklah berdosa menjadikan tidak membutuhkan korban), maka terkutuklah ia.
  • Jika ada seseorang yang tidak mengakui bahwa tubuh dari Tuhan merupakan pemberi hidup dan kepunyaan Firman dari Tuhan Bapa, tetapi tetap berpendirian bahwa itu kepunyaan yang lain daripada dia, disatukan dengan dia dalam kemuliaan atau hanya seperti menghayati Tuhan belaka, dan tidak lebih seperti yang kita katakan sejak menjadi Tubuh kepunyaan Firman yang memiliki kekuatan untuk membawa segala sesuatunya dalam hidup, maka terkutuklah ia.
  • Jika ada seseorang yang tidak mengakui bahwa Firman Tuhan menderita dalam tubuh dan disalibkan dalam tubuh manusia serta merasakan kematian dalam tubuh dan yang menjadikan orang pertama dibangkitkan dari orang mati, meskipun sebagai Tuhan dia hidup dan yang memberi kehidupan, maka terkutuklah ia.

Namun sampai sekarang ke 12 kutukan tersebut tidak satupun yang terbukti 🙂

Bantu dakwah kami!!!, Klik disini atau disini