Hamba Allah (Muslim), dengan
Donny M Sun (Saksi-saksi Yehuwa)
Tema : Muhammad in The Bible
Perlu anda non muslim ketahui bahwa Al Quran adalah wahyu Allah kepada Muhammad saw. Jadi segala isi Al Quran adalah perkataan Allah. Tidak ada perkataan Muhammad saw ataupun perkataan Nabi lainnya. Yang ada adalah perkataan para nabi yang diceritakan oleh Allah. Ataupun perkataan kaum para nabi yang diceritakan oleh Allah. Jadi jangan harap anda menemukan perkataan Muhammad saw di dalamnya.
Donny M.Sun
Silahkan nopan membuka satu nubuatan muhammad yg konon katenye terdapat dalam Alkitab….
===============
Bunda Maria
ehm silahkan steril yah areanya
===============
Hamba Allah
Orang2 yahudi pada zaman itu mengharapkan kedatangan 3 orang nabi..
Dan mereka bertanya kepadanya, ”Kalau begitu, siapa? Apakah engkau Elia?” Dan ia mengatakan, ”Bukan.” ”Apakah engkau sang Nabi?” (Yohanes 1:21)
Pertanyaanya siapakah nabi yg di maksud yohanes 1:21
Sudah jelas yesus adalah mesias
Yohanes adalah elia
Dan siapakah sang Nabi ini?
===============
Bunda Maria
silahkan mas Donny
===============
Donny M.Sun
Yoh 1:20 Yohanes dgn jujur mengatakan kalau ia bukanlah sang Mesias yang berarti Pribadi yg diurapi….
Yoh 1:21 ini pertanyaan yg diajukan oleh imam dan orang lewi kepada Yohanes….dan pertanyaan ini merujuk pada nubuatan nabi maleakhi yg mengatakan bahwa elia akan datang sebelum kedatangan sang mesias atau nabi besar itu….baca Maleakhi 4:5
Dan Yohanes juga dgn jujur mengatakan bahwa ia bukanlah Elia
Selanjutnya siapakah nabi itu….pertanyaan ini merujuk pada nubuatan Musa mengenai nabi besar yg akan datang melalui bangsa Israel….baca Ulangan 18:18….Dan memang Yohanes mengakui dia bukanlah nabi itu….
Jadi siapakah nabi itu….jawabannya ada di Yohanes 1:30 yaitu Yesus
===============
Hamba Allah
Kontradiksi dgn perkataan yesus mas..
Yesus menyebut bahwa yohanes adalah elia
===============
Donny M.Sun
Memang benar dan tepat Yesus mengatakan bahwa Yohanes adalah Elia dalam arti peranan dan perbuatan yg dilakukan Yohanes mirip dgn yang dilakukan Elia….bukan dalam arti harfiah…..baca lagi Lukas 1:17 yg berbunyi dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam Roh dan kuasa Elia….
===============
Hamba Allah
Ok mas..
Ada lagi..?
===============
Donny M.Sun
Misalnya jika kita melihat seseorang melakukan sesuatu yg mirip dgn yg pernah diperbuat oleh Presiden Sukarno apakah kita akan menyimpulkan bahwa ia adalah presiden sukarno….
===============
Hamba Allah
Kontaradiksi dgn perkataan Yohanes mas..sedangkan Yohanes mengatakan dia bukan elia…
Ok lah, kita gak bahas masalah yohanes
===============
Donny M.Sun
Lihat perumpamaan saya diatas….
===============
Hamba Allah
Kita ambil jalan tengah
Yesus adalah mesias
Yohanes adalah elia
Dan menurut mas doni yesus adalah nabi…
Betul mas??
===============
Donny M.Sun
Bukan menurut saya tapi Alkitab yg mengatakannya…..
===============
Hamba Allah
Ya tapi kan mas dony membacanya, secara tidak langsung mas dony meng iyakan apa isi dari alkitab…
===============
Donny M.Sun
Anggaplah bgt….
===============
Hamba Allah
Ok mas…
Jika yesus adalah nabi berarti dia bukanlah juru selamat
===============
Donny M.Sun
Siapa yg bilang bgt….musa disebut nabi dan juga juru selamat tapi yg jadi sumbernya tetap satu yaitu YHWH
===============
Hamba Allah
Kontradiksi lg dong mas…musa hanya membebaskan orang israel dan bukan juru selamat
===============
Donny M.Sun
Istilah juru selamat itu luas maknanya bukan sempit….apakah musa tdk bisa dikatakan juru selamat karena telah membebaskan israel dari mesir…..kalau bgt apa sebutan yg layak bagi orang yg telah menyelamatkan
===============
Hamba Allah
Bukankah tidak ada juru selamat selain Tuhan??
