teknik-debatDialog Antara :

Hamba Allah (Muslim), dengan

Donny M Sun (Saksi-saksi Yehuwa)

Tema : Muhammad in The Bible

Perlu anda non muslim ketahui  bahwa Al Quran adalah wahyu Allah kepada Muhammad saw. Jadi segala isi Al Quran adalah perkataan Allah. Tidak ada perkataan Muhammad saw ataupun perkataan Nabi lainnya. Yang ada adalah perkataan para nabi yang diceritakan oleh Allah. Ataupun perkataan kaum para nabi yang diceritakan oleh Allah. Jadi jangan harap anda menemukan perkataan Muhammad saw di dalamnya.

Donny M.Sun

Silahkan nopan membuka satu nubuatan muhammad yg konon katenye terdapat dalam Alkitab….

===============

Bunda Maria

ehm silahkan steril yah areanya

===============

Hamba Allah

Orang2 yahudi pada zaman itu mengharapkan kedatangan 3 orang nabi..

Dan mereka bertanya kepadanya, ”Kalau begitu, siapa? Apakah engkau Elia?” Dan ia mengatakan, ”Bukan.” ”Apakah engkau sang Nabi?” (Yohanes 1:21)

Pertanyaanya siapakah nabi yg di maksud yohanes 1:21

Sudah jelas yesus adalah mesias

Yohanes adalah elia

Dan siapakah sang Nabi ini?

===============

Bunda Maria

silahkan mas Donny

===============

Donny M.Sun

Yoh 1:20 Yohanes dgn jujur mengatakan kalau ia bukanlah sang Mesias yang berarti Pribadi yg diurapi….

Yoh 1:21 ini pertanyaan yg diajukan oleh imam dan orang lewi kepada Yohanes….dan pertanyaan ini merujuk pada nubuatan nabi maleakhi yg mengatakan bahwa elia akan datang sebelum kedatangan sang mesias atau nabi besar itu….baca Maleakhi 4:5

Dan Yohanes juga dgn jujur mengatakan bahwa ia bukanlah Elia

Selanjutnya siapakah nabi itu….pertanyaan ini merujuk pada nubuatan Musa mengenai nabi besar yg akan datang melalui bangsa Israel….baca Ulangan 18:18….Dan memang Yohanes mengakui dia bukanlah nabi itu….

Jadi siapakah nabi itu….jawabannya ada di Yohanes 1:30 yaitu Yesus

===============

Hamba Allah

Kontradiksi dgn perkataan yesus mas..

Yesus menyebut bahwa yohanes adalah elia

===============

Donny M.Sun

Memang benar dan tepat Yesus mengatakan bahwa Yohanes adalah Elia dalam arti peranan dan perbuatan yg dilakukan Yohanes mirip dgn yang dilakukan Elia….bukan dalam arti harfiah…..baca lagi Lukas 1:17 yg berbunyi dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam Roh dan kuasa Elia….

===============

Hamba Allah

Ok mas..

Ada lagi..?

===============

Donny M.Sun

Misalnya jika kita melihat seseorang melakukan sesuatu yg mirip dgn yg pernah diperbuat oleh Presiden Sukarno apakah kita akan menyimpulkan bahwa ia adalah presiden sukarno….

===============

Hamba Allah

Kontaradiksi dgn perkataan Yohanes mas..sedangkan Yohanes mengatakan dia bukan elia…

Ok lah, kita gak bahas masalah yohanes

===============

Donny M.Sun

Lihat perumpamaan saya diatas….

===============

Hamba Allah

Kita ambil jalan tengah

Yesus adalah mesias

Yohanes adalah elia

Dan menurut mas doni yesus adalah nabi…

Betul mas??

===============

Donny M.Sun

Bukan menurut saya tapi Alkitab yg mengatakannya…..

===============

Hamba Allah

Ya tapi kan mas dony membacanya, secara tidak langsung mas dony meng iyakan apa isi dari alkitab…

===============

Donny M.Sun

Anggaplah bgt….

===============

Hamba Allah

Ok mas…

Jika yesus adalah nabi berarti dia bukanlah juru selamat

===============

Donny M.Sun

Siapa yg bilang bgt….musa disebut nabi dan juga juru selamat tapi yg jadi sumbernya tetap satu yaitu YHWH

===============

Hamba Allah

Kontradiksi lg dong mas…musa hanya membebaskan orang israel dan bukan juru selamat

===============

Donny M.Sun

Istilah juru selamat itu luas maknanya bukan sempit….apakah musa tdk bisa dikatakan juru selamat karena telah membebaskan israel dari mesir…..kalau bgt apa sebutan yg layak bagi orang yg telah menyelamatkan

===============

Hamba Allah

Bukankah tidak ada juru selamat selain Tuhan??

===============

Donny M.Sun

Misalnya kita menyelamatkan seseorang yg hampir mati tenggelam….terus dia mengatakan kalau tidak ada kamu mungkin aku telah mati….kamu telah menjadi juru selamatku

===============

Hamba Allah

Mas adri online ya

===============

Bunda Maria

mas adri

===============

Donny M.Sun

Tuhan adalah sumber dari keselamatan itu….musa dan Yesus adalah perantaranya

===============

Hamba Allah

Mba ica bisa tolong kutipin alkitab gak

Hosea 13:4, Yesaya 43:3

===============

Donny M.Sun

Jangan dilewatkan setiap perumpamaan ane….

===============

Hamba Allah

Yesaya 43:11

Ok mas, saya gak melewatkan

Saya mau membuka dalil

===============

Bunda Maria

yeyasa 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

===============

Hamba Allah

Hosea 13:4, Yesaya 43:3 mba

===============

Bunda Maria

hosea 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.

yeyasa 43:(3) Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.

===============

Hamba Allah

Ok mba makasih

Yesus juru selamat apa mas??

Menebus dosa??

Mohon izin break sebentar dulu ya…

Nanti habis ashar di lanjut

===============

Bunda Maria

oke break dulu

===============

Donny M.Sun

Ok

===============

Hamba Allah

Maaf mas don, bisa di lanjut??

===============

Bunda Maria

ehmmm silahkan mas don

===============

Donny M.Sun

Maap nih…..ane udah mau mandi….udah kebuka semuanye nih….ntar aje yeee…

===============

Hamba Allah

86 mas dony…

===============

Donny M.Sun

Ane ngak bakalan kabur kok…

===============

junior jr

ngopie maning di pojokan

===============

__Resurrection__

break heula kang

===============

Donny M.Sun

Waktunye buat makan…..

===============

a-ghost rider

Ayo mas don lanjutkan perjuanganmu…

===============

Hamba Allah

Monggo

Dari dalil di atas bahwa tidak ada juru selamat selain Tuhan..

Yesaya 43:(11) Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.

hosea 13:(4) Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.

yeyasa 43:(3) Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.

Menurut mas dony yesus adalah juru selamat..

Pertanyaanya Juru selamat apa??

===============

Donny M.Sun

Sdh saya jawab td….sumber dari keselamatan itu adalah Allah melalui Yesus….

Yes 19:20 itu akan menjadi tanda kesaksian bagi Tuhan semesta alam ditanah mesir: apabila mereka berseru kpd Tuhan oleh karena orang2 penindas, maka ia akan mengirim seorang juru selamat kpd mereka yang akan berjuang dan akan melepaskan mereka.

Musa dikatakan juru selamat….

Yesus juga dapat dikatakan Juru selamat silahkan baca Lukas 1:11 berkata Hari ini telah lahir bagimu juru selamat yaitu Kristus, Tuhan dikota Daud

Makna juru selamat ini sangat Luas pengertiannya…..

===============

Hamba Allah

Sebentar mas don saya baca jawabannya

Ok mas, Musa adalah juru selamat

Dan Yesus juru selamat, Tp beda konteks

Kalo yesus juru selamat sebagai penebus dosa, adalah salah besar..

===============

Donny M.Sun

Maap ni pembahasan udah melenceng mas….

Silahkan tuliskan argument mas sehubungan dgn nubuatan muhammad dlm alkitab

Ntar sy menyanggahnya dari Alkitab

Pembahasan penebusan dosa nanti bisa kita bahas

===============

Hamba Allah

Ok mas…sebenarnya tidak melenceng dari alkitab

Pembahasan maksud saya.. Ini masih membahas yohanes 1:21

Karena mas dony mengatakan yesus itu nabi

Karena kalau nabi tidak berhak sebagai juru selamat (dalam konteks yesus)

===============

Donny M.Sun

Apakah susah dibaca Yes 19:20 diatas….bukankah musa diutus untuk menjadi juru selamat…..dan menurut ane konteksnya sama dgn Yesus yg diutus menjadi juru selamat….walaupun misi mereka berbeda….musa menjadi juru selamat dalam membebaskan israel dari perbudakan mesir dan Yesus membebaskan manusia dari budak dosa

===============

Hamba Allah

Salah besar mas jika yesus di utus membebaskan manusia dari budak dosa…

Bukankah Allah maha pengasih & maha pengampun??

===============

Donny M.Sun

Baca Yoh 3:17 Sebab Allah mengutus anaknya kedalam dunia bukan untuk menghakimi dunia melainkan untuk menyelamatkan oleh dia.

Wah udah lari ke penebusan nih mas…..

===============

Hamba Allah

Ok mas kita gak membahas masalah penebusan dosa..

Kan sudah saya bilang kalau yesus itu di utus utk menebus dosa, salah besar.. Karena yesus adalah Nabi

Bukankah Allah maha pengasih & maha pengampun??

Ok mas…mazmur 86:15, Mazmur 130:3-4

Allah maha pengasih dan maha pengampun..

Kita kembali ke yohanes 1:21

===============

Donny M.Sun

Yoh 1:21 itu sdh saya sebutkan bahwa nabi itu merujuk pada Ulangan 18:18….karena para imam dan orang Lewi sangat mengetahui nubuatan itu…..

===============

Hamba Allah

Iya mas.. sebentar kalau merujuk ke taurat jauh mas..

===============

Donny M.Sun

Nubuatan mengenai siapa nabi itu hanya terdapat dalam Ulangan 18:18….karena Yesus sendiri mengatakan bahwa Musa menuliskan tentang dia….

Sekarang tinggal kesaksian Muhammad…..apakah muhammad pernah berkata bahwa musa menuliskan tentang dia…..kalau ada tuliskan dalilnye dalam Quran….

===============

Hamba Allah

Dalilnya dong mas..

===============

Donny M.Sun

Saya tunjukkan dalilnya dan mas nopan juga tuliskan dalil kesaksian muhammad…..kita liat mana yg jujur dari kedua nabi ini….

Bagaimana mas nopan bersedia….

===============

Hamba Allah

Maksudnya mas??

===============

Donny M.Sun

Yesus mengatakan bahwa musa menuliskan tentang dia….apakah muhammad juga ada berkata bahwa musa menuliskan tentang kedatangannya dalam Taurat….kita buktikan dalilnye….saya dari Alkitab dan mas nopan tunjukkan dalilnye dari Alquran…..apakah setuju…..???

===============

Hamba Allah

Gak salah mas??? Ok… Bukan muhammad yang mengatakan

===============

Donny M.Sun

Harus dari mulut muhammad…..

Kalau ane sdh pasti dari mulut Yesus sendiri…..

===============

Hamba Allah

Ok kita sandingkan ucapan yesus menurut alkitab dan perkataan yesus yg Allah firmankan dalam Al Quran

Siapa yg tidak jujur disini

===============

Donny M.Sun

Saya sdh  pasti percaya dgn kesaksian Yesus pada abad pertama bukan Isa yg muncul pada tahun 700 M

===============

Hamba Allah

Ayo kita sandingkan

===============

Donny M.Sun

Yg dipertanyakan kesaksian muhammad kok malah jawab Yesus…….bok jangan muter2

Kalau ngak ada bilang aja mas….ngak usah malu malu

===============

Hamba Allah

Eh mas situ ngutip kitab suci apa hadits

Kita sandingkan kitab suci situ dgn kitab suci saya

===============

Donny M.Sun

Boleh tapi kesaksian muhammad ya…..dan saya kesaksian dari Yesus…..

===============

Hamba Allah

Eh mas anda tahu Al Quran gak??

===============

Donny M.Sun

Waktu saya tinggal 30 menit lagi dan mau tdr….

===============

Hamba Allah

Ayo kita sandingkan

Katanya anda percaya dgn yesus pada abad pertama bukan Isa yg muncul pada tahun 700 M

===============

Donny M.Sun

Boleh ngak masalah….mana kasaksian muhammad

===============

Hamba Allah

Lho kok muter2..

===============

Donny M.Sun

Ya udah berarti emang ngak ada bukan….??? Ini saja udah gagal total karena tidak ada kesaksian dari mulut muhammad bahwa musa telah menuliskan tentang dia….

===============

Hamba Allah

Eh mas Allah sudah memberitahukan dalam Al Quran…

Ayo kita sandingkan, kitab suci anda

===============

Donny M.Sun

Ok….sekarang kesaksian dari mulut muhammad sendiri mana

===============

Hamba Allah

Gini aja deh, bawa dalilnya sini ulangan 18:18

===============

__Resurrection__

seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

===============

Hamba Allah

Terus permasalahan nya dimana??

===============

__Resurrection__

mohon mas donny jgn OOT

===============

Donny M.Sun

Bukankah ini ayat andalan muslim untuk membuktikan kenabian muhammad….

===============

Hamba Allah

Ok… dari antara saudara mereka

===============

Donny M.Sun

Nah….itu tahu

===============

Hamba Allah

Trus ?

===============

Donny M.Sun

Siapakah yg dimaksud dalam ayat itu “saudara mereka”….

===============

Hamba Allah

“Seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.” (Ulangan 18: 18)

Diantara Saudara Mereka

“Seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperli engkau ini…” (Ulangan 18: 18)

Ayat tersebut penekanannya pada kata-kata “Dari antara saudara mereka”. Musa dan kaumnya yakni orang-orang Yahudi, merupakan satu kesatuan ras dan ‘saudara’ mereka yang dimaksud ayat tersebut tanpa ragu-ragu adalah bangsa Arab. Bagaimana bisa bangsa Arab merupakan “Saudara” yang dimaksud ayat tersebut?

Nabi Ibrahim (Abraham) mempunyai 2 orang istri, Sarah dan Hajar. Hajar melahirkan seorang anak bernama Ismail, putra pertamanya. “

Lalu Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismail. Kejadian 16:15

“Dan, Ibrahrim memanggil Ismail, anaknya…. ” (Kejadian 17: 23).

“Dan, Ismail, anaknya, berumur 13 tahun ketika dikerat kulit khatannya.” (Kejadian 17: 25).

Sampai usia 13 tahun Ismail adalah satu-satunya anak dari benih Ibrahim, kemudian Tuhan memberi Ibrahim anak laki-laki melalui Sarah yang diberi nama Ishak, yang sangat muda dibandingkan Ismail.

Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya. Kejadian 21:5

Ismail dan Ishak adalah anak dari ayah yang sama yakni Ibrahim atau Abraham, mereka adalah kakak beradik. Karena itu, anak dari salah seorang mereka adalah saudara dari anak yang lain. Keturunan Ishak adalah bangsa Yahudi dan keturunan Ismail adalah bangsa Arab jadi bangsa Arab dan Yahudi bersaudara satu sama lain. Anak-anak Ishak adalah saudara dari keturunan Ismail, artinya Nabi Muhammad SAW berasal dari saudara bangsa Israel, karena dia adalah keturunan anak Ismail putra Ibrahim. Dan ini tepat sekali dengan ramalan tersebut: “… dari antara saudaramu” (Ulangan 18: 18).

Secara garis besar ramalan tersebut menyebutkan 2 dua syarat bagi nabi yang akan datang.

Pertama : Tidak berasal dari anak-anak Ishak atau di antara mereka sendiri,

Kedua : Berasal dari antara saudara mereka yakni keturunan Ismail.

Kedua syarat tersebut dipertegas oleh Kitab ulangan pasal 34: 10 yang berbunyi :

“Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi nabi yang bangkit di antara orang Israel,”

Dan kedua syarat tersebut ada pada Nabi Muhammad SAW yang berasal dari saudara mereka yakni bangsa Arab

===============

Donny M.Sun

Baik….muslim mengatakan bahwa kata saudara itu merujuk pada bangsa arab….bukan bgt mas nopan

===============

Hamba Allah

Betul

===============

Donny M.Sun

Kita lihat terjemahan KJV yg berbunyi The Lord thy God will raise up unto thee a prophet from the midst of thee, of thy brethren, like unto me; unto him ye shall hearken.

Sebagai contoh:

Bilangan 32:6 jawab Musa kepada bani Gad dan bani Ruben itu: Masakan SAUDARA-SAUDARAMU pergi berperang dan kamu tinggal disini??

Nah apakah kalimat saudara saudaramu diayat itu memaksudkan bani Ismael…..hehehe…sdh pastilah tidak.tapi berasal dari saudara bani israel itu sendiri

===============

Hamba Allah

Itu bukan nubuat

===============

Donny M.Sun

Kita hendak memahami makna dari kata saudara-saudaramu…..

Masih banyak ayat pendukung mas nopan yg menunjukkan kata saudara saudaramu itu berasal dari kalangan Israel sendiri bukan berasal dari luar

===============

Hamba Allah

Sudah di jelaskan mas di ulangan 34:10

===============

Donny M.Sun

Berhubung sdh jam 9 saya harus tdr malam……bsk kita lanjutkan lagi sesuai dgn topik…..ulangan 34:10 itu bisa saya jelaskan besok…..

===============

Hamba Allah

Tidak ada nabi yg bangkit di antara orang israel

===============

Donny M.Sun

Ngak usah kuatir….saya ngak akan kabur….

===============

Hamba Allah

Ok siap… besok jam 7 saja mas..

Siang saya kerja

===============

Donny M.Sun

Ok.setiap jam 7 saya senang bisa berdiskusi dgn mas nopan

===============

Hamba Allah

Sama2 mas..

=======================================================================

Hamba Allah

Kemarin sampai mana ya??

===============

Bunda Maria

ulngan 34:10

===============

Donny M.Sun

Baik saya paparkan dulu ayatnya….

===============

Hamba Allah

Tp yg ulangan 18:18 blm selesai

Kalau gak salah masih kata2 saudara deh

Ok mas dony..

===============

Donny M.Sun

Boleh….

===============

Bunda Maria

iya belum selesai 18:18

===============

Om Christ

Ulangan 18:18 (TB)  seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

===============

Donny M.Sun

Ulangan 18:18 ada 3 hal yg perlu diperhatikan mas nopan….

1.kata Bagimu

2.kata saudaramu

3.seperti engkau.

===============

Hamba Allah

Siap mas dony

===============

Donny M.Sun

Menurut mas nopan kata bagi mereka itu menunjuk pada siapa dalam ayat itu….apakah keturunan israel atau bani diluar israel

===============

Hamba Allah

Untuk mereka mas…

Karena Nabi Muhammad universal..

Donny M.Sun

Seorang nabi akan kubangkitkan bagi mereka…..siapakah “bagi mereka”dalam ayat itu….

===============

Hamba Allah

Untuk bani Israel..

===============

Donny M.Sun

Ok….

Kemudian kita lanjutkan kata”dari antara saudara mereka” ini menunjukkan siapa mas nopan…..

===============

Hamba Allah

Ismael mas…

===============

Donny M.Sun

Perhatikan kata2 ini mas nopan….”bagi mereka” dan “saudara mereka” kedua kata ini saling berkaitan satu dgn yg lainnya…..jadi tidak mungkin menunjuk pada bani ismail…..karena Allah sdng berkata kepada Musa seorang Israel….

===============

Hamba Allah

Lanjut mas.. Ada lg mas dony??

===============

Om Christ

Msh typing harap sabar

===============

Donny M.Sun

Jika membaca bahasa asli dari alkitab kata saudara itu berarti חא (akh).kata ini menandakan anggota dari suku yang sama dan bani ismail telah menjadi suku yg terpisah selama 5 abad pada saat itu.

===============

Hamba Allah

Lanjut mas..

===============

Donny M.Sun

Jadi tak mungkin kata saudara menunjuk ismail….bahkan didalam Alkitab tidak pernah ditemukan bahwa Ismail adalah saudara dari Israel….

===============

Hamba Allah

Ok mas, boleh saya menjawabnya?? Atau ada lagi yg ingin di sampaikan??

===============

Donny M.Sun

Saya persilahkan menunjukkan satu bukti dari Alkitab yg mengatakan bahwa Keturunan ismail adalah saudara dari Israel…..

Silahkan giliran….

===============

Hamba Allah

Ok mas..

Pertama bagi mereka adalah untuk bani Israel, dan saudara mereka adalah untuk bani Ismael..

Karena Nabi Muhammad adalah uiversal.. Yesus tidak universal..

===============

Donny M.Sun

Sdh bolehkah saya menjawab kembali….

===============

Hamba Allah

Silahkan mas..

===============

Donny M.Sun

Kita pahami dulu makna kata saudaramu…..saya tunjukkan satu ayat dalam Alkitab agar kita bisa memahami makna kata “saudara”

Ulangan 17:15 ….maka hanyalah raja yang dipilih Tuhan, Tuhanmu, yang harus kauangkat atasmu. Dari tengah-tengah saudara-saudaramu haruslah engkau mengangkat seorang raja atasmu; seorang asing yang bukan SAUDARAMU, tidaklah boleh kauangkat atasmu.

Nah dari ayat ini saya kita sdh paham bahwa makna kata saudaramu itu hanyalah diantara dua belas suku israel.

Saya buat sebuah perumpamaan buat mas nopan….silahkan nanti dikoment….

===============

Hamba Allah

Ok mas

===============

Donny M.Sun

Kita bisa membandingkannya dengan suku Bengali dan Afgan, keduanya memiliki nenek moyang Arya tapi bagi seorang Bengali “saudara sesuku” tidak akan berarti seorang Afgan dan sebaliknye.

Kesimpulannya nabi yg dinubuatkan datang dari 12 suku israel yg menjadi lawan bicara musa pada saat ia bernubuat, bukan bangsa bangsa lain yang adalah saudara jauh. Karena muhammad bukanlah orang israel.

===============

Hamba Allah

Boleh saya menjawabnya mas

===============

Donny M.Sun

Ya

===============

Hamba Allah

Contoh; Mas dony mempunyai 2 orang putra Si A dan Si B.. tiba2 si A pergi menjauh dari keluarga… apakah mas dony menganggap si A sudah tidak bersaudara lagi dengan si B??

Mas dony maaf saya isya dulu ya

===============

Donny M.Sun

Ok. Illustrasi ini tidak cocok menggambarkan situasi antara israel dan ismail…..dalam Alkitab diceritakan bahwa Ismail sangat memusuhi ishak dan ini bahkan sampai pada keturunan ishak…jadi tak mungkin musuh dari israel dipilih untuk menjadi nabi….

===============

Om Christ

Bs tunjukkan ayatnya?

===============

Donny M.Sun

Baca Mazmur 83:5,6,7 Kata mereka: marilah kita lenyapkan mereka sebagai bangsa, sehingga nama Israel tidak diingat lagi!

Sungguh mereka telah berunding dengan satu hati, mereka telah mengadakan perjanjian melawan engkau:

Penghuni kemah-kemah edom dan orang ismael, moab dan orang hagar,

Jelas bukan bahwa bani Ismael sangat membenci Israel….jadi tak mungkin nabi itu datang dari kalangan ismael….

Seperti yg tertulis dalam Ulangan 17:15 sangat jelas menunjuk siapa saudara dalam ayat itu…..

===============

Om Christ

Tunggu mas nopan saja

===============

Donny M.Sun

Waktu saya tinggal 40 menit lagi….

===============

Om Christ

Cukup asal ngetik/ ngopas nya g kelamaan

===============

Hamba Allah

Ok mas di lanjut

===============

Om Christ

Joz… Lanjut mz donny

Sekarang giliran mas nopan y?

===============

Hamba Allah

Illustrasi ini tidak cocok menggambarkan situasi antara israel dan ismail…..dalam Alkitab diceritakan bahwa Ismail sangat memusuhi ishak dan ini bahkan sampai pada keturunan ishak…jadi tak mungkin musuh dari israel dipilih untuk menjadi nabi….

Ini jawaban dari mas dony ya..

===============

Firsta Angga Yulianra Subiakto

Baca Mazmur 83:5,6,7 Kata mereka: marilah kita lenyapkan mereka sebagai bangsa, sehingga nama Israel tidak diingat lagi!

Sungguh mereka telah berunding dengan satu hati, mereka telah mengadakan perjanjian melawan engkau:

Penghuni kemah-kemah edom dan orang ismael, moab dan orang hagar,

Jelas bukan bahwa bani Ismael sangat membenci Israel….jadi tak mungkin nabi itu datang dari kalangan ismael….

Itu dari mas don juga

===============

Hamba Allah

Gak cocok darimana mas?? Abraham adalah bapak dari para Nabi, Jadi sudah jelas Ismael dan ishak bersaudara

===============

Donny M.Sun

Ismael tidak bersaudara dengan Israel atau Yakub….

===============

Donny M.Sun

Saudara Israel yaitu Esau….bisa dipahami mas….

Saya bisa buktikan ayatnya….

===============

Hamba Allah

Kalau mas dony menghubungkan dgn yakub lalu mas dony kenapa mengatakan kalau Ishak adalah orang Israel..

Tunjukakan saya ayatnya

Justru kontradiksi dgn esau.. Ingat mas esau tidak di berkati oleh tuhan..

===============

Donny M.Sun

Kita tidak membahas berkat….tapi siapa saudara israel…..ismail atau esau/edom…

Cukup satu saja ayatnya….

Bilangan 20:14 kemudian musa mengirim utusan dari Kadesh kepada raja Edom dengan pesan: Beginilah perkataan SAUDARAMU Israel: engkau tahu segala kesusahan yang telah menimpa kami,

===============

Hamba Allah

Saya paham mas…

Bukan saudara dari Israel, tetapi saudara dari bani Israel..

===============

Donny M.Sun

Kalau sdh paham bgmn kalau kita lanjutkan yg ketiga…..

===============

Hamba Allah

Nanti dulu mas..

Permasalahannya mas abraham adalah bapa dari para Nabi..

===============

Donny M.Sun

Itu benar….masalahnya apa mas….

===============

Hamba Allah

Dari situ sudah jelas keturunan ishak bersaudara dgn keturunan ismael..

===============

Donny M.Sun

Tapi sungguh disayangkan mas Alkitab tidak mengatakannya….bahkan Quran pun tidak mengatakannya…..yang bersaudara itu ishak dan ismail….kalau bicara keturunan mereka hanyalah saudara jauh bukan saudara dekat….

Berkat kenabian hanya diberikan kepada bangsa israel saja….silahkan lihat QS.45:16; QS.29:27

===============

Hamba Allah

Tetapi intinya saudara mas.. Dan bible tidak mengatakan saudara jauh dan saudara dekat

===============

Donny M.Sun

Memang tapi saudara yang Jauh……bukan saudara dekat.

===============

Hamba Allah

Bible hanya mengatakan saudara

===============

Donny M.Sun

Bible tidak menyebutkan keturunan ismail adalah saudara dari keturunan Israel….

===============

Hamba Allah

Apakah saudara yg jauh bukan saudara??

===============

Donny M.Sun

Saya bisa buktikan dari Alkitab…

===============

Hamba Allah

Apakah saudara yg jauh bukan saudara??

Masih ada darah daging abraham

===============

Donny M.Sun

Ingat mas nopan israel itu ada 12 suku bukan hanya satu suku saja……dan mereka semua saudara kandung bukan saudara jauh seperti ismail….

===============

Hamba Allah

Intinya masih saudara bukan mas??

===============

Donny M.Sun

Benar

===============

Hamba Allah

Ok jadi Ismael dan ishak bersaudara, begitu juga keturunannya masih bersaudara, karena masih ada darah daging abraham

===============

Donny M.Sun

Hehehe…..saya menghargai argument mas nopan walau sedikit agak dipaksakan….

===============

Hamba Allah

Saya gak maksa mas..ini fakta lho..

Utk apa saya menutupi..

Jadi clear ya mas, dalam ulangan 18:18 yg di maksud saudara disana adalah dari bani ismael

===============

Om Christ

Ismael dan ishak adalah anak ibrahim artinya keduanya bersaudara

Begitujuga dg keturunannya Yakni bangsa israel dan arab

Silahkan Lanjut lg

===============

Hamba Allah

Ok mas lanjut yg ke 3

===============

Donny M.Sun

Israel bukan saudara dari ismail tapi Musuh…..sesuai dgn Mazmur 83:5-7

Itu kesimpulan saya…..kita punya argument masing masing dan saya hargai itu…..

===============

Om Christ

Mau musuhan mau pacaran yg jelas mereka bersaudara

Silahkan lanjut

===============

Hamba Allah

Ok kalau mas menganggap mas dan saya musuh gak masalah, tetapi saya mengimani Nabi dari Israel dan Nabi Muhammad Saw..

===============

Donny M.Sun

Lanjut yg ketiga…..

Perhatikan kata”seperti engkau”….apakah muhammad seperti Musa…..silahkan mas nopan paparkan…..nanti kita bandingkan dgn Yesus….

Jawabannya besok saja…..terima kasih buat diskusinya malam ini mas nopan…..

===============

Hamba Allah

Ok deh mas don…

Saya senang bisa berdiskusi dgn mas doni

Salam santun..

===============

Om Christ

Diskusi ditunda

Namun Donny M Sun meninggalkan group, dan diskusi tidak bisa dilanjut.

Edited by Bunda Maria

Iklan