Bismillahirrahmanirrahiem…

Pertama kali saya membuka Bible -kalo g salah waktu itu saya duduk di kelas tiga  SMA-  saya mendapatkan bible tersebut secara gratis dari salahsatu RS Kristen yg dibagi secara gratis (ternyata bukan hanya indomi, gula dan beras saja yg mereka bagikan haaaa 😀 )

Baru saya buka daftar isi saja kepalaku sudah dipenihu oleh berbagai pertanyan yang saling berdesak desakkan, pertanyaan yg sangat sangat simple dan sangat dasar,

Apa itu Matius,  Lukas Yohanes, Korintus dan ibrani dst? apakah ini ada kaitannya dengan isi bible yg bersangkutan? seperti Surah Ali Imran dalam Alquran yg memang dalam surat tersebut terdapat kisah keluarga Ali Imran,  ataukah itu adalah nama Orang seperti layaknya Hadis Bukhari, Muslim dst.

Rupanya dugaan saya salah, Nama Matius,Markus, Lukas dan Yahya, sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan isi bible tersebut, yang ada difikiran ku saat itu, Mungkin inilah nama orang yang “menulis versi mereka” atau kasarnya, Bibel karangan mereka; lantas apakah sama seperti hadis yang juga diriwayatkan oleh para ahli hadis seperti imam Bukhary, Muslim dkk, ternyata saya juga salah, saya sudah menganalisanya, bibel karangan mereka sama sekali tidak memiliki sumber yang jelas, silahkan anda baca analisa sederhana saya disini

Kemudian Apa itu  Roma?, 1 Korintus?, 2 Korintus?, Galatia?, Filipi? dst, mulailah saya mencari tahu dengan mengetik kata “Korintus ” di google, maka di ketahuilah bahwa Korintus itu adalah nama suatu tempat, dan 1 Korintus dalam bibel adalah SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA JAMAH KORINTUS”. saya pun kaget, apa iya itu semua merupakan kumpulan surat – surat Paulus?? Siapa itu Paulus ko sampek sebegitu sakralnya? Bukankah Paulus itu seorang pendusta? dan Pembual? bahkan dia berusaha menyingkrikan Yesus??

Silahkan Simak Biografi Paulus dan Kedustaan paulus 

Lantas yang bikin saya bingung kenapa umat kristiani menganggap bible itu sebagai suatu kitab suci padahal isinya adalah kumpulan surat-surat Paulus dan bible hasil karangan karangan Matius, Lukas, Markus dan Yohanes? tapi bentar, jangan keburu buru mengambil kesimpulan jika informasi ini didapat dari dunia maya, kebenarannya harus di uji terlebih dahulu

Alhamdulillah seiring waktu berjalan, Allah memberikan ku jawaban. pada suatu saat saya Allah Menuntun saya untuk pergi ke sebuah tempat yang menjual buku buku kuno, di sana saya iseng iseng tanya apakah bapak punya bible kuno? dan alhamdulillah ada, bible tahun 1962 dengan ejaan lama, sekilas tidak ada ada yang menarik bagi dari bible versi tersebut, akan tetapi saat saya buka daftar isinya, saya langsung terkejut dan tersenyum manis, dalam hati saya berkata

“INILAH BIBLE YANG SELAMA INI SAYA CARI, APA YANG SAYA DUGA SELAMA INI, TERNYATA BENAR ADANYA “

Penasaran??? hee sabar ya, saya bandingkan dulu nama surat pada tahun 1962 dengan sekarang

BIBLE TAHUN 1962

VERSI SEKARANG

KITAB INDJIL KARANGAN MATIUS MATIUS
KITAB INDJIL KARANGAN MARKUS MARKUS
KITAB INDJIL KARANGAN LUKAS LUKAS
KITAB INDJIL KARANGAN JAHJA YOHANES
KISAH PERBUATAN RASUL RASUL KISAH PARA RASUL
SURAT KIRIMAN PAULUS KEPADA ORANG RUM ROMA
SURAT JANG PERTAMA KEPADA ORANG KORINTUS 1 KORINTUS
SURAT JANG KEDUA KEPADA ORANG KORINTUS 2 KORINTUS
SURAT KIRIMAN KEPADA GALATIA GALATIA
SURAT KIRIMAN KEPADA EPESUS EFESUS
SURAT KIRIMAN KEPADA PILIPI FILIPI
SURAT KIRIMAN KEPADA KOLOSE KOLOSE
SURAT KIRIMAN JANG PERTAMA KEPADA ORANG TESALOKA 1 TESALONIKA
SURAT KIRIMAN JANG KEDUA KEPADA ORANG TESALOKA 2 TESALONIKA
SURAT KIRIMAN JANG PERTAMA KEPADA ORANG TIMOTIUS 1 TIMOTIUS
SURAT KIRIMAN JANG KEDUA KEPADA ORANG TIMOTIUS 2 TIMOTIUS
SURAT KIRIMAN KEPADA TITUS TITUS
SURAT KIRIMAN KEPADA PILEMON FILEMON
SURAT KIRIMAN KEPADA ORANG IBERANI IBRANI
SURAT KIRIMAN JAKUB YAKOBUS
SURAT KIRIMAN JANG PERTAMA DARIPADA PETERUS 1 PETRUS
SURAT KIRIMAN JANG KEDUA DARIPADA PETERUS 2 PETRUS
SURAT KIRIMAN JANG PERTAMA DARIPADA JAHJA 1 YOHANES
SURAT KIRIMAN JANG KEDUA DARIPADA JAHJA 2 YOHANES
SURAT KIRIMAN JANG KETIGA DARIPADA JAHJA 3 YOHANES
SURAT KIRIMAN JAHUDA YUDAS
WAHYU KEPADA JAHJA WAHYU

INJIL KUNO

BIBLE TAHUN 62 DENGAN EJAAN LAMA

 

PERTANYAAN : MENURUT ANDA, APA TUJUAN MEREKA MENGUBAH NAMA SURAT TERSEUBUT?

EHM 🙂 DI TUNGGU JAWABANNYA DAN JANGAN LUPA UNTUK MENYEBARKAN KEBENARAN INI