===============
Donny M.Sun
Misalnya kita menyelamatkan seseorang yg hampir mati tenggelam….terus dia mengatakan kalau tidak ada kamu mungkin aku telah mati….kamu telah menjadi juru selamatku
===============
Hamba Allah
Mas adri online ya
===============
Bunda Maria
mas adri
===============
Donny M.Sun
Tuhan adalah sumber dari keselamatan itu….musa dan Yesus adalah perantaranya
===============
Hamba Allah
Mba ica bisa tolong kutipin alkitab gak
Hosea 13:4, Yesaya 43:3
===============
Donny M.Sun
Jangan dilewatkan setiap perumpamaan ane….
===============
Hamba Allah
Yesaya 43:11
Ok mas, saya gak melewatkan
Saya mau membuka dalil
===============
Bunda Maria
yeyasa 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
===============
Hamba Allah
Hosea 13:4, Yesaya 43:3 mba
===============
Bunda Maria
hosea 13:4 Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.
yeyasa 43:(3) Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.
===============
Hamba Allah
Ok mba makasih
Yesus juru selamat apa mas??
Menebus dosa??
Mohon izin break sebentar dulu ya…
Nanti habis ashar di lanjut
===============
Bunda Maria
oke break dulu
===============
Donny M.Sun
Ok
===============
Hamba Allah
Maaf mas don, bisa di lanjut??
===============
Bunda Maria
ehmmm silahkan mas don
===============
Donny M.Sun
Maap nih…..ane udah mau mandi….udah kebuka semuanye nih….ntar aje yeee…
===============
Hamba Allah
86 mas dony…
===============
Donny M.Sun
Ane ngak bakalan kabur kok…
===============
junior jr
ngopie maning di pojokan
===============
__Resurrection__
break heula kang
===============
Donny M.Sun
Waktunye buat makan…..
===============
a-ghost rider
Ayo mas don lanjutkan perjuanganmu…
===============
Hamba Allah
Monggo
Dari dalil di atas bahwa tidak ada juru selamat selain Tuhan..
Yesaya 43:(11) Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
hosea 13:(4) Tetapi Aku adalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.
yeyasa 43:(3) Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.
Menurut mas dony yesus adalah juru selamat..
Pertanyaanya Juru selamat apa??
===============
Donny M.Sun
Sdh saya jawab td….sumber dari keselamatan itu adalah Allah melalui Yesus….
Yes 19:20 itu akan menjadi tanda kesaksian bagi Tuhan semesta alam ditanah mesir: apabila mereka berseru kpd Tuhan oleh karena orang2 penindas, maka ia akan mengirim seorang juru selamat kpd mereka yang akan berjuang dan akan melepaskan mereka.
Musa dikatakan juru selamat….
Yesus juga dapat dikatakan Juru selamat silahkan baca Lukas 1:11 berkata Hari ini telah lahir bagimu juru selamat yaitu Kristus, Tuhan dikota Daud
Makna juru selamat ini sangat Luas pengertiannya…..
===============
Hamba Allah
Sebentar mas don saya baca jawabannya
Ok mas, Musa adalah juru selamat
Dan Yesus juru selamat, Tp beda konteks
Kalo yesus juru selamat sebagai penebus dosa, adalah salah besar..
===============
Donny M.Sun
Maap ni pembahasan udah melenceng mas….
Silahkan tuliskan argument mas sehubungan dgn nubuatan muhammad dlm alkitab
Ntar sy menyanggahnya dari Alkitab
Pembahasan penebusan dosa nanti bisa kita bahas
===============
Hamba Allah
Ok mas…sebenarnya tidak melenceng dari alkitab
Pembahasan maksud saya.. Ini masih membahas yohanes 1:21
Karena mas dony mengatakan yesus itu nabi
Karena kalau nabi tidak berhak sebagai juru selamat (dalam konteks yesus)
===============
Donny M.Sun
Apakah susah dibaca Yes 19:20 diatas….bukankah musa diutus untuk menjadi juru selamat…..dan menurut ane konteksnya sama dgn Yesus yg diutus menjadi juru selamat….walaupun misi mereka berbeda….musa menjadi juru selamat dalam membebaskan israel dari perbudakan mesir dan Yesus membebaskan manusia dari budak dosa
===============
Hamba Allah
Salah besar mas jika yesus di utus membebaskan manusia dari budak dosa…
Bukankah Allah maha pengasih & maha pengampun??
===============
Donny M.Sun
Baca Yoh 3:17 Sebab Allah mengutus anaknya kedalam dunia bukan untuk menghakimi dunia melainkan untuk menyelamatkan oleh dia.
Wah udah lari ke penebusan nih mas…..
===============
Hamba Allah
Ok mas kita gak membahas masalah penebusan dosa..
Kan sudah saya bilang kalau yesus itu di utus utk menebus dosa, salah besar.. Karena yesus adalah Nabi
Bukankah Allah maha pengasih & maha pengampun??
Ok mas…mazmur 86:15, Mazmur 130:3-4
Allah maha pengasih dan maha pengampun..
Kita kembali ke yohanes 1:21
===============
Donny M.Sun
Yoh 1:21 itu sdh saya sebutkan bahwa nabi itu merujuk pada Ulangan 18:18….karena para imam dan orang Lewi sangat mengetahui nubuatan itu…..
===============
Hamba Allah
Iya mas.. sebentar kalau merujuk ke taurat jauh mas..
===============
Donny M.Sun
Nubuatan mengenai siapa nabi itu hanya terdapat dalam Ulangan 18:18….karena Yesus sendiri mengatakan bahwa Musa menuliskan tentang dia….
Sekarang tinggal kesaksian Muhammad…..apakah muhammad pernah berkata bahwa musa menuliskan tentang dia…..kalau ada tuliskan dalilnye dalam Quran….
===============
Hamba Allah
Dalilnya dong mas..
===============
Donny M.Sun
Saya tunjukkan dalilnya dan mas nopan juga tuliskan dalil kesaksian muhammad…..kita liat mana yg jujur dari kedua nabi ini….
Bagaimana mas nopan bersedia….
===============
Hamba Allah
Maksudnya mas??
===============
Donny M.Sun
Yesus mengatakan bahwa musa menuliskan tentang dia….apakah muhammad juga ada berkata bahwa musa menuliskan tentang kedatangannya dalam Taurat….kita buktikan dalilnye….saya dari Alkitab dan mas nopan tunjukkan dalilnye dari Alquran…..apakah setuju…..???
===============
Hamba Allah
Gak salah mas??? Ok… Bukan muhammad yang mengatakan
===============
Donny M.Sun
Harus dari mulut muhammad…..
Kalau ane sdh pasti dari mulut Yesus sendiri…..
===============
Hamba Allah
Ok kita sandingkan ucapan yesus menurut alkitab dan perkataan yesus yg Allah firmankan dalam Al Quran
Siapa yg tidak jujur disini
===============
Donny M.Sun
Saya sdh pasti percaya dgn kesaksian Yesus pada abad pertama bukan Isa yg muncul pada tahun 700 M
===============
Hamba Allah
Ayo kita sandingkan
===============
Donny M.Sun
Yg dipertanyakan kesaksian muhammad kok malah jawab Yesus…….bok jangan muter2
Kalau ngak ada bilang aja mas….ngak usah malu malu
===============
Hamba Allah
Eh mas situ ngutip kitab suci apa hadits
Kita sandingkan kitab suci situ dgn kitab suci saya
===============
Donny M.Sun
Boleh tapi kesaksian muhammad ya…..dan saya kesaksian dari Yesus…..
===============
Hamba Allah
Eh mas anda tahu Al Quran gak??
===============
Donny M.Sun
Waktu saya tinggal 30 menit lagi dan mau tdr….
===============
Hamba Allah
Ayo kita sandingkan
Katanya anda percaya dgn yesus pada abad pertama bukan Isa yg muncul pada tahun 700 M
===============
Donny M.Sun
Boleh ngak masalah….mana kasaksian muhammad
===============
Hamba Allah
Lho kok muter2..
===============
Donny M.Sun
Ya udah berarti emang ngak ada bukan….??? Ini saja udah gagal total karena tidak ada kesaksian dari mulut muhammad bahwa musa telah menuliskan tentang dia….
===============
Hamba Allah
Eh mas Allah sudah memberitahukan dalam Al Quran…
Ayo kita sandingkan, kitab suci anda
===============
Donny M.Sun
Ok….sekarang kesaksian dari mulut muhammad sendiri mana
===============
Hamba Allah
Gini aja deh, bawa dalilnya sini ulangan 18:18
===============
__Resurrection__
seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
===============
Hamba Allah
Terus permasalahan nya dimana??
===============
__Resurrection__
mohon mas donny jgn OOT
===============
Donny M.Sun
Bukankah ini ayat andalan muslim untuk membuktikan kenabian muhammad….
===============
Hamba Allah
Ok… dari antara saudara mereka
===============
Donny M.Sun
Nah….itu tahu
===============
Hamba Allah
Trus ?
===============
Donny M.Sun
Siapakah yg dimaksud dalam ayat itu “saudara mereka”….
===============
Hamba Allah
“Seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.” (Ulangan 18: 18)
Diantara Saudara Mereka
“Seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperli engkau ini…” (Ulangan 18: 18)
Ayat tersebut penekanannya pada kata-kata “Dari antara saudara mereka”. Musa dan kaumnya yakni orang-orang Yahudi, merupakan satu kesatuan ras dan ‘saudara’ mereka yang dimaksud ayat tersebut tanpa ragu-ragu adalah bangsa Arab. Bagaimana bisa bangsa Arab merupakan “Saudara” yang dimaksud ayat tersebut?
Nabi Ibrahim (Abraham) mempunyai 2 orang istri, Sarah dan Hajar. Hajar melahirkan seorang anak bernama Ismail, putra pertamanya. “
Lalu Hagar melahirkan seorang anak laki-laki bagi Abram dan Abram menamai anak yang dilahirkan Hagar itu Ismail. Kejadian 16:15
“Dan, Ibrahrim memanggil Ismail, anaknya…. ” (Kejadian 17: 23).
“Dan, Ismail, anaknya, berumur 13 tahun ketika dikerat kulit khatannya.” (Kejadian 17: 25).
Sampai usia 13 tahun Ismail adalah satu-satunya anak dari benih Ibrahim, kemudian Tuhan memberi Ibrahim anak laki-laki melalui Sarah yang diberi nama Ishak, yang sangat muda dibandingkan Ismail.
Adapun Abraham berumur seratus tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya. Kejadian 21:5
Ismail dan Ishak adalah anak dari ayah yang sama yakni Ibrahim atau Abraham, mereka adalah kakak beradik. Karena itu, anak dari salah seorang mereka adalah saudara dari anak yang lain. Keturunan Ishak adalah bangsa Yahudi dan keturunan Ismail adalah bangsa Arab jadi bangsa Arab dan Yahudi bersaudara satu sama lain. Anak-anak Ishak adalah saudara dari keturunan Ismail, artinya Nabi Muhammad SAW berasal dari saudara bangsa Israel, karena dia adalah keturunan anak Ismail putra Ibrahim. Dan ini tepat sekali dengan ramalan tersebut: “… dari antara saudaramu” (Ulangan 18: 18).
Secara garis besar ramalan tersebut menyebutkan 2 dua syarat bagi nabi yang akan datang.
Pertama : Tidak berasal dari anak-anak Ishak atau di antara mereka sendiri,
Kedua : Berasal dari antara saudara mereka yakni keturunan Ismail.
Kedua syarat tersebut dipertegas oleh Kitab ulangan pasal 34: 10 yang berbunyi :
“Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi nabi yang bangkit di antara orang Israel,”
Dan kedua syarat tersebut ada pada Nabi Muhammad SAW yang berasal dari saudara mereka yakni bangsa Arab
===============
Donny M.Sun
Baik….muslim mengatakan bahwa kata saudara itu merujuk pada bangsa arab….bukan bgt mas nopan
===============
Hamba Allah
Betul
===============
Donny M.Sun
Kita lihat terjemahan KJV yg berbunyi The Lord thy God will raise up unto thee a prophet from the midst of thee, of thy brethren, like unto me; unto him ye shall hearken.
Sebagai contoh:
Bilangan 32:6 jawab Musa kepada bani Gad dan bani Ruben itu: Masakan SAUDARA-SAUDARAMU pergi berperang dan kamu tinggal disini??
Nah apakah kalimat saudara saudaramu diayat itu memaksudkan bani Ismael…..hehehe…sdh pastilah tidak.tapi berasal dari saudara bani israel itu sendiri
===============
Hamba Allah
Itu bukan nubuat
===============
Donny M.Sun
Kita hendak memahami makna dari kata saudara-saudaramu…..
Masih banyak ayat pendukung mas nopan yg menunjukkan kata saudara saudaramu itu berasal dari kalangan Israel sendiri bukan berasal dari luar
===============
Hamba Allah
Sudah di jelaskan mas di ulangan 34:10
===============
Donny M.Sun
Berhubung sdh jam 9 saya harus tdr malam……bsk kita lanjutkan lagi sesuai dgn topik…..ulangan 34:10 itu bisa saya jelaskan besok…..
===============
Hamba Allah
Tidak ada nabi yg bangkit di antara orang israel
===============
Donny M.Sun
Ngak usah kuatir….saya ngak akan kabur….
===============
Hamba Allah
Ok siap… besok jam 7 saja mas..
Siang saya kerja
===============
Donny M.Sun
Ok.setiap jam 7 saya senang bisa berdiskusi dgn mas nopan
===============
Hamba Allah
Sama2 mas..
=======================================================================
Hamba Allah
Kemarin sampai mana ya??
===============
Bunda Maria
ulngan 34:10
===============
Donny M.Sun
Baik saya paparkan dulu ayatnya….
===============
Hamba Allah
Tp yg ulangan 18:18 blm selesai
Kalau gak salah masih kata2 saudara deh
Ok mas dony..
===============
Donny M.Sun
Boleh….
===============
Bunda Maria
iya belum selesai 18:18
===============
Om Christ
Ulangan 18:18 (TB) seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
===============
Donny M.Sun
Ulangan 18:18 ada 3 hal yg perlu diperhatikan mas nopan….
1.kata Bagimu
2.kata saudaramu
3.seperti engkau.
===============
Hamba Allah
Siap mas dony
===============
Donny M.Sun
Menurut mas nopan kata bagi mereka itu menunjuk pada siapa dalam ayat itu….apakah keturunan israel atau bani diluar israel
===============
Hamba Allah
Untuk mereka mas…
Karena Nabi Muhammad universal..
Donny M.Sun
Seorang nabi akan kubangkitkan bagi mereka…..siapakah “bagi mereka”dalam ayat itu….
===============
Hamba Allah
Untuk bani Israel..
===============
Donny M.Sun
Ok….
Kemudian kita lanjutkan kata”dari antara saudara mereka” ini menunjukkan siapa mas nopan…..
===============
Hamba Allah
Ismael mas…
===============
Donny M.Sun
Perhatikan kata2 ini mas nopan….”bagi mereka” dan “saudara mereka” kedua kata ini saling berkaitan satu dgn yg lainnya…..jadi tidak mungkin menunjuk pada bani ismail…..karena Allah sdng berkata kepada Musa seorang Israel….
===============
Hamba Allah
Lanjut mas.. Ada lg mas dony??
===============
Om Christ
Msh typing harap sabar
===============
Donny M.Sun
Jika membaca bahasa asli dari alkitab kata saudara itu berarti חא (akh).kata ini menandakan anggota dari suku yang sama dan bani ismail telah menjadi suku yg terpisah selama 5 abad pada saat itu.
===============
Hamba Allah
Lanjut mas..
===============
Donny M.Sun
Jadi tak mungkin kata saudara menunjuk ismail….bahkan didalam Alkitab tidak pernah ditemukan bahwa Ismail adalah saudara dari Israel….
===============
Hamba Allah
Ok mas, boleh saya menjawabnya?? Atau ada lagi yg ingin di sampaikan??
===============
Donny M.Sun
Saya persilahkan menunjukkan satu bukti dari Alkitab yg mengatakan bahwa Keturunan ismail adalah saudara dari Israel…..
Silahkan giliran….
===============
Hamba Allah
Ok mas..
Pertama bagi mereka adalah untuk bani Israel, dan saudara mereka adalah untuk bani Ismael..
Karena Nabi Muhammad adalah uiversal.. Yesus tidak universal..
===============
Donny M.Sun
Sdh bolehkah saya menjawab kembali….
===============
Hamba Allah
Silahkan mas..
===============
Donny M.Sun
Kita pahami dulu makna kata saudaramu…..saya tunjukkan satu ayat dalam Alkitab agar kita bisa memahami makna kata “saudara”
Ulangan 17:15 ….maka hanyalah raja yang dipilih Tuhan, Tuhanmu, yang harus kauangkat atasmu. Dari tengah-tengah saudara-saudaramu haruslah engkau mengangkat seorang raja atasmu; seorang asing yang bukan SAUDARAMU, tidaklah boleh kauangkat atasmu.
Nah dari ayat ini saya kita sdh paham bahwa makna kata saudaramu itu hanyalah diantara dua belas suku israel.
Saya buat sebuah perumpamaan buat mas nopan….silahkan nanti dikoment….
===============
Hamba Allah
Ok mas
===============
Donny M.Sun
Kita bisa membandingkannya dengan suku Bengali dan Afgan, keduanya memiliki nenek moyang Arya tapi bagi seorang Bengali “saudara sesuku” tidak akan berarti seorang Afgan dan sebaliknye.
Kesimpulannya nabi yg dinubuatkan datang dari 12 suku israel yg menjadi lawan bicara musa pada saat ia bernubuat, bukan bangsa bangsa lain yang adalah saudara jauh. Karena muhammad bukanlah orang israel.
===============
Hamba Allah
Boleh saya menjawabnya mas
===============
Donny M.Sun
Ya
===============
Hamba Allah
Contoh; Mas dony mempunyai 2 orang putra Si A dan Si B.. tiba2 si A pergi menjauh dari keluarga… apakah mas dony menganggap si A sudah tidak bersaudara lagi dengan si B??
Mas dony maaf saya isya dulu ya
===============
Donny M.Sun
Ok. Illustrasi ini tidak cocok menggambarkan situasi antara israel dan ismail…..dalam Alkitab diceritakan bahwa Ismail sangat memusuhi ishak dan ini bahkan sampai pada keturunan ishak…jadi tak mungkin musuh dari israel dipilih untuk menjadi nabi….
===============
Om Christ
Bs tunjukkan ayatnya?
===============
Donny M.Sun
Baca Mazmur 83:5,6,7 Kata mereka: marilah kita lenyapkan mereka sebagai bangsa, sehingga nama Israel tidak diingat lagi!
Sungguh mereka telah berunding dengan satu hati, mereka telah mengadakan perjanjian melawan engkau:
Penghuni kemah-kemah edom dan orang ismael, moab dan orang hagar,
Jelas bukan bahwa bani Ismael sangat membenci Israel….jadi tak mungkin nabi itu datang dari kalangan ismael….
Seperti yg tertulis dalam Ulangan 17:15 sangat jelas menunjuk siapa saudara dalam ayat itu…..
===============
Om Christ
Tunggu mas nopan saja
===============
Donny M.Sun
Waktu saya tinggal 40 menit lagi….
===============
Om Christ
Cukup asal ngetik/ ngopas nya g kelamaan
===============
Hamba Allah
Ok mas di lanjut
===============
Om Christ
Joz… Lanjut mz donny
Sekarang giliran mas nopan y?
===============
Hamba Allah
Illustrasi ini tidak cocok menggambarkan situasi antara israel dan ismail…..dalam Alkitab diceritakan bahwa Ismail sangat memusuhi ishak dan ini bahkan sampai pada keturunan ishak…jadi tak mungkin musuh dari israel dipilih untuk menjadi nabi….
Ini jawaban dari mas dony ya..
===============
Firsta Angga Yulianra Subiakto
Baca Mazmur 83:5,6,7 Kata mereka: marilah kita lenyapkan mereka sebagai bangsa, sehingga nama Israel tidak diingat lagi!
Sungguh mereka telah berunding dengan satu hati, mereka telah mengadakan perjanjian melawan engkau:
Penghuni kemah-kemah edom dan orang ismael, moab dan orang hagar,
Jelas bukan bahwa bani Ismael sangat membenci Israel….jadi tak mungkin nabi itu datang dari kalangan ismael….
Itu dari mas don juga
===============
Hamba Allah
Gak cocok darimana mas?? Abraham adalah bapak dari para Nabi, Jadi sudah jelas Ismael dan ishak bersaudara
===============
Donny M.Sun
Ismael tidak bersaudara dengan Israel atau Yakub….
===============
Donny M.Sun
Saudara Israel yaitu Esau….bisa dipahami mas….
Saya bisa buktikan ayatnya….
===============
Hamba Allah
Kalau mas dony menghubungkan dgn yakub lalu mas dony kenapa mengatakan kalau Ishak adalah orang Israel..
Tunjukakan saya ayatnya
Justru kontradiksi dgn esau.. Ingat mas esau tidak di berkati oleh tuhan..
===============
Donny M.Sun
Kita tidak membahas berkat….tapi siapa saudara israel…..ismail atau esau/edom…
Cukup satu saja ayatnya….
Bilangan 20:14 kemudian musa mengirim utusan dari Kadesh kepada raja Edom dengan pesan: Beginilah perkataan SAUDARAMU Israel: engkau tahu segala kesusahan yang telah menimpa kami,
===============
Hamba Allah
Saya paham mas…
Bukan saudara dari Israel, tetapi saudara dari bani Israel..
===============
Donny M.Sun
Kalau sdh paham bgmn kalau kita lanjutkan yg ketiga…..
===============
Hamba Allah
Nanti dulu mas..
Permasalahannya mas abraham adalah bapa dari para Nabi..
===============
Donny M.Sun
Itu benar….masalahnya apa mas….
===============
Hamba Allah
Dari situ sudah jelas keturunan ishak bersaudara dgn keturunan ismael..
===============
Donny M.Sun
Tapi sungguh disayangkan mas Alkitab tidak mengatakannya….bahkan Quran pun tidak mengatakannya…..yang bersaudara itu ishak dan ismail….kalau bicara keturunan mereka hanyalah saudara jauh bukan saudara dekat….
Berkat kenabian hanya diberikan kepada bangsa israel saja….silahkan lihat QS.45:16; QS.29:27
===============
Hamba Allah
Tetapi intinya saudara mas.. Dan bible tidak mengatakan saudara jauh dan saudara dekat
===============
Donny M.Sun
Memang tapi saudara yang Jauh……bukan saudara dekat.
===============
Hamba Allah
Bible hanya mengatakan saudara
===============
Donny M.Sun
Bible tidak menyebutkan keturunan ismail adalah saudara dari keturunan Israel….
===============
Hamba Allah
Apakah saudara yg jauh bukan saudara??
===============
Donny M.Sun
Saya bisa buktikan dari Alkitab…
===============
Hamba Allah
Apakah saudara yg jauh bukan saudara??
Masih ada darah daging abraham
===============
Donny M.Sun
Ingat mas nopan israel itu ada 12 suku bukan hanya satu suku saja……dan mereka semua saudara kandung bukan saudara jauh seperti ismail….
===============
Hamba Allah
Intinya masih saudara bukan mas??
===============
Donny M.Sun
Benar
===============
Hamba Allah
Ok jadi Ismael dan ishak bersaudara, begitu juga keturunannya masih bersaudara, karena masih ada darah daging abraham
===============
Donny M.Sun
Hehehe…..saya menghargai argument mas nopan walau sedikit agak dipaksakan….
===============
Hamba Allah
Saya gak maksa mas..ini fakta lho..
Utk apa saya menutupi..
Jadi clear ya mas, dalam ulangan 18:18 yg di maksud saudara disana adalah dari bani ismael
===============
Om Christ
Ismael dan ishak adalah anak ibrahim artinya keduanya bersaudara
Begitujuga dg keturunannya Yakni bangsa israel dan arab
Silahkan Lanjut lg
===============
Hamba Allah
Ok mas lanjut yg ke 3
===============
Donny M.Sun
Israel bukan saudara dari ismail tapi Musuh…..sesuai dgn Mazmur 83:5-7
Itu kesimpulan saya…..kita punya argument masing masing dan saya hargai itu…..
===============
Om Christ
Mau musuhan mau pacaran yg jelas mereka bersaudara
Silahkan lanjut
===============
Hamba Allah
Ok kalau mas menganggap mas dan saya musuh gak masalah, tetapi saya mengimani Nabi dari Israel dan Nabi Muhammad Saw..
===============
Donny M.Sun
Lanjut yg ketiga…..
Perhatikan kata”seperti engkau”….apakah muhammad seperti Musa…..silahkan mas nopan paparkan…..nanti kita bandingkan dgn Yesus….
Jawabannya besok saja…..terima kasih buat diskusinya malam ini mas nopan…..
===============
Hamba Allah
Ok deh mas don…
Saya senang bisa berdiskusi dgn mas doni
Salam santun..
===============
Om Christ
Diskusi ditunda
Namun Donny M Sun meninggalkan group, dan diskusi tidak bisa dilanjut.
Edited by Bunda Maria
Berani karena benar, takut karena salah. Semoga rasa takut itu menjadi hidayah untuk menerima kebenaran.Amin.
Muhammad seperti Musa pernah dijelasin di salah satu videonya Alm.Ahmad Deedat
“seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka….” apakah ini merujuk ke Yesus…? kalau ini diakui merujuk ke Yesus berarti Yesus seorang Nabi..bukan Tuhan….bgm..?……
Dia sedia disebut apa saja, a.l:
Nabi, guru, pelayan, hakim
Jalan dan kebenaran,
Batu penjuru, dll.
Salam Damai!
Nanti dikira boleh nyebut “SETAN’ lagi….hehehe…batu penjuru itu dari bangsa lain…
Dia (yesus) sedia disebut apa saja, a.l:
Nabi, guru, pelayan, hakim
Jalan dan kebenaran,
Batu penjuru, dll.
yesus = tuhan
jadi tuhan sedia disebut apa saja, a.l: nabi, guru, pelayan, hakim, de-el-el-de-el-el
yesaya 46:5 “Kepada siapakah kamu hendak menyamakan Aku, hendak membandingkan dan mengumpamakan Aku, sehingga kami sama?”
Langsung didilet ya bun!
Ulangan 18:18 “seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.”
Coba perhatikan nubuat diatas dengan seksama….
1.Siapa yang berfirman dalam ayat tersebut..? Semua tentu sepakat Allah yang berkata/berfirman kepad Musa…
2.”Seorang nabi akan kubangkitkan…” = Allah akan membangkitkan/mengutus seorang “NABI” bukan akan mengutus “Tuhan” atau dirinya sendiri menjelma menjadi manusia…
3. “…Aku akan menaruh firmanKu dalam mulutnya dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.” = Allah akan berfiman kepada nabi itu dan nabi itu akan menyampaikannya pada umatnya..= nabi itu berkata-kata atas perintah Allah bukan atas kemauannya sendiri”… pantaskah “seorang Tuhan” berkata-kata bukan atas kemauannya sendiri? tapi ada yang menyuruh yaitu Tuhan lain?
Sebenarnya dalam nubuat ini ibarat buah simalakama bagi penganut kristen..kalau tidak diakui ditujukan pada Yesus kepada siapa akan ditujukan…kepada Paulus ngga mungkin..
Kalau diakui ditujukan untuk Yesus banyak kejanggalan yang sangat dipaksakan seperti penjelasan saya diatas…
Akhirnya ya sudah pakai ilmu “cocoklogi dan “paksalogi” aja…
Video Alm.Ahmad Deedat yg jelasin Muhammad SAW seperti Musa A.S…
Ah,…semua sudah jelas dan gamblang kok. Sebagai silent rider, nampak sangat jelas bagi saya cocoklogi dan paksalogi para kaum salibis. Ujungnya sumpah serapah dan ngejek, lalu ngacir. Perbuatan yang penuh keputus-asaan, hahaha….
(Qs Al-Baqarah:17) – Perumpamaan mereka adalah seperti orang yang menyalakan api, maka setelah api itu menerangi sekelilingnya Allah hilangkan cahaya (yang menyinari) mereka, dan membiarkan mereka dalam kegelapan, tidak dapat melihat.
(Qs Al-Baqarah:18) – Mereka tuli, bisu dan buta, maka tidaklah mereka akan kembali (ke jalan yang benar),
Maaf saudara – saudara, kalau saya mengutip Kejadian 21:12
…..”sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.” (Perkataan Allah)
Ismail bukanlah anak yang dijanjikan oleh Allah (Tetapi Allah tetap memberkatinya), dia hanyalah hasil dari rekayasa manusia untuk ‘membantu’ Allah menepati janji-Nya, padahal Allah tidak lalai terhadap janji-Nya, hanya manusia itu tidak percaya.
Anyway, keturunan (Anak) Abraham bukan hanya Ismael & Ishak, ada juga yang berasal dari seorang perempuan bernama Ketura:
Zimran, Yoksan, Medan, Midian, Isybak dan Suah.
Jadi kata “saudarmu” adakah menunjuk kepada keturunan Abraham yang sebenarnya, yaitu “ISHAK” (12 Suku Israel).
hehehe kenapa al kitab gemar sekali menyebut para nabi bergundik… apa mungkin Tuhan tidak mampu menjaga nabinya dari urusan syahwat ?
atau mungkin Tuhan salah pilih orang menjadi nabi ?
…dia hanyalah hasil dari rekayasa manusia untuk ‘membantu’ Allah menepati janji-Nya, padahal Allah tidak lalai terhadap janji-Nya, hanya manusia itu tidak percaya…
———–
Untuk menepati juga janji-janji yang dibawah ini ….
Hagar adalah ISTERI Abraham yang sah dan mereka tidak pernah bercerai. Seorang wanita yang telah dijadikan isteri maka tidak lagi disebut budak. Bahkan bila mereka akhirnya berpisah sekalipun, status dari wanita itu adalah sama sekali bukan budak …
Ulangan 21:14-17
14. Apabila engkau tidak suka lagi kepadanya, maka haruslah engkau membiarkan dia pergi sesuka hatinya; tidak boleh sekali-kali engkau menjual dia dengan bayaran uang; TIDAK BOLEH ENGKAU MEMPERLAKUKAN DIA SEBAGAI BUDAK, sebab engkau telah memaksa dia.” (Ulangan 21:14)
15. Apabila seorang mempunyai dua orang isteri, yang seorang dicintai dan yang lain tidak dicintainya, dan mereka melahirkan anak-anak lelaki baginya, baik isteri yang dicintai maupun isteri yang tidak dicintai, dan ANAK SULUNG ADALAH DARI ISTERI YANG TIDAK DICINTAI, (Ulangan 21:15)
16. maka pada waktu ia membagi warisan harta kepunyaannya kepada anak-anaknya itu, TIDAKLAH BOLEH IA MEMBERIKAN BAGIAN ANAK SULUNG KEPADA ANAK DARI ISTERI YANG DICINTAI MERUGIKAN ANAK DARI ISTERI YANG TIDAK DICINTAI YANG ADALAH ANAK SULUNG.
17. Tetapi ia harus mengakui anak yang sulung, anak dari isteri yang tidak dicintai itu, DENGAN MEMBERIKAN KEPADANYA DUA BAGIAN DARI SEGALA KEPUNYAAN-NYA, sebab dialah kegagahannya yang pertama-tama: dialah yang empunya HAK KESULUNGAN.”
…Selain pernah menjadi “ANAK TUNGGAL” Ismail juga-lah yang mempunyai HAK KESULUNGAN karena dialah anak pertama dari Abraham…
Bila buku Yahudi “menghilangkan” Ismael itu adalah hal yang wajar…
Tetapi Tuhan seperti yang kamu bilang “…tidak lalai terhadap janji-Nya, hanya manusia itu tidak percaya…”
Apakah kamu percaya ? ….hehehe
Isma-el artinya tuhan mendengar. Ismael adalah jawaban tuhan atas doa nabi ibrahim. Siapa bilang ini rekayasa manusia